RISIKO PENYAKIT ASMA PADA BAYI GEMUK

Tahukah Anda bahwa ada risiko penyakit asma pada bayi gemuk yang berbahaya? Memiliki bayi yang berbadan gemuk mungkin akan tampak menggemaskan dan lucu saat dilihat, namun sebaiknya Anda hati-hati, ada berbagai risiko kesehatan yang mengintai dibalik kelucuannya. Bayi yang memiliki berat badan cenderung meningkat secara drastis dalam kurun waktu tiga bulan pertama periode kehidupannya ternyata lebih rentan terkena penyakit asma pada suatu hari nanti.

Menurut beberapa peneliti, kenaikan berat badan si kecil yang melonjak secara cepat bisa menyebabkan adanya perkembangan abnormal pada organ paru-paru serta pada sistem kekebalan tubuh bayi Anda. Sehingga, tidak heran jika dokter maupun perawat yang bertugas memeriksa pertumbuhan bayi sering mengingatkan sang ibu apabila terjadi lonjakan yang cukup signifikan pada berat badan bayinya.

penyakit asma pada bayi

Image: happy-pregnancy.blogspot.com

Dr. Agnes Sonnenschein van der Voort, peneliti utama yang berasal dari Bristol University menjelaskan bahwa Penelitian yang telah mereka kerjalan menunjukkan adanya hubungan antara bayi yang mempunyai kenaikan berat badan cukup cepat dalam kurun tiga bulan pertama dalam kehidupannya dengan peningkatan risiko terkena penyait asma di kemudian hari. Seperti yang dilansir laman Mirror, kesimpulan dari penelitian tersebut didapatkan para peneliti berdasarkan analisis pada 10.000 bayi yang datanya ada di University of Bristol. Ternyata risiko penyakit asma pada bayi gemuk atau yang kenaikan berat badannya cukup signifikan pada 3 bulan pertama cukup besar.

Menanggapi hasil dari penelitian yang telah diterbitkan di dalam Journal of Allergy & Clinical Immunology tersebut, direktur penelitian asma yang terdapat di Inggris, Samantha Walker mengatakan bahwa sangat penting untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas antara kedua hal tersebut dengan penelitian yang lebih mendalam lagi. Baca juga: 6 Bahaya Obesitas Pada Si Kecil.

Nah, karena risiko penyakit asma pada bayi gemuk ini cukup besar, sebaiknya Anda selalu memeriksakan si kecil ke dokter anak jika kenaikan berat badannya dirasa cukup signifikan dalam usia 3 bulan pertama. Jangan menganggap enteng hal ini, karena setelah bayi besar nanti risiko penyakit lainnya juga bisa bermunculan. Baca juga: Cara Mengatasi Obesitas Si Kecil yang mungkin Anda butuhkan

Tags: Bayi Baru Lahir bayi sehat

Related Post "RISIKO PENYAKIT ASMA PADA BAYI GEMUK"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa