PERAWATAN BAYI PREMATUR DENGAN INKUBATOR ALAMI

Perawatan Bayi Prematur Dengan Inkubator Alami  – Apabila bayi terlahir secara prematur, maka dia harus berada di dalam inkubator untuk dapat menjaga suhu tubuhnya agar tetap hangat dan membantunya dalam bernapas. Inkubator yang biasanya selalu berada di dalam sebuah unit Neonatal Intensive Care Unit atau NICU saat ini telah semakin canggih, sehingga peluang bayi untuk dapat bertahan hidup menjadi semakin besar.Setelah beberapa lama dan bayi sudah semakin kuat, penggunaan inkubator juga secara perlahan akan dikurangi dan bayi nantinya tidak lagi berada di dalam ruang NICU. Namun, kadang kadang ada juga orangtua yang setelah membawa pulang buah hatinya masih merasa was-was dan memutuskan untuk menyewa inkubator sendiri. Tahukah Bunda, bahwa ada perawatan bayi prematur inkubator terbaik yang sangat murah serta dengan mudah bisa didapatkan secara alami?

Menurut Rinawati Rohsiswatmo, seorang dokter anak subspesialis neonatologi di FKUI – RSCM, , menggunakan sebuah inkubator bagi bayi setelah dia keluar dari NICU merupakan tindakan yang sia-sia, atau bahkan justru dapat merugikan. Rinawati sangat menentangnya, karena menurut dokter subspesialis ini inkubator paling baik bagi bayi ialah tubuh ibunya sendiri.

Cara merawt bayi prematur

Kangroo Mother Care (Image: www.parenting-with-love.com)

Rinawati juga menambahkan, bahwa tubuh ibu mampu memberikan kehangatan pada bayi yang jauh lebih baik dibandingkan inkubator, sehingga penggunaan teknik kangaroo mother care atau KMC akan jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan menyewa inkubator. KMC adalah sebuah teknik pelekatan bayi pada tubuh ibu yang kemudian dikombinasikan dengan pemberian ASI secara eksklusif.

Metode KMC ini dilakukan dengan cara meletakkan bayi pada dada ibunya, namun sebelumnya sang ibu harus membuka kancing pakaian bagian depan agar terjadi sebuah kontak kulit ke kulit. Setelah itu, selimuti bayi Anda untuk dapat menjaga kehangatannya.KMC, menurut Rina, dapat memberikan cukup banyak kelebihan jika dibandingkan dengan menggunakan inkubator biasa. Selain biayanya yang bisa dibilang lebih murah, KMC juga bisa meningkatkan ikatan antara seorang ibu dan bayinya.Sentuhan dan kata-kata dari ibu kepada bayi akan mampu membangkitkan perasaan dicintai dan juga disayangi. Ini merupakan sebuah stimulasi yang sangat baik untuk pertumbuhan dan juga perkembangan bayi. Selengkapnya tentang hal ini bisa Anda baca dalam tulisan berjudul Ajaibnya Sentuhan Ibu Untuk Bayi.

Kulit seorang ibu merupakan perawatan bayi prematur dengan inkubator alami yang sangat mengagumkan. Selain murah dan mudah, secara psikologis hal ini membuat bayi merasa lebih nyaman dan semakin dekat dengan ibunya. Sebaliknya, penggunaan inkubator biasa dapat menjadikan bayi jadi pasif. Tidak adanya interaksi antara seorang ibu dan bayi hanya akan membuat perkembangannya menjadi cenderung lebih agresif di kemudian hari. Anda tentunya tidak ingin hal seperti ini terjadi bukan? Semoga buah hati Anda selalu sehat!

Tags: Bayi Baru Lahir Merawat Bayi

Related Post "PERAWATAN BAYI PREMATUR DENGAN INKUBATOR ALAMI"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa