PERKEMBANGAN BAYI 1-6 BULAN SECARA EMOSI & SOSIAL

Perkembangan bayi 1-6 bulan secara emosi & sosial ini mungkin jarang diperhatikan, karena biasanya orang tua terlalu fokus pada perkembangan fisik anak. Tahukah Anda bahwa buah hati Anda akan mengalami beberapa perubahan dalam perkembangan dalam masalah emosi dan juga sosial dalam 6 bulan pertamanya. Dia juga akan lebih merespon dan merasa tertarik untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan Anda orangtuanya ataupun orang orang yang sedang berada di sekitarnya.

Pada tiap bulannya, Anda akan menyaksikan sendiri bahwa bayi Anda akan semakin bersosialisasi seperti menjadi merasa lebih tertarik untuk dapat berkomunikasi, tersenyum manis untuk pertama kalinya, mengembangkan caranya untuk dapat berkomunikasi dengan Anda dan juga meniru orang lain yang ada di sekitarnya. Berikut perkembangan bayi 1-6 bulan secara emosi & sosial yang harus diketahui para orang tua.

Perkembangan bayi 1-6 bulan secara emosi & sosial

Image: evieperezphotography.com

Bayi usia 1 bulan

Bayi akan merasa senang & suka pada saat Anda menggendongnya. Dia juga akan akan lebih suka jika Anda memeluknya. Di usia 1 bulan juga, bayi hanya bisa berkomunikasi dengan Anda dengan cara menangis.

Bayi usia 2 bulan

Pada usia 2 bulan, bayi kecil Anda akan mulai mampu menunjukkan ekspresi wajah imutnya yang lucu dan menggemaskan tersebut secara lebih jelas, sebagai contohnya adalah mulai tersenyum untuk yang pertama kalinya. Si kecil juga akan mulai tertarik dengan percakapan atau obrolan orang-orang di sekitarnya.

Bayi usia 3 bulan

Bayi Anda akan mulai merasa senang dengan suaranya sendiri. Si buah hati juga akan bersuara pada saat dia sedang merasa bahagia. Bayi juga akan bahagia pada saat dia menirukan ucapan Anda dan sebaliknya.

Bayi usia 4 bulan

Bayi Anda akan menjadi lebih pintar dalam hal berkomunikasi. Sebagai contohnya, si kecil akan mengangkat tangannya pada saat dia ingin digendong. Bayi Anda juga akan mulai lebih memperhatikan emosi Anda, misalnya seperti suara, bahasa tubuh dan juga ekspressi wajah. Mungkin si kecil akan menirunya.

Bayi usia 5 bulan

Untuk yang pertama kalinya, bayi Anda akan mulai tertawa. Itu mungkin akan menjadi salah satu suara yang paling ajaib jika dibanding suara lainnya yang pernah Anda dengar, lucu, menggemaskan dan tentu saja membuat bangga orang tua. Selain itu, bayi Anda juga akan mulai menunjukkan rasa marahnya.

Bayi usia 6 bulan

Bayi kecil kesayangan Anda akan mulai bisa meniru sikap dan juga emosi Anda. Selain itu, si kecil juga mungkin juga sudah bisa menoleh pada saat Anda memanggil namanya. Baca juga: Tahap Perkembangan Fisik Bayi 0-6 Bulan.

Itulah perkembangan bayi 1-6 bulan secara emosi & sosial yang harus diketahui para orang tua. Menyaksikan sendiri perkembangan si kecil dari hari ke hari memang menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua & menjadi obat bagi rasa lelah seorang Bunda dalam mengurus anaknya.

Related Post "PERKEMBANGAN BAYI 1-6 BULAN SECARA EMOSI & SOSIAL"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa