DAMPAK NEGATIF ORANG TUA TERLALU MENGATUR BAGI MENTAL ANAK

Anda harus mengetahui dampak negatif orang tua terlalu mengatur bagi mental anak. Karena Kami melihat cukup banyak yang seperti itu. Apakah Anda termasuk yang punya kendali penuh atas semua hal yang dilakukan oleh buah hati Anda? Penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa pola asuh seperti itu bisa membuat buah hati Anda jadi tidak bahagia dan juga tidak mandiri di kemudian hari saat ia sudah besar.

Penelitian tentang dampak negatif orang tua terlalu mengatur bagi mental anak ini dilakukan pada ribuan dari warga Inggris yang sudah dimulai sejak mereka berada dalam usia remaja hingga usianya paruh baya. Sebagaimana berita yang pernah dilansir dalam laman Daily Mail, para ilmuwan & tim peneliti dari University College London menjelaskan bahwa dampak buruk dari pola asuh seperti ini dapat berlangsung seumur hidup pada anak Anda.

dampak negatif orang tua terlalu mengatur bagi mental anak

Image: www.autismspot.com

Mereka juga membuktikan bahwa orang tua yang terlalu melakukan kontrol psikologis kepada anak anak mereka, dengan cara tidak membiarkan mereka untuk bisa membuat keputusan mereka sendiri dan juga merusak privasi mereka, akan berisiko untuk menimbulkan kerusakan mental anak tersebut dalam jangka panjang pada kemudian hari.

Dr Mai Stafford, salah satu peneliti di University College London tersebut mengatakan bahwa sebaliknya, anak – anak yang punya orang tua yang selalu menunjukkan kehangatan dan juga sikap tanggap memiliki tingkat kepuasan hidup yang lebih tinggi serta kondisi mental mereka juga menjadi lebih baik.

Bahkan, para ilmuwan dan juga peneliti menyebutkan bahwa efek negatif yang jadi akibat dari pola asuh yang terlalu mengatur tersebut setara juga dengan penderitaan yang dapat dirasakan oleh seseorang saat mereka melihat kematian salah seorang teman dekat ataupun salah satu kerabatnya. Penelitian ilmiah tersebut telah diterbitkan di dalam The Journal of Positive Psychology. Baca juga: Orang Tua Sering Kasar, Bahaya Bagi Kardiovaskular Anak.

Setiap orang tua memang ingin yang terbaik bagi buah hatinya. Namun jika caranya salah, hal itu akan berdampak terbalik bagi pekembangan anak, bahkan efek buruknya berkepanjangan dan dirasakan seumur hidupnya. Setelah mengetahui dampak negatif orang tua terlalu mengatur bagi mental anak ini, semoga bisa memperbaiki kekurangan Kita sebagai orang tua dalam mendidik anak.

Related Post "DAMPAK NEGATIF ORANG TUA TERLALU MENGATUR BAGI MENTAL ANAK"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang