5 TIPS MENGENALKAN MAKANAN PERTAMA BAYI

5 Tips Mengenalkan Makanan Pertama Bayi – Setelah dua tahun secara ekslusif memberikan ASI pada buah hati, sekarang saatnya bagi Anda untuk mulai memberikan berbagai variasi makanan lain. Memang belum semua jenis makanan baik untuk buah hati Anda, namun ini merupakan fase untuk dapat mengembangkan kebiasaan makan anak yang sehat nantinya. Oleh sebab itu, Anda harus mulai terbiasa untuk mengenalkan makanan baru pada anak sebagai pengganti ASI. Biasanya Makanan Pendamping ASI atau MPASI pertama diberikan saat bayi berusia 6 bulan, namun saat itu makanan bayi masih berupa bubur. Nah, saat bayi sudah mulai disapih, waktunya Anda memberikan menu makanan bayi yang sehat untuk menunjang tumbuh kembangnya. Selain itu ada 5 tips mengenalkan makanan pertama bayi agar dia tidak terlalu pemilih nantinya setelah besar seperti berikut:

1. Minta daftar makanan dari dokter

Ada beberapa jenis makanan tertentu yang tidak boleh dimakan oleh bayi. Dengan mendapatkan sebuah daftar makanan yang tepat dari dokter, Anda bisa mengetahui mana saja menu makanan bayi yang baik untuk buah hati Anda.

makanan bayi

Image: www.sheknows.com

2. Mencoba jenis makanan satu per satu

Anda perlu memulai dengan memberikan makanan yang sederhana pada si kecil, baru kemudian ke makanan yang sulit. Misalnya bisa saja memulai dengan apel rebus, kemudian beralih ke pisang lalu jeruk.

3. Mencampur makanan

Apabila bayi Anda menyukai pisang dan Anda malah terus saja memberinya pisang, suatu hari buah hati Anda akan bosan. Campurkan saja makanan yang berbeda supaya buah hati Anda mempunyai makanan yang bervariasi.

4. Berikan makanan yang bergizi

Pastikan Anda selalu mempunyai rencana makan yang tepat untuk si kecil. Bayi Anda perlu mendapatkan asupan nutrisi yang baik. Berikanlah menu makanan bayi yang mencakup protein, buah-buahan, serta sayuran setiap harinya.

5. Waspada makanan yang dapat memicu alergi

Ada beberapa jenis makanan tertentu yang harus diberikan dengan hati-hati kepada si kecil karena bisa menimbulkan alergi, misalnya seperti kacang dan juga jenis ikan tertentu. Apabila setelah beberapa kali tidak ada tanda-tanda alergi pada bayi, pemberian makanan dapat terus dilanjutkan. Anda bisa membaca tentang Cara Mengetahui Alergi Pada Bayi untuk lebih lengkapnya.

Itulah 5 tips mengenalkan makanan pertama bayi saat sudah mulai disapih dan selesai dari pemberian ASI ekslusif. Ini sangat penting agar setelah besar nanti buah hati Anda tidak menjadi pemilih dalam makanan serta untuk membiasakannya mengkonsumsi makanan bergizi.

Related Post "5 TIPS MENGENALKAN MAKANAN PERTAMA BAYI"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa