5 TIPS JIKA ANAK BAYI SUSAH MANDI & REWEL

5 tips jika anak bayi susah mandi & rewel ini sangat penting bagi para orang tua. Bayi yang tak mau mandi atau seing rewel saat akan dimandikan tentu seringkali dialami oleh banyak Bunda. Tak jarang Anda juga terkadang merasa kesal dan pusing saat menghadapi bayi yang sering menangis ataupun  berteriak saat dia akan dimandikan. Tapi Anda tidak sendirian di dalam hal tersebut karena ternyata banyak juga orang tua di luaran sana yang menghadapi permasalahan yang sama.

Padahal saat Anda memandikan si kecil, hal itu bisa dimanfaatkan sebagai waktu yang sangat menyenangkan sekaligus untuk dapat mendekatkan Bunda dengan Sang buah hati. Lalu, bagaimana cara menghadapi buah hati Anda yang susah mandi? Tidak usah khawatir, berikut ini adalah beberapa 5 tips jika anak bayi susah mandi & rewel yang dapat dilakukan untuk menghadapi si kecil yang susah mandi dari vemale.com.

anak bayi susah mandi

Image: malaak.me

Mandikan bayi ketika ia sudah kenyang

Salah satu faktor yang sering membuat bayi jadi rewel saat dimandikan adalah karena ia merasa lapar dan juga mengantuk. Oleh sebab itu, pastikan bahwa si kecil sudah dalam keadaan perut kenyang & cukup istirahat sehingga dia tidak akan rewel saat dimandikan. Bunda dapat memandikan si kecil setelah ia makan atau memberinya makanan seperti biskuit agar dia tidak merasa lapar.

Cobalah memakai bantal mandi

Si kecil sudah merasa kenyang & cukup tidur, namun tetap masih saja rewel saat akan dimandikan. Anda bisa mencoba sesuatu lainnya yang menyenangkan agar dia tertarik untuk segera mandi, seperti memakai bantal mandi. Bantal mandi bisa membuat bayi Anda merasa nyaman & hangat sekaligus akan merasa senang karena dia bisa bermain-main dengan menggunakan bantal mandi tersebut.

Masukkanlah air ke dalam bak mandinya secara bertahap

Melihat air yang terdapat di dalam bak mandi bisa membuat bayi Anda merasa takut sehingga dia akan enggan untuk dimandikan. Oleh sebab itu, Bunda bisa untuk mencoba memasukkan air dengan bertahap ke dalam bak mandinya agar si kecil tidak akan merasa kaget & takut untuk segera masuk ke dalam bak mandinya. Letakkan bayi Anda di dalam bak mandi, kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit saja ke dalamnya.

Untuk sementara lupakan bak mandi

Apabila cara sebelumnya tidak cukup ampuh untuk membuat si kecil tidak rewel saat sedang mandi, Anda bisa melupakan penggunaan bak mandi sementara waktu. Mandikanlah bayi di pangkuan dengan cara menggunakan handuk yang sudah diberi air. Bersihkanlah tubuhnya dengan memakai sabun mandi, kemudian seka dengan memakai handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Baca juga: 11 Tips Memandikan Bayi Buat Ibu Pemula.

Ajak si kecil bernyanyi & berbicara

Cobalah untuk dapat mengalihkan perhatian si kecil dengan mengajaknya sambil bernyanyi dan berbicara sehingga buah hati Anda tidak fokus ketika mandi. Bunda dapat menyanyikan lagu favoritnya atau sambil menceritakan apa saja saat itu yang sedang dilakukan. Dengan hal ini, lama-lama si kecil akan merasa nyaman & terbiasa untuk mandi.

Semoga dengan 5 tips jika anak bayi susah mandi & rewel ini membantu Anda saat memandikan si kecil, sehingga kegiatan mandinya akan lebih menyenangkan. Tetap sabar dan lakukan secara perlahan hingga si kecil tidak rewel lagi nantinya.

Related Post "5 TIPS JIKA ANAK BAYI SUSAH MANDI & REWEL"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa