4 TIPS HOME SCHOOLING TERBAIK UNTUK ANAK

Berikut ini ada 4 tips home schooling terbaik untuk anak bagi Anda para orang tua yang berniat mendidik anak dengan cara yang sedang booming ini. Homeschooling adalah salah satu jenis metode pendidikan yang sangat menitikberatkan pada keluarga. Namun sebelum Anda memulai homeschooling, ada beberapa hal penting yang perlu Anda persiapkan. Inilah beberapa tipsnya yang dikutip dari laman family.fimela.com:

Cobalah Mulai Usia Pre-School

Ada baiknya jika Anda mulai menerapkan homeschooling kepada anak sejak dia masih dalam usia pre-school karena pada usia tersebut, Anda masih bisa membentuk karakter anak dengan baik. Mengapa harus coba pada usia pre-school? Aar Sumardiono, praktisi homeschooling menjelaskan bahwa anak-anak usia dini itu masih berupa bibit, masih dalam sebuah proses. Dari situ, Anda bisa membentuk anak. Kalau saya sudah menerapkan home schooling sejak anak-anak lahir. Hal utama yang sering saya lakukan ialah mengobrol dengan anak-anak sejak kecil. Karena dengan mengobrol, kita bisa tahu apa yang menjadi interest anak.

home schooling

Image: www.sheknows.com

Aar juga bercerita bahwa anak pertamanya punya kegemaran terhadap animasi 3D, kemudian anak keduanya senang terhadap dunia menggambar. Kegemaran dari anaknya tersebut ia ketahui dengan banyak mengobrol bersama dengan kedua anaknya sejak mereka kecil. Dengan demikian, saat usia SMP dan juga SMA, anak sudah tahu apa sebenarnya yang ia mau. Anak juga dapat memilih ingin fokus belajar dalam hal apa dan lewat metode home schooling tersebut, ia menemukan keunikan karakter belajar dari anak-anaknya ini. Baca juga: Tips Untuk Membentuk Karakter Anak.

 

Orangtua Harus Belajar

Apabila Anda sudah memutuskan untuk menggunakan metode home schooling, maka Anda sebagai orangtua perlu mempersiapkan diri dengan lebih banyak belajar. Jangan pernah takut mengeksplorasi internet, mencari berbagai aplikasi yang memudahkan proses belajar anak. Jangan sungkan juga bagi Anda untuk bertanya kepada sesama orang tua yang sudah menjalani program homeschooling. Jaman sekarang ini, orangtua lebih dimudahkan untuk mencari sarana belajar anak melalui internet. Intinya, Anda harus mau belajar. Anda juga bisa memperbanyak pengetahuan lewat membaca banyak buku. Tentu saja orang tua juga harus mau membuka diri serta kembali mempelajari berbagai materi saat Anda sekolah dahulu seperti berhitung, ilmu alam maupun ilmu sosial.

Sering Bertemu dengan Praktisi Homeschooling

Pada setiap keluarga, tentu saja penerapan homeschooling-nya berbeda-beda. Ada diantaranya yang disesuaikan dengan karakter anak, ada juga yang menetapkan jadwal harian serta jadwal mingguan untuk anak-anaknya. Karena berbeda-bedanya cara penerapan itulah Anda harus banyak ‘bergaul’ dengan keluarga yang sudah mempraktikkan homeschooling juga.

Anda bisa mengikuti klub, grup, milis, ataupun perkumpulan keluarga yang sama-sama menerapkan homeschooling. Dengan demikian, Anda dapat bertukar ide dan belajar tentang cara penerapan dan cara pengajaran pada anak. Siapa tahu Anda juga mendapatkan banyak hal baru hingga menemukan metode yang paling tepat untuk diberikan pada buah hati. Oh ya, jangan segan untuk dapat membagikan cara belajar anak kepada teman-teman Anda yang juga menerapkan homeschooling.

Jaga Kekompakkan Antara Suami Dan Istri

Saat Anda memutuskan untuk mulai menerapkan homeschooling, hal yang pertama yang harus Anda lakukan dengan pasangan ialah menyatukan visi dan juga misi mau dibawa kemana arah pendidikan anak Anda. Orang tua harus menyepakati anaknya akan jadi seperti apa. Menjadi sosok yang bertanggungjawabkah, mempunyai empatikah dan lain sebagainya. Untuk dapat menyatukan visi dan misi ini, tentu saja kekompakan merupakan hal utama yang wajib dimiliki oleh pasangan suami istri.

kekompakan suami istri memang harus dijaga, karena kalau tidak, proses belajar anak Anda akan terganggu. Bayangkan saja jika dalam sebuah proses pengajaran, ayah dan ibu punya pandangan yang berbeda. Jadi, suami istri perlu berdiskusi terlebih dahulu untuk menjaga kekompakan.

Itulah beberapa tips home schooling yang bisa Anda terapkan. Perlu diingat bahwa homeschooling bukanlah saingan sekolah formal, namun ini adalah sebuah pilihan alternatif metode pendidikan untuk anak Anda yang patut dipertimbangkan. Pendidikan merupakan sebuah proses perjalanan di mana anak-anak Anda akan menemukan nilai yang sangat bermakna di dalamnya.

Tags: mendidik anak

Related Post "4 TIPS HOME SCHOOLING TERBAIK UNTUK ANAK"

5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
5 TANDA PERKEMBANGAN ANAK BAYI YANG TERLAMBAT
Ada beberapa tanda perkembangan anak bayi yang
4 CARA MELATIH BAYI BELAJAR TENGKURAP
Bunda saat ini sedang mencoba cara melatih
CARA MENGETAHUI & MELATIH BAKAT TERPENDAM ANAK
Tahukah Anda bahwa ada cara mengetahui &