5 PENYEBAB TIDUR MENDENGKUR PADA ANAK

5 penyebab tidur mendengkur pada anak ini patut diwaspadai oleh para orang tua. Mendengkur ternyata tidak hanya menjadi sebuah masalah di kalangan orang de-wasa. Tapi sebagian anak juga seringkali mengalami hal serupa. Menurut sebuah penelitian, ada sekitar 20% dari anak anak yang sering mendengkur ketika mereka tidur, namun tidak menunjukkan adanya efek kesehatan yang cukup serius. Namun pada sebagian anak, hal itu dapat disebabkan oleh adanya masalah kesehatan yang cukup serius.

Apa saja yang menjadi sebab mendengkurnya seorang anak? Berikut adalah 5 penyebab tidur mendengkur pada anak seperti orang de-wasa.

Terjadi pembengkakan di hidung

Anak-anak yang memiliki masalah pembengkakan pada hidungnya biasanya mengalami kesulitan saat bernapas. Akibatnya, mereka terpaksa harus bernapas lewat mulut. Dan hal tersebut membuat anak anak akhirnya mendengkur saat tidur.

5 penyebab tidur mendengkur pada anak

Image: www.handinhandparenting.org

Obesitas

Obesitas juga diketahui dapat meningkatkan terjadinya risiko mendengkur saat tidur pada anak-anak. Hal tersebut dikarenakan terjadinya peningkatan lemak yang ada di sekitar leher mereka. Untuk dapat mengatasinya, orang tua harus menerapkan diet yang seimbang pada anak yang obesitas. Baca juga: Bahaya Mendengkur Pada Balita

Terjadi gangguan pernapasan

Mendengkur saat tidur pada anak-anak juga kemungkinan disebabkan oleh beberapa jenis gangguan pernapasan. Anak-anak yang menderita asma biasanya akan lebih sering mendengkur ketika tidur. Anak-anak yang cukup sering mendengkur kemungkinan juga punya alergi, asma serta infeksi tenggorokan.

Hidungnya tersumbat

Ini merupakan salah satu dari penyebab mendengkur yang cukup sering pada anak-anak. Hidung anak yang tersumbat bisa saja disebabkan oleh alergi, sinusitis yang kronis ataupun infeksi virus.

Pembesaran pada amandelnya

Pembesaran pada amandel juga bisa menjadi salah satu penyebab dari mendengkur saat tidur pada anak-anak. Hal itu bisa menyebabkan kesulitan dalam bernapas selama tidur sehingga anak-anak akhirnya mendengkur di saat sedang tidur.

Itulah 5 penyebab tidur mendengkur pada anak seperti pada orang de-wasa. Apabila Anda merasa khawatir dengan kondisi buah hati Anda yang seringkali mendengkur saat terlelap, tidak ada salahnya jika membawa buah hati ke dokter anak untuk memerikasakannya.

Related Post "5 PENYEBAB TIDUR MENDENGKUR PADA ANAK"

ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa
4 PENYEBAB ANAK KURUS & BERAT BADANNYA SUSAH NAIK
Ada 4 penyebab anak kurus & berat
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang