Cara Mendidik Anak Dengan Cinta https://www.tipsanakbayi.com Tips Mendidik Anak dan Merawat Bayi untuk Bunda Mon, 14 Apr 2014 07:57:22 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=3.8.3 3 KEBUTUHAN POKOK UNTUK TUMBUH KEMBANG BAYI https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/3-kebutuhan-untuk-tumbuh-kembang-bayi.html https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/3-kebutuhan-untuk-tumbuh-kembang-bayi.html#comments Sat, 29 Mar 2014 00:00:00 +0000 https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/3-kebutuhan-pokok-untuk-tumbuh-kembang-bayi.html 3 Kebutuhan Pokok Untuk Tumbuh Kembang Bayi – Untuk dapatmengoptimalisasi tumbuh kembang bayi dan dibutuhkan beberapa hal tidak boleh dilewatkan orang tua. Pada masa proses tumbuh kembangnya, bayi dan balita sangat membutuhkan asupan gizi yang cukup, kasih sayang dan juga stimulasi. Kesemuanya sangat dibutuhkan agar anak-anak dapat mencapai tumbuh kembang yang cukup optimal, agar anak cerdas, kreatif dan nantinya bisaberperilaku baik.
Soedjatmika, SpA(K), Msi saat mengisi seminar tentang Nutrisi dan juga Stimulasi untuk Kecerdasan Anak di JIExpo mengatakan bahwa agar bayi dan balita dapat tumbuh kembang dengan optimal mereka harus selalu dicukupi oleh tiga macam kebutuhan pokok, yaitu kebutuhan fisik-biol0gis, kasih-sayang dan juga stimulasi dini sejak bayi di dalam kandungan.
baby growth 3 KEBUTUHAN POKOK UNTUK TUMBUH KEMBANG BAYI
Berikut merupakan penjelasan Soedjatmika tentang 3 kebutuhan pokok untuk tumbuh kembang bayi yang diperlukan buah hati Anda:
1. Kebutuhan fisik bio-logis
Kebutuhan fisik bi0logis merupakan sebuah kebutuhan meliputi gizi (ASI dan juga makanan yang menjadi pendamping ASI), kebersihan badan dan lingkungan tempat tinggal, imunisasi dan pengobatan, bergerak serta bermain. Kebutuhan fisik biol0gis terutama sangat berpengaruh pada pertumbuhan fisik bayi, termasuk otak, alat penginderaannya dan juga alat gerak untuk dapat mengeksplorasi lingkungan sehingga bisa memberikan pengaruh pada berbagai skill dan kecerdasan anak.
2. Kebutuhan kasih sayang
Kebutuhan akan kasih sayang, terutama merasa dilindungi, rasa aman dan juga nyaman, merasa diperhatikan dan merasa dihargai, didengar keinginan dan juga pendapatnya, orang tua juga sebaiknya tidak mengutamakan hukuman dengan sebuah kemarahan, namun lebih banyak memberikan berbagai macam contoh serta teladan yang baik dengan penuh kasih sayang dan juga kegembiraan. Kebutuhan kasih sayang dari orang tua sangat besar pengaruhnya pada kemandirian dan juga kecerdasan emosi bayi.
3. Kebutuhan akan stimulasi bermain sejak dini
Kebutuhan stimulasi untuk bermain meliputi berbagai macam permainan yang dapat memberikan stimulasi terhadap semua indera, baik itu indera pendengaran, indera penglihatan, sentuhan, membau, mengecap, menstimulasigerakan kasar dan juga halus, emosi-sosial,berkomunikasi, kemandirian, kemampuan berpikir dan juga berkreasi. Kebutuhan stimulasi untuk bermain sejak dini akan cukup besar pengaruhnya pada berbagai macam kecerdasan anak atau multiple inteligent.
Itulah 3 kebutuhan pokok untuk tumbuh kembang bayi yang tidak boleh dilewatkan orang tua agar perkembangan anak dapat lebih optimal.

]]>
https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/3-kebutuhan-untuk-tumbuh-kembang-bayi.html/feed 0
34 MASALAH PERKEMBANGAN BAYI YANG HARUS DIWASPADAI https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/34-masalah-perkembangan-bayi34-masalah-perkembangan-bayi.html https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/34-masalah-perkembangan-bayi34-masalah-perkembangan-bayi.html#comments Thu, 27 Mar 2014 00:00:00 +0000 https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/34-masalah-perkembangan-bayi-yang-harus-diwaspadai.html 34 Masalah Perkembangan Bayi Yang Harus Diwaspadai – Terkadang beberapa orangtua merasa cemas akan pertumbuhan buah hatinya. Memang ada beberapa hal yang perlu Anda waspadai dalam tahap perkembangan bayi. Pada prinsipnya, tahap perkembangan anak memang berbeda-beda. Meskipun ada standar baku dalam tahapan perkembangan atau tumbuh kembang bayi, itu hanya merupakan sebuah bahasa statistik yang dialami oleh bayi secara umum saja.
Meskipun demikian jika masing-masing tahapan pada perkembangan bayi ada yang tidak tercapai di dalam standar yang dibakukan, Anda tentu saja harus selalu waspada. Karena bisa saja di balik ketidakwjaran itu ada sesuatu yang mesti diperiksa. Siapa tahu ada beberapa penyakit yang harus dilacak lebih lanjut. Selain itu ada juga yang terjadi karena kekeliruan dari orangtua. Berikut ini adalah penjelasan Handrawan Nadesul yang ditulis dalam bukunya yang berjudul Membesarkan Bayi Menjadi Anak Pintar. Inilah 34 masalah perkembangan bayi yang harus diwaspadai orang tua yang dibagi ke dalam 5 kelompok umur
bayi gerak2 34 MASALAH PERKEMBANGAN BAYI YANG HARUS DIWASPADAI
Untuk bayi berusia 8 sampai 12 bulan, konsultasikan segera ke dokter jika:
  1. Belum merangkak
  2. Tidak bisa tengkurap
  3. Tidak bisa mencari barang yang disembunyikan di hadapannya
  4. Belum dapat mengucapkan satu dua patah kata
  5. Tidak bisa menirukan gerakan-gerakan tubuh, belum mampu melambaikan tangan, ataupun menggelengkan kepala
  6. Belum mampu menunjuk barang atau gambar.
Untuk bayi berusia 2 tahun harus waspadai apabila:
7.    Belum mampu berjalan
8.    Beberapa bulan setelah mampu berjalan, cara berjalannya abnormal
9.    Belum mampu berbicara sedikitnya 15 kata di usia 18 bulan
10.   Belum mampu merangkai kalimat dengan 2 kata pada usia 2 tahun
11.   Tidak mengetahui fungsi alat-alat di rumah seperti sendok-garpu, telepon, sikat gigi
12.   Belum bisa menirukan gerakan tubuh ataupun kata-kata
13.   Belum mampu mengikuti tugas yang sederhana
14.   Belum mampu menggerakan mainan beroda.
Bayi berusia 3 tahun, perkembangannya dinilai  tidak normal jika:
15.   Masih sering terjatuh pada saat berjalan dan belum mampu menaiki tangga rumah.
16.   Ucapannya tidak jelas.
17.   Belum mampu membentuk menara dari balok mainan.
18.   Belum bisa berkomunikasi dengan frasa pendek.
19.   Belum dapat bermain jadi ibu-ibuan ataupun ayah-ayahan.
20.   Gagal memahami sebuah perintah yang sederhana.
21.   Tidak interes terhadap anak lain
22.   Susah berpisah dari ibu.
Bayi beusia 4 tahun perlu diwaspadai jika:
23.   Belum mampu melempar bola.
24.   Belum bisa melompat.
25.   Belum mampu naik sepeda roda tiga.
26.   Masih menagis (mengadat) jika ditinggal pergi oleh orangtuanya.
27.   Tidak interes jika bermain yang sifatnya interaktif.
28.   Acuh tak acuh dengan anak lain.
Bayi 5 tahun sudah tentu sudah lebih matang perkembangannya. Perlu diwaspadai atau dinilai abnormal jika:
29.   Sangat penakut.
30.   Berperilaku agresif.
31.   Tidak bisa pisah dari orangtuanya tanpa memprotes.
32.   Tidak bisa berkonsentrasi lebih dari 5 menit,
33.   Interesnya cukup rendah ketika bermain dengan anak lainnya.
34.   Menolak berespons pada orang-orang dekat dan responnya datar-datar saja.
Itulah 34 masalah perkembangan bayi yang harus diwaspadai orang tua, jika dirasa ada ketidakwajaran pada balita Anda, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

]]>
https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/34-masalah-perkembangan-bayi34-masalah-perkembangan-bayi.html/feed 0
BAHAYA MEMAKSA ANAK AGAR MAU BELAJAR https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/bahaya-memaksa-anak-agar-mau-belajar.html https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/bahaya-memaksa-anak-agar-mau-belajar.html#comments Tue, 25 Mar 2014 00:00:00 +0000 https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/bahaya-memaksa-anak-agar-mau-belajar.html Bahaya Memaksa Anak Agar Mau BelajarTentu setiap orang tua ingin agar anaknya pintar dan cerdas. Tapi kadang-kadang, cara yang sebagian orang tua ditempuh untuk mewujudkan hal ini kurang tepat. Misalnya sajamenekan anak untuk belajar. Lantas apa kata seorang psikolog tentang bahaya memaksa anak agar mau belajar seperti ini?
Seperti yang pernah disampaikan oleh Ira Adelina M.Psi, seorang psikolog dari Universitas MaranathaBandung, sangat tidak direkomendasikanadanya sebuah pemaksaan belajar pada anak. Apalagi, menurut Ira, tekanan ataupun pemaksaan yang dilakukan pada anak yang sedang memasuki masa emas ataupun golden age, yaitu usia 0 hingga 5 tahun. Di usia emas seperti ini, menurut Ira memang waktunya si kecil diberikan dorongan ataupun stimulus. Tapi, jika dorrongan tersebut diberikan dengan berlebihan seperti dengan sebuah pemaksaan, tentu ini bukan merupakan cara yang baik.
anak belajarrr BAHAYA MEMAKSA ANAK AGAR MAU BELAJAR
Psikolog dari Bandungini selelu mengingatkan pada setiap orang tua bahwa seorang anak tidak hanya membutuhkan kecerdasan intelektual semata. Namun, kecerdasan sosial dan juga kecerdasan emositak kalah penting sertasangat diperlukan. Oleh karena itu, memberikantekanan secara berlebihan pada seorang anak untuk belajar tentu sangat tidak tepat.
Jika anak terlalu difokuskan pada perkembangan intelektualnya saja, dia akan mengalami ketidakseimbangan di dalam pemahaman dan juga kecerdasan sosial maupun kecerdasan emosi. Hasilnya, meskipun kemampuan intelektual si kecil jauh di atas rata-rata anak sebayanya, kemampuan untuk bersosialisasi anak dan emosinya bisa saja tidak terkontrol. Inilah yang bisa mengganggu psikologis anak.
Ira menjelaskan bahwa dampak dari anak yang hanya dijejali kemampuan intelektual semata bisa bermacam-macam. Ada anak yang stress, berontak dan juga tertekan. Dari pengalamannya menjadi psikolog, menurut Ira, biasanya para orang tua yang melakukan sebuah pemaksaan pada anaknya untuk belajar karena ada sebuah rasa khawatir pada kemampuan buah hatinya. Orang tua sering merasa was-was dan takut masa depan sang anak nantinya menjadi tidak cerah karenamakin tingginya daya saing di masa depan. Ada jugaorang tua yang terlalu percaya padakemampuan buah hatinya. Dan akhirnya orang tua malah memaksa sang anak untuk dapat sekolah lebih cepat sementara itu perkembangan emosi serta sosial anak masih belum sampai situ.
Ira mengharapkanagar orang tua dapat memahami dampak buruk bagipsikologis anak apabiladiberikan banyak tekanan dalam belajar. Apabilasudah terlanjur, Iramemberikan jalan keluar untuk proses penyembuhan lewat dua hal.
Pertama, orang tua harus berkomunikasi langsung dengan buah hatinya. Dengan selalu membangun kedekatan, maka anak dapat mengutarakan apakah mereka selama ini merasa tertekan atau tidak.
Kedua, membawa anak ke psikolog. Ini merupakan sebuah alternatif seandainya jalan yang pertama mengalami kesulitan, atau ada kesulitan bagi orang tua saat membangun komunikasi dengan anak.
Berdasarkan pengalamannya dalam menangani kasus semacam ini, menurut Ira, anak bisa kembali normal dalam waktu 3 sampai 6 bulan apabila orang tua menanganinya sesuai saran dari ahli, yang juga akan memberikan pelatihan pada orang tua tentang bagaimana cara menangani anaknya. Selain itu, ahli ini juga tentunya akan memberikan dukungan secara penuh dua sisi, yaitu bagiorang tua dan juga anaknya.
Nah, sekarang sudah jelas bukan bagaimana bahaya memaksa anak agar mau belajar? Jangan sampai hal ini terjadi pada buah hati Anda. Selalu memberikan pendidikan terbaik untuk anak dan dengan cinta serta kasih sayang. Jika selama ini sudah terlanjur, cobalah berbicara dari hati ke hati  dengan anak Anda. Jangan-jangan si kecil sudah mulai merasa tertekan. Anda juga bisa membaca tulisan berjudul 13 Cara Memotivasi Belajar Anak untuk melengkapi tulisan ini.

]]>
https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/bahaya-memaksa-anak-agar-mau-belajar.html/feed 0
TIPS JIKA ANAK LAKI-LAKI BERTINGKAH FEMINIM https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/tips-jika-anak-laki-laki-seperti-wanita.html https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/tips-jika-anak-laki-laki-seperti-wanita.html#comments Sun, 23 Mar 2014 00:00:00 +0000 https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/tips-jika-anak-laki-laki-bertingkah-feminim.html Tips Jika Anak Laki-Laki Bertingkah Feminim – Mempunyai anak laki-laki, namundia suka bermain boneka serta bergaya layaknya perempuan? Bisadibilang, sebagian besar orangtua tentu saja tidak merasasenang sewaktu melihat kenyataan tersebut terjadi pada seorang anak laki-laki mereka. Akan tetapi, jika ini yang terjadi, Elly Risman Musa, seorangpsikolog ternama meminta agar para orang tua sebaiknya memahami dulu bagaimana hal seperti ini bisa terjadi.
Elly menyebutkan bahwa menjadi laki-laki ataupun perempuan memberikan pengaruh bagaimana penampilan si buah hati, bagaimana cara mereka menggerakkan tubuhnya, bekerja, bermain dan juga berpakaian atau berdandan. Hal ini juga dapat mempengaruhi persepsi mereka bagi diri mereka dan apa sebenarnya yang dipikirkan oleh orang lain tentang mereka.
anak main baru TIPS JIKA ANAK LAKI LAKI BERTINGKAH FEMINIM
Semua karakteristik tersebut menjadi laki-laki ataupunperempuan disebut dengan gender. Menjadi laki-laki atauperempuan membawa sebuah kecenderungan yang berbeda. Anak laki-laki biasanya lebih agresif dalam tindakannya dan kata-katanya dibandingkan dengan anak perempuan sejak usia prasekolah. Beberapa penelitian pernah menyebutkan bahwa anak perempuan ternyata lebih mempunyai empatik, kooperatif pada orangtua dan juga cenderung untuk mencari persetujuan dari orang yang dew-asa.
Pembentukan kepribadian bagi seorang anak laki-laki ataupun perempuan akan sangat dipengaruhi oleh cara orangtua dalam memperlakukan anak, pengaruh dari temannya dan juga budaya. Anak cenderung akan meniru orang yang dijadikannya sebagai model. Di masa kanak-kanak biasanya anak meniru orangtua, anak perempuan meniru ibu, anak laki-laki meniru ayah. Mereka meniru tingkah laku orangtua ataupun orang dew-asa lain terutama tingkah laku yang mendapatkanrespons positif.
Lebih lanjut, Elly Risman Musa juga mengungkapkan bahwa perlakuan orangtua mempengaruhi pengetahuan anak-anaknya, misalnya anak perempuan mengetahui bahwa main bola merupakan permainan untuk laki-laki. Ayah biasanya cenderung memperlakukan anak laki-laki dan juga anak perempuannya secara berbeda dibandingkan dengan ibu. Ayah misalnya menunjukkan sikap tidak suka pada saatanak laki-laki bermain boneka. Ibu biasanya lebih banyak berbicara dengan seorang anak perempuannyadibandingkan dengan anak laki-laki. Ayah juga biasanya lebih banyak bermain dengan anak laki-lakinyadibandingkan dengan anak perempuannya.
Teman sebaya juga mempunyai pengaruh yang bisamembentuk kepribadian seorang anak laki-laki ataupun anak perempuan dengan cara memberikanrespons positif ataupunnegatif pada berbagai tingkah laku temannya. Biasanya seorang anak laki-laki akan menunjukkan sikap tidak suka apabilaada temannya yang bertingkah laku seperti perempuanan. Selain itu media juga bisamempengaruhi tingkah laku seorang anak. MIsalnya film atau inetron yang sering menampilkan seorang banci bisa mempengaruhi pembentukan peran gender seorang anak laki-laki.
Oleh sebab itu, orangtua perlumemperlakukan anaknya sesuai gendernyadan memberikanpenguatan terhadaptingkah laku yang dipandang sesuai gendernya. Orangtua juga mestiberperan sebagai contoh yang baik bagianak karena pada awal masakehidupannya, anak selalu mengidentifikasikan dirinya dengan orangtua. Orangtua mesti mengembangkan keperempuanan dan juga keibuan dari seorang anak perempuan dan sebaliknya mengembangkan sifat layaknya laki-laki dan kebapakan seorang anak laki-laki.
Elly juga mengatakan bahwa orangtua harus menunjukkan rasa syukurnya atas anugerah seorang anak baik itu laki-laki ataupun perempuan. Terimalah dengan ikhlas semua kelebihan dan juga kekurangan anak baik dari sisi fisik ataupun sifat sifat bawaannya supaya jati diri anak akan berkembang apa adanya. Dia nantinya akan berkembang jadi dirinya sendiri.
Elly kemudian ini menambahkan bahwa pada hal-hal tertentu seorang anak laki-laki ataupun anak perempuan bisa diperlakukan sama, misalnya dalam mengajarkannya berbagai ilmu dan pengetahuan. Orangtua tidak usah membedakan kesempatan belajar anak seperti yang pernah terjadi di masa lalu di mana seorang anak laki-laki selalu mendapatkan kesempatan belajar yang lebih baik karena orang zaman dulu beranggapan bahwa anak perempuan akan tinggal di rumah untuk menjadi seorang istri, jadi tidak usah berpendidikan tinggi.
Anak perempuan dan juga anak laki-laki juga perlu sama-sama diajarkan membantu berbagai pekerjaan rumah. Sebab, seorang anak laki-laki ataupunperempuan juga harus bisa memasak, mencuci, dan juga membersihkan rumah. Kelak jika suatu hari nanti mereka mestitinggal di sebuah asrama mereka bisa menata tempat tinggalnya dengan baik. Lebih jauh lagi apabilamereka sudah berkeluarga,mereka bisa saling membantu.
Pada kasus seorang anak laki-laki yang bertingkah feminim seperti perempuan, mungkin dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, anak sering bergaul dengan kakaknya yang semuanya adalah perempuan. Bisa jadi anak akan meniru cara berbicara ataupunbergaya seperti kakak-kakaknya. Belum lagi adanya respons orangtua atau orang lain yang tertawa ataupun tidak marah pada saat dia bergaya seperti perempuan. Meskipun ada kasus seperti ini yang terjadi sejak kecil, namun kemungkinan juga bisa terjadi kelainan kromosom. Tapi kasus seperti ini sangat jarang.
Tips jika anak laki-laki bertingkah feminim seperti ini adalah secara bertahap sebagai orangtua membicarakan hal ini pada anak mengenai apa apa yang diharapkannya dari seorang laki-laki (mengubah cara pandang anak tersebut agar terjadi perubahan persepsi mengenai dirinya).
Ayah harus mulai dilibatkan dalam pengasuhan supayaanak mempunyai tokoh identifikasi ataupunmodel dari gender yang sama. Hal seperti ini mesti dilakukan dengan perlahan, penuh cinta dan juga hati-hati serta tidak dengan terburu-buru karena tentu saja seorang anak membutuhkan waktu untuk dapat menyadari berbagai perbedaan pada dirinya. Elly mengatakan bahwa sebenarnya penyadaran tentang peran genderharus terbentuk sebelum si kecil memasuki TK sehingga pada saat sudah anak memasuki SD, dia akan mengtahui bagaimana mesti bertingkah laku.
Itulah beberapa tips jika anak laki-laki bertingkah feminim dari seorang psikolog. Semoga gambaran secara global ini bisa dijadikan pegangan bagi orang tua dalam membentuk karakter anak sesuai dengan gendernya.

]]>
https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/tips-jika-anak-laki-laki-seperti-wanita.html/feed 0
15 TIPS DAN CARA MENYAPIH ANAK BAYI DENGAN CINTA https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/15-tips-dan-cara-menyapih-anak-bayi.html https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/15-tips-dan-cara-menyapih-anak-bayi.html#comments Fri, 21 Mar 2014 00:00:00 +0000 https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/15-tips-dan-cara-menyapih-anak-bayi-dengan-cinta.html 15 Tips Dan Cara Menyapih Anak Bayi Dengan Cinta – Menyapih bayi memang terasa sulit bagi sebagian ibu dan tentu saja tidak semudah yang kita dibayangkan. Selain diperlukan ketelatenan, Anda juga butuh beberapastrategi dalam menjalaninya.
Sebelum Anda memutuskan menyapih bayi agar tidak lagi meminta ASI, ada beberapa cara mudah yang bisadilakukan. Anda bisamenjadikan ukuran tubuh bayi sebagai pedoman,dimana hal ini menjadi sebuah tanda positif pada saat Anda ingin mulai menyapihnya serta memberikannya makanan padat. Namun yang lebih baik tentu saja setelah memberinya ASI ekslusif selama 2 tahun. Berikut 15 tips dan cara menyapih bayi dengan cinta:
  1. Sebagai langkah awal, adalah Anda harus ikhlas dan rela dalam penyapihan ini. Jangan mengolesi wilayah sekitar pay-udara dengan mengkudu, batrawali, obat merah atau menutupnya dengan plester, karena itu hanya menakut-nakuti bayi dan mengajarkan yang tidak baik, sebaiknya masa penyapihan ini Anda lakukan dengan cinta dan kasih sayang, agar anak tahu bahwa Anda tetap menyayanginya meskipun sudah tidak memberikannya ASI, tunjukan hal itu pada anak dengan belaian, pelukan serta ke-cupan. Dan kuatkan tekad Anda, karena keraguan hanya akan mempersulit Anda nantinya.
    menyusuisa 15 TIPS DAN CARA MENYAPIH ANAK BAYI DENGAN CINTA
  2. Mulai kurangi frekuensi menyusui bayi Anda secara bertahap dimulai pada saat siang hari. Sebab ini merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk mengenalkan si kecil pada sesuatu yang baru, seperti rasa, bentuk dan juga tekstur pada makanan pendamping ASI.
  3. Berikan penjelasan kepada anak kenapa saat ini dia harus disapih. Misalnya, dengan mengatakan padanya ‘Sekarang kan Kamu udah besar, jadi perlu lagi menyusu sama bunda. Kita makan kue saja yuk‘. Lakukan ini dengan sabar, lembut dan penuh cinta. Jangan pernah merasa bosan untuk memberikan alasan pada si kecil.
  4. Berikan makanan pendamping ASI sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari untuk mengurangi pemberian ASI pada si kecil di siang hari.
  5. Sebaiknya tetapkan tempat menyusui bayi hanya di satu tempat saja, misalnya di dalam kamar. Ini agar si kecil tidak lagi meminta susu di sembarang tempat dan sekaligus mengajarkannya agar belajar mengenal aturan.
  6. Pada saat mulai menyapih, pastikan anak Anda dalam keadaan sehat.
  7. Sebaiknya bekerjasama dengan suami sebagai orang yang dapat menghibur dan mengalihkan perhatian si kecil ketika rewel minta ASI.
  8. Jangan hanya ibu saja yang mendominasi sebagai pemberi susu bagai anak. Dalam hal ini, biasakan juga agar anak mendapat susu botol dari ayah ataupun anggota keluarga yang lainnya. Selain mampumeningkatkan kemandirian, cara seperti ini juga akan membuat anak tidak akan selaludengan ibu mereka ketika akan minum susu.
  9. Ganti aktivitas menyusui dengan cara membaca buku atau mendongeng pada saat anak mau tidur.
  10. Tunggu si kecillapar. Biasanya si kecilakan lebih mudah diajak berkompromi pada saat mereka terdesak. Misalnya saat mereka lapar, biasanya alternatif lainnya akan lebih mudah diterima. Biasanya dalam kondisi lapar, dia akan mudah dibujuk untuk minum di botol atau gelas.
  11. Gunakan teknik sisipan, yaitu Anda sediakan sedikit makanan yang sudah jadi dan diberikan pada si kecil. Awali dulu dengan memberinya ASI pada bayi dari satu pay-udara ataupun setengah susu botol, kemudian berikan bayi satu atau dua sendok teh makanan tadi. Makan siang merupakan waktu yang paling cocok karena si kecil tidak terlalu rakus, tetap terbangun dan juga kooperatif.
  12. Bayi Anda mungkin tidakmau mencoba makanan yang baru, jadi berikanlah waktu agar dia bisa terbiasa dengan setiap makanan tersebut sertajangan memaksa apabiladia kelihatannya tidak suka.
  13. Gunakanlah sereal bayi yang belum diolah untukpengganti sereal siap saji sertabuatlah dalam sebuah porsi kecil.
  14. Jangan memberikan makanan yang memiliki kandungan kacang, gluten, susu sapi ataupun telur, ini untuk mengurangi risiko bayi terkena alergi pada masa yang akan datang,
  15. Perkenalkan makanan baru pada bayi satu persatu. Cobalahberikan sekali dan setelah itu tunggu beberapa hari sebelum Anda memberikan makanan yang sama untuk melihat adanya reaksi tertentu.
Itulah 15 tips dan cara menyapih bayi dengan cinta. Lakukan dengan sabar dan lembut agar tidak melukai batin si kecil,karena masa penyapihan merupakan salah satu masa sulit untuknya.

]]>
https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/15-tips-dan-cara-menyapih-anak-bayi.html/feed 0
BAHAYA POPOK SEKALI PAKAI BAGI KESEHATAN BAYI https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/bahaya-popok-bayi-sekali-pakai.html https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/bahaya-popok-bayi-sekali-pakai.html#comments Wed, 19 Mar 2014 00:00:00 +0000 https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/bahaya-popok-sekali-pakai-bagi-kesehatan-bayi.html Bahaya Popok Sekali Pakai Bagi Kesehatan BayiPampers ataupunpopok sekali pakai adalahsalah satu kebutuhan yang cukup penting untukbayi. Yang paling utama adalahuntuk menampung kotoran dari juga sisa metabolisme sibuah hati. Dengan adanya sebuah pampers, orang tua dapatlebih tenang ketikamengurus anak sebab tidakperlu repot untuk membersihkan kotoran si kecil setiap saat. Namun tahukan Anda bahaya popok sekali pakai bagi kesehatan bayi?
Menurut dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH, seorang Dokter Spesialis Anak, menggunakan popok sekali pakai memang memiliki kelebihan tersendiri. Yaitu permukaannya lebih cepat kering setelah si kecil buang air kecil atau buang air besar. Dengan demikian, bayi dapat tetap beraktivitas meskipun baru saja dia mengeluarkan kotoran.
bayi popok BAHAYA POPOK SEKALI PAKAI BAGI KESEHATAN BAYI
Namun, masih menurut dr. Bernie, kenyamanan anak untuk tetap memakai pampers yang disana terdapat kotoran, justru menjadi kelemahan dari pampers tersebut. Sebab, apabila dibiarkan dalam waktu yang cukup lama bisa berisiko untuk kesehatan sang bayi.
Dokter Bernie juga menjelaskan bahwa pemakaian popok yang mengandung kotoran dalam waktu yang cukup lama bisa menyebabkan iritasi dan juga infeksi jika terdapat luka pada area tersebut. Idealnya, kata dr. Bernie, pada saatsi kecil baru saja membuang kotorannya, maka popok yang dipakainya harus langsung diganti. Oleh karena itu dibutuhkannya peran orang tua agar selalujeli memperhatikan kondisi si kecil.
Lebih lanjut, dokter yang bekerja di Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM ini juga menerangkan bahwa ada beberapa bahan dasar pembuat popok sekali pakai yang diduga cukup berbahaya untuk kesehatan bayi. Di antaranya adalah sodium polyacrylat yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan mata. Selain itu ada juga dioxin yang biasanya dikaitkan dengan penyakit kanker.
Untuk resiko jangka panjang, Bernie mengungkapkan bahwa penelitian yang pernah dilakukan pada bayi dan juga anak laki-laki dengan usia di bawah tiga tahun membuktikan bahwa temperatur pada buah za-kar bayi dan juga anak laki-laki yang memakai pampers lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang tidak menggunakan pampers.
Padahal, menurut dia, temperatur yang tepat untukbuah za-kar sangat penting karena merupakan tempat untuk tes-tis yang akan menghasilkan spe-rma pada saat dia remaja dan dew-asa. Ada juga yang mengaitkan dengan kanker karena paparan kandungan pada bahan popok pampers. Tapi, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk memastikannya.
Sedangkan untuk sebuah popok kain atau diapers, kata Bernie, biasanya tidak mudah untuk menyerap basah. Sehingga, bayi denganlebih mudah mengenalinya pada saat mengeluarkan kotoran. Oleh karena itu, ada baiknya jika orang tua selalu mengecek dan juga mengganti diapers ketika bayi menunjukan sebuah gejala tidak nyaman. Selain itu, popok kain ini lebih ramah lingkungan.
Meskipun diapers ini lebih ramah lingkungan, dr. Bernie menjelaskan tetap saja orang tua mestimemberikan waktu khusus untuk bayi untuk bebas dari pemakaianpopok. Tujuannya adalahuntuk meminimalisir terjadinyairitasi kulit atau yang biasa disebut dengan diaper rash. Bernie juga menyarankan jika terdapat diaper rash untuk segera membawa si kecil ke dokter.
Mengenai kapan waktu yang tepat bagi bayi untuk mulai tidak memakai popok, dr Narain H. Punjabi, SpA, seorang dokter Spesialis Anak di SOS Medika Klinik Cipete menyebutkan bahwa sebaiknya mulai berusia 2 tahun anak harus sudah diajarkan toilet training dan melepaskan popok. Cara yang pertama, menurut dia, dengan cara mengajarkannya memakai celana kain sehingga bisa memudahkan proses pembelajaran. Selain itu, dr Narain juga menjelaskan bahwa orang tua juga mesti aktif dan rajin untuk mengajarkan anak toilet training agar bisa buang air sendiri
Nah, sekarang Anda sudah tahu bahaya popok sekali pakai bagi kesehatan bayi. Sekarang tergantung Anda sebagai orang tua yang harus memilih dan selalu memperhatikan popok si kecil.

]]>
https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/bahaya-popok-bayi-sekali-pakai.html/feed 0
7 TIPS AGAR ANAK TIDAK CENGENG https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/7-tips-agar-anak-tidak-cengeng.html https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/7-tips-agar-anak-tidak-cengeng.html#comments Mon, 17 Mar 2014 00:00:00 +0000 https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/7-tips-agar-anak-tidak-cengeng.html 7 Tips Agar Anak Tidak Cengeng – Cukup banyak harapan orangtua pada buah hatinya agar menjadi sosok yang kuat, tangguh serta tidak cengeng. Biasanya, impian seperti ini disematkan kepada seorang anak laki-laki. Memang tidak mudah dan membutuhkan kesabaran dari orang tua dalam mendidik anak agar bisa tumbuh sesuai dengan harapannya. Berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan orangtua agar anak bisa sesuai dengan harapan, sebagaimana penjelasan dari Efnie  Indrianie, M.Psi, seorang Psikolog di Universitas Kristen Maranatha Bandung dan pernahdilansir oelh Mom & Kiddie, berikut 7 tips agar anak tidak cengeng:
1. Berikan anak kepercayaan
Berikan anak Anda kepercayaan sejak kecil untuk dapatmelakukan berbagai hal dengan dirinya sendiri yang tentunya selama kegiatan tersebut tidak membahayakan bagi anak dan tidak bertentangan dengan berbagai norma yang ada. Hal seperti ini cukup efektif untuk melatih anak agar menjadi menjadi pribadi yang lebih tangguh dan juga agar anak mandiri.
anak nangis 7 TIPS AGAR ANAK TIDAK CENGENG
2. Jangan over protective pada anak
Sebagai orang tua tentu kita sangat menyayangi anak dan selelu membantu setiap buah hati kita mendapatkan suatu masalah. tapi sebaiknya hindarilah terlalu banyak memberikan proteksi kepada anak. Berikan kesempatan kepada anak untuk dapat menyelesaikan permasalahannya sendiri secara mandiri.
3. Jangan berlebihan memanjakan anak
Wajar jika setiap orang tua memanjakan anaknya dan memebrikan yang terbaik bagi mereka. Namun, sebaiknya hindari memanjakan buah hati Anda secara berlebihan dan selalu memberikan apa pun yang anak minta dan inginkan dengan mudah. Memang apa efek negatifnya, silahkan Anda membaca Efek Negatif Memanjakan Anak.
4. Abaikan tangisan anak
Apabila anak menangis atau menggunakan tangisannya sebagai sen-jata maka sebaiknya abaikan saja. Menurut sebuah paradigma teori stimulus respons, sebuah perilaku yang tidak memperoleh penguatan maka lama-kelamaan nantinya akan mengalami penghentian. Ketika melarang anak sebaiknya bukan dengan hanya sekedar instruksisaja, akan tetapi seharusnya berikan juga penjelasan yang relevan.
5. Beri anak sentuhan kasih sayang
Sebelum anak mulai memasuki masa puber, seringlah Anda mengelus kepala dan juga bahu anak laki-laki pada saat berkomunikasi, ini dilakukan agar anak lebih banyak mendengar dan juga menyerap perkataan orang tuanya. Mereka juga membutuhkan sentuhan, sama halnya seperti anak perempuan.
6. Bangun kedekatan emosi anak dengan Ayah
Bangun kedekatan emosi dengan anak, terlebih lagi dengan ayahnya, sehingga kecil peluangnya bagi anak untuk terjebak berbagai masalah kenakalan remaja. Ayah adalahpanutan yang baik untuk bersikap dan juga berperilaku bagi anak.
7. Berikan kelembutan ibu pada anak
JIka tidak ada ayah, ibu bisa saja mencari figur pengganti bagi seorang anak laki-laki. Bisa saja paman, kakek ataupunorang lain yang dinilai dekat. Jiwa anak sebenarnya ibarat bejana yang saling berhubungan. Bejana yang satu butuh kasih sayang serta kelembutan Ibu, sedangkan bejana lainnya butuh sifat kepemimpinan dari seorang ayah.
Itulah 7 tips agar anak tidak cengeng dan manja serta agar anak Anda tumbuh menjadi anak yang tangguh dan mandiri.

]]>
https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/7-tips-agar-anak-tidak-cengeng.html/feed 0
5 ALASAN BAYI BARU LAHIR BUTUH SENTUHAN AJAIB https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/5-alasan-bayi-baru-lahir-butuh-sentuhan-ajaib.html https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/5-alasan-bayi-baru-lahir-butuh-sentuhan-ajaib.html#comments Sat, 15 Mar 2014 00:00:00 +0000 https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/5-alasan-bayi-baru-lahir-butuh-sentuhan-ajaib.html 5 Alasan Bayi Baru Lahir Butuh Sentuhan AjaibSejak dulu, bayi yang baru lahir biasanya akan langsung dibersihkan, ditimbang dan juga diukur panjang badannya. Kemudian, baru bayi akan diberikan kepada ibunya lagi agar disusui. Pada bayi yang baru lahir dalam keadaan prematur justru lebih dari itu, bayi yang prematur biasanya tidak diperkenankan untuk dekat dengan ibunya dan harus dirawat secara intensif di dalam inkubator.
Padahal, tahukah Anda bahwa sentuhan ajaib antar kulit ibu dengan bayinya sangat penting apalagi setelah bayi lahir. Sekarang ini, tren kesehatan di banyak rumah sakit juga telah berubah dan menyarankan agar bayi yang baru lahir bersentuhan kulit terlebih dahulu dengan ibunya sebelum dia dibersihkan. Sentuhan kulit ibu dan bayi dapat dikatakan ajaib karena tanpa kita sadari hal ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan bayi.
Mom and Baby 5 ALASAN BAYI BARU LAHIR BUTUH SENTUHAN AJAIB
Lantas apa ajaibnya sentuhan ibu bagi bayi yang baru lahir? Berikut  5 alasan bayi baru lahir butuh sentuhan ajaib kulit sang ibu sebagaimana pernah dilansir oleh laman Mag for Women.
1. Membuat napas bayi stabil
Saat lahir, bayi baru dikeluarkan dari sebuah ‘kantung pelindung’ mereka yang terdapat di dalam perut ibunya. Hal tersebut bisa jadi sangat tidak disukai oleh bayi dan mereka dapat membuat bayi merasa tidak aman. Akan tetapi pada saat bayi mendapatkan sentuhan dan juga pelukan ibu, dia akan merasa aman dan dapat membuat napas bayi menjadi lebih stabil. Biasanya hal ini juga yang membuat detak jantung bayi menjadi teratur.
2. Mencegah bayi agar tidak stres
Pada saat bayi didekatkan dengan ibunya dan kemudian diletakkan di dadaibunya, bayi menjadi tidak mudah menangis. Dengan demikian, mereka juga tidak mudah stres pada saatberkenalan dengan lingkungannya yang baru. Dunia merupakanlingkungan baru bagi bayi yang baru lahir dan berada dalam pelukan ibunya membuat dia merasa lebih tenang. Kebiasaan tidakmudah stres ini juga berpengaruh pada bayi selama hari-hari berikutnya.
3. Membuat gula darah dan suhu tubuh bayi jadi stabil
Tidak hanya ibu yang mengalami perubahan padatubuh mereka ketikamelahirkan, bayi juga ternyata mengalami hal serupa. Terutama mereka juga dapat mengalami banyak tekanan untuk mampu ‘keluar’ dan lahir ke dunianya yang baru. Bersentuhan dan juga berada di dalam pelukan ibu saat bayi baru lahir akan membantu membuat membuat gula darah bayi menjadi lebih stabil dan juga membuat suhu tubuh bayi menjadi normal.
4. Menjalin ikatan antara ibu dan bayi
Sentuhan kulit antara ibu denganbayi yang baru lahir akan membentuk ikatan yang sangat kuat karena bayiakan langsung mengenali ibunya. Selain itu, hal seperti ini tidak hanya bermanfaat untuk bayi, namun juga ibu. Seorang ibu yang langsung menyentuh buah hatimereka pada saat baru lahir mempunyai rasa cemas yang lebih rendah. Memeluk bayi mereka juga mampu mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh seorang ibu setelah melahirkan.
5. Membangun insting bayi
Pada saatlangsung disentuh dan juga dipeluk oleh ibunya, bayi akan langsung membangun instingnya untuk menyusu. Hal ini tentu saja sangat baik, terutama apabilaibu berencana untuk memberi ASI eksklusif pada buah hatinya. Bahkan apabila ibu tidak ingin memberikan ASI, memeluk bayi akan memberikannya rasa nyaman dan juga perasaan dicintai. Selengkapnya tentang hal ini Anda bisa membaca tulisan tentang Keajaiban Pelukan Ibu.
Itulah 5 alasan bayi baru lahir butuh sentuhan ajaibdari ibunya. Jangan pernah menyangka bahwa bayi tidakdapat merasakan apa yang sedang terjadi di sekitarnya. Mental bayi telahberkembang sejak hari pertama dia dilahirkan, demikianjuga dengan kemampuan emosionalsi kecil. Sentuhan ibu adalah salah satu cara terbaik untuk dapat membangun ikatan antara ibu dengan bayi, selain manfaat ajaib yang telahdisebutkan di atas.

]]>
https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/5-alasan-bayi-baru-lahir-butuh-sentuhan-ajaib.html/feed 0
TIPS JIKA ANAK SERING BICARA KASAR https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/tips-jika-anak-sering-bicara-kasar.html https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/tips-jika-anak-sering-bicara-kasar.html#comments Thu, 13 Mar 2014 00:00:00 +0000 https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/tips-jika-anak-sering-bicara-kasar.html Tips Jika Anak Sering Bicara KasarLingkungan adalah tempat bagi anak-anak kita untuk mengembangkan potensinyaataupun untuk sekadar mencoba hal-hal yang baru. Sifat alami dariseorang anak adalah sering meniru sikap dan juga perilaku lingkungan sekitarnya. Hidup di sebuah lingkungan yang cenderung lebih keras, bukan tidak mungkin dapat membuat anak jadi sering bersikap kasar secara verbal. Pada setiap kali anak merasa tidak nyaman, kata-kata kasar dapatlangsung keluar dari mulutnya.
Perilaku si kecil seperti itu terkadang membuat orang tua merasa khawatir. Apa sebenarnya yang harus dilakukan orang tua untuk menghadapi anaknya yang sering berbicara ataupunberperilaku kasar? Berikut tips jika anak sering bicara kasar sebagaimana dijelaskan oleh seorang psikolog ternama.
anak marah2 TIPS JIKA ANAK SERING BICARA KASAR
Retno IG Kusuma, seorang pakar Psikologimengatakan bahwa perilaku kasar anak bisa disebabkan oleh 2 hal. Yang pertama, anak saat sedang mengimitasi ataupun meniru perilaku dari lingkungan sekitar, dari televisi ataupun dari sebuah game yang dimainkannya. Yang kedua, anak sedang melakukan sebuah proses mencoba-coba untuk dapat mengetahui reaksi dari lingkungan sekitarnyaterhadap perilaku kasarnyatersebut.
Retno menjelaskan lebih lanjut bahwa ada 2 respons yang bisanya akan diperlihatkan oleh orang tua, yaitu marah atau tertawa. Psikolog yang merupakan lulusan dari Universitas Gadjah Mada ini menjelaskanbahwa boleh jadi orang tua dari anak tersebut akan tertawa karena menganggap perilaku buah hatinya lucu. Karena tidak menyangka anaknyabisa berbicara ataupunbertingkah kasar seperti itu. Sedangkan, apabila orang tua marah itu dikarenakan memang dia menganggap sikap seperti itu sudah tidak wajar bagi seorang anak.
Akan tetapi, psikolog yang juga ahli di bidang permasalahan anak ini menjelaskan, pada saat seorang anak berbicara dengan kata-kata kasar, hal pertama yang mesti dilakukan oleh orang tua adalah selalu tetap bersikap tenang. Karenahal tersebut memang merupakan proses yang wajar dan juga positif. Artinya, buah hati Anda mempunyai kepedulian dengan lingkungan sekitarnya, meskipun dengan cara yang tentu saja kurang tepat.
Retno IG Kusuma  yang juga merupakan anggota Tim Psikologi di Yayasan Kanker Indonesia atau YKI tersebut menjelaskan bahwa kemampuan meniru pada anak itu merupakan adalah kecerdasan, jadi kita jangan memarahi anak.
Kemudian, hal yang harusdilakukan oleh orang tua untuk menyikapi perilaku atau berkata kasar anak adalah dengan cara mengabaikannya.  Karena, apabilaorang tua merespons, itu artinya orang tua seolah merasa setuju dengan perilaku atau kata-kata kasar dari anaknya. Jadi menurut Retno Lebih baik orang tua cuek atau pura-pura tidak mendengar saja, karena nanti anak juga akan capek sendiri karena tidak mendapatkan respon atau perhatian dari orang tuanya.
Sebaliknya, apabilaanak berperilaku atau bertingkah baik, orang tua mesti memberikan sebuah reward. Dengan demikian, si anak akan berpikir, ternyata apabilaberperilaku positif maka orang tuanya akan meresponsdan memberi perhatian. Reward juga memiliki tujuan untuk mempertahankan sikap baik dari buah hati Anda.

Selain itu, orang tua juga harus mengajak anak berbicara dan juga berdiskusi untuk mengarahkan pada mereka mana yang perilaku baik dan mana perilaku yang termasuk dalam kategori buruk. Orang tua perlu memfilter apa saja yang diterima olehanak dari lingkungan sekitarnya dan selalumemantau perkembangan serta perilaku anaknya.

Demikianlah tips jika anak sering bicara kasar, selalu mendidik anak dengan cinta, kesabaran dan penuh kasih sayang agar anak tumbuh menjadi pribadi yang baik.

]]>
https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/tips-jika-anak-sering-bicara-kasar.html/feed 0
4 SYARAT MENYUSUI BAYI YANG SEHAT MENURUT ISLAM https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/4-syarat-menyusui-bayi-yang-sehat.html https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/4-syarat-menyusui-bayi-yang-sehat.html#comments Tue, 11 Mar 2014 00:00:00 +0000 https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/4-syarat-menyusui-bayi-yang-sehat-menurut-islam.html 4 Syarat Menyusui Bayi Yang Sehat Menurut IslamMasa menyusui merupakan masa-masa yang penting bagi seorang ibu, karena dalam masa ini akan terjadi ikatan yang kuat antara ibu dan anaknya. Sebagaimana dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga karya  Prof.Dr.H. Mahmud, M.Si dkk yang menyebutkan bahwa 4 syarat menyusui bayi yang sehat menurut Islam adalah sebagai berikut :
1. Takwa dan menghindari dosa
Hendaknya para ibu yang sedang menyusui lebih mendekatkan diri kepada Allah, menguatkan hubungannya dengan Allah dan mengucapkan basmalah sebelum menyusui anak-anaknya. Mereka harus mengusir gangguan dan bisikan syaitan serta pikiran-pikiran yang tidak sehat, bahkan jika memugkinkan ia melakukan wudlu terlebih dahulu sebelum mneyusui. Selain itu, ibu juga harus banyak beristighfar dan mengakui dosa dan kesalahannya sebelum menyusui. Jika seorang ibu yang suka melakukan dosa pada saat menyusui anaknya, sebenarnya ia telah memberikan air susu yang tercemar oleh kuman-kuman yang akan menyebabkan anak-anaknya kera-cunan secara spiritual.
ibu muslimah 4 SYARAT MENYUSUI BAYI YANG SEHAT MENURUT ISLAM
2. Tenang dan menghindari  emosi jiwa yang berlebihan
Jika seorang ibu menyusui anaknya sedangkan jiwa dan emosinya terganggu maka akan memberikan pengaruh yang buruk terhadap perkembangan anak-anaknya, berdampak sangat tidak baik bagi kesehatan jasmani dan rohaninya, bahkan terkadang sampai pada menderita tuli dan lumpuh. Oleh karenanya hendaknya seorang ibu dalam masa menyusui menjaga kondisi jiwa dan pemikirannya agar tidak terjadi depresi dan gangguan kejiwaan. Memang depresi pada ibu yang sedang menyusui mungkin saja disebabkan masih adanya sisa depresi yang ia rasakan selama mengandung (karena adanya perubahan hor-mon yang mempengaruhi moodibu dan karena keadaan fisik yang berubah saat masa kehamilan). Berdasarkan hasil penelitian di Amerika Serikat, sekitar 30% dari ibu yang baru saja melahirkan diduga mengalami depresi pasca melahirkan. Itulah sebabnya peran suami terhadap istri yang sedang mengandung dan setelah melahirkan sangat besar dan dibutuhkan. Suami harus benar-benar mendukung istrinya dalam masa-masa ini, dan setelah anaknya lahir ia juga harus ikut berperan untuk merawat bayinya, jangan sampai semuanya diserahkan kepada istrinya.
3. Mengkonsumsi makanan yang halal
Makanan yang dimakan oleh ibu hamil tentu sangat berbeda dengan ibu yang tidak hamil, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Dari segi kuantitas kebutuhan makanan bagi ibu hamil lebih banyak, hal ini memang sangat berguna bagi pertumbuhan janinnya, kesehatan badan si ibu dan guna mengadakan cadangan untuk masa laktasi. Namun dalam Islam kualitas makanan lebih penting dari kuantitas. Maksudnya kualitas makanan bagi ibu yang sedang menyusui harus diketahui kehalalannya. Karena makanan yang dimakan oleh ibu yang sedang menyusui sangat mepengaruhi air susu yang diberikan kepada anaknya. Sebaiknya dihindari juga mengkonsumsi makanan atau minuman yang syubhat dan makruh pada saat menyususi agar anak mendapatkan ASI terbaik.
4. Memelihara watak mental dan rohani
Syarat yang ke empat ini lebih penting dari tiga syarat sebelumnya, yaitu pantulan kondisi rohani sang ibu terhadap anaknya saat ia menyusuinya akan sangat berpengaruh pada anaknya tersebut. Dalam agama Islam syarat ini sangat penting sama pentingnya dengan memilih calon istri. Bersihkan hati dan banyak mendekatkan diri pada Allah agar anak mendapatkan pengaruh yang baik.
Itulah 4 syarat menyusui bayi yang sehat menurut Islam. Dengan memperhatikan keempat hal di atas, semoga buah hati Anda menjadi anak yang sehat dan shalih.

]]>
https://www.tipsanakbayi.com/2014/03/4-syarat-menyusui-bayi-yang-sehat.html/feed 0