PERAN AYAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK LAKI-LAKI

Peran Ayah Dalam Pendidikan Karakter Anak Laki-Laki – Pada umumnya, seorang ibu mempunyai porsi pengasuhan yang lebih besar terhadap buah hatinya dibandingkan dengan seorang ayah. Hal tersebut bisa dimaklumi, karena sebagian besar Ayah memang bekerja dan banyak menghabiskan waktunya dengan pekerjaan tersebut di luar rumah.

Namun, sebaiknya bagi Anda yang mempunyai seorang anak laki-laki, sebaiknya seorang ayah tetap mempunyai waktu kebersaman yang cukup dengan si kecil. Cobalah biarkan ayah memiliki porsi yang lebih banyak di dalam mengasuh seorang anak laki-laki. bukan tanpa alasan, pengasuhan seorang ayah mempunyai pengaruh yang besar daripada ibunya di dalam membentuk karakter seorang anak laki-laki.

pendidikan karakter

Image: www.yummymummyclub.ca

Oleh karena peran Ayah dalam pendidikan karakter anak laki-laki begitu besar, para ahli dan pakar pengasuhan anak telah mengingatkan pada para ibu agar mereka tidak posesif terhadap anak laki-lakinya dan membiarkan sang ayah menjadi sosok atau figur yang kuat di hadapan seorang anak laki-laki.

Seorang ahli parenting, Noël Janis-Norton di dalam buku terbarunya yang berjudul Calmer, Easier, Happier Boys menyebutkan bahwa tanpa adanya seorang figur ayah yang cukup kuat, anak laki-laki nantinya bisa kesulitan di dalam mengekspresikan emosi mereka sebagai seorang laki-laki. Mulai dari cara menangani kekuatan fisik, belajar untuk menghargai diri sendiri dan juga orang lain.

Penulis Calmer, Easier, Happier Boys juga mengungkapkan bahwa karakter seorang ibu yang cenderung selalu mengalah dan menghindari perke-lahian karena merasa khawatir akan terluka dan menyebabkan sesuatu menjadi rusak tentu akan sangat berbeda dengan karakter seorang ayah. Dari seorang ayah, anak laki-laki bisa belajar tentang perke-lahian sebagai sebuah pembelajaran mengenai berke-lahi secara adil.

Selain itu, seorang Ayah sebagai sosok laki-laki de-wasa juga dapat mengajarkan mengenai bagaimana cara untuk mengontrol diri, belajar untuk tidak bersikap kasar dan juga meminta maaf jika telah berbuat sesuatu yang salah atau terlalu jauh.

Mengingat peran Ayah dalam pendidikan karakter anak laki-laki begitu besar. Jadi, sebaiknya seorang ayah jangan cuma sibuk bekerja saja atau memperbaiki mobil dan peralatan lainnya, tapi juga harus sering berinteraksi dengan anaknya sambil mengajarkan berbagai nilai-nilai hidup yang positif.

Tags: mendidik anak

Related Post "PERAN AYAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK LAKI-LAKI"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang