4 CARA MENGATASI BIANG KERINGAT PADA BAYI

4 cara mengatasi biang keringat pada bayi yang harus diketahui para orang tua baru. Biang keringat merupakan hal yang sangat mengganggu dan juga membuat suasana si kecil jadi tidak nyaman. Biang keringat atau keringat buntet sendiri merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang paling banyak dialami para bayi dan anak-anak. Ada bebagai hal yang menyebabkan munculnya biang keringat pada tubuh bayi ataupun anak. Dan penyebab paling utama dari biang keringat ini adalah karena tersumbatnya pori-pori tubuh dikarenakan udara yang terlalu panas, lembab serta keadaan kulit yang tidak bersih.

Bercak merah & juga bercak putih yang kasar merupakan ciri paling umum dari biang keringat ini. Biang keringat biasa terjadi bukan cuma pada area kening atau wajah saja, namun juga kerap terjadi pada bagian tangan, leher, punggung dan juga dada bayi. Biang keringat yang sudah parah, bisa saja menjadi penyebab munculnya masalah kulit lain yang jauh lebih serius. Sebelum biang keringat tersebut menjadi masalah kulit yang jauh lebih serius, Anda harus memastikan bahwa biang keringat bisa teratasi dengan baik. Berikut adalah 4 cara mengatasi biang keringat pada bayi.

cara mengatasi biang keringat pada bayi

Image: www.newhealthguide.org

Gunakanlah Obat Alami Biang Keringat

Obat alami biang keringat bayi sebenarnya bisa Anda buat sendiri dengan mudah di rumah. Caranya cukup simple. Campurkan satu sendok makan tepung tapioka bersama dengan sedikit air kemudian oleskanlah pada kulit bayi yang terkena biang keringat. Tepung tapioka punya sifat mendinginkan kulit, jadi tidak heran apabila ia bisa jadi obat alami biang keringat.

Gunakan Minyak Telon

Selain digunakan untuk menghangatkan tubuh & kulit, minyak telon juga ternyata memiliki manfaat yang bagus sebagai obat biang keringat bayi. Oleskanlah minyak telon dengan merata pada kulit bayi yang terkena biang keringat. Tunggulah beberapa waktu & biarkan biang keringat bayi teratasi dengan sendirinya.

Perhatikanlah Kenyamanan Baju Bayi Anda

Berikanlah baju bayi yang nyaman, mudah dalam menyerap keringat, longgar serta akan terasa sejuk bagi tubuh si kecil. Gantilah selalu pakaian dan juga popok bayi minimalnya 2 kali di dalam sehari. Pastikan juag bahwa pakaian untuk si kecil bersih serta terbebas dari berbagai kuman serta virus penyebab munculnya biang keringat. Berikanlah pakaian yang tak terlalu ketat ataupun baju yang terlalu longgar. Baca juga: 6 Tips Menjaga Kebersihan Baju Bayi.

Perhatikanlah Sirkulasi Udara

Pastikan bahwa udara di rumah Anda telah mempunyai sirkulasi udara yang cukup baik agar tidak panas ataupun lembab. Di saat udara panas, berikanlah kipas angin atau nyalakanlah AC agar tubuh bayi Anda tetap segar. Sebaliknya, apabila udara sedang dingin, pastikanlah bahwa buah hati Anda selalu dalam keadaan hangat. Baca juga: Mengatasi Berbagai Penyakit Kulit Bayi.

Itulah 4 cara mengatasi biang keringat pada bayi. Agar tidak muncul biang keringat, pastikan bahwa si kecil selalu dalam keadaan yang bersih. Mandikan buah hati Anda setidaknya dua kali dalam sehari, pagi & sore. Apabila biang keringat tidak segera sembuh, periksakan secepatnya buah hati Anda ke dokter ataupun ke rumah sakit terdekat dan kemudian mintalah resep darinya.

Related Post "4 CARA MENGATASI BIANG KERINGAT PADA BAYI"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa