MAKANAN BAYI DENGAN MINYAK TERBAIK

Makanan Bayi Dengan Minyak Terbaik – Pada bayi yang sudah diperkenalkan dengan makanan padat, mengkonsumsi berbagai macam makanan dengan berbagai jenis rasa merupakan hal yang penting. Ini dapat membantu si kecil untuk mengenal rasa, termasuk juga dengan cara menyertakan minyak di dalam makanan bayi.Jumlah minyak yang dimasukkan tentu saja sedikit. Untuk minyak yang dipakai, cobalah Anda gunakan minyak zaitun sekitar seperempat sendok teh per dua ons dari porsi makanan bayi. Tapi, Anda juga perlu memilih minyak zaitun seperti apa yang akan Anda berikan pada bayi.

Pastikan Anda selalu memakai minyak zaitun extra virg!n. Karena, minyak zaitun jenis ini tidak mempunyai suhu yang tinggi dan tidak mengandung bahan k!mia di dalam proses pembuatannya sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya masih tetap terjaga. Jenis minyak zaitun lainnya, kadang-kadang dilabeli dengan kata pure atau murni. Tapi itu artinya minyak tersebut telah melalui berbagai proses pemanasan dan juga pengolahan yang dapat mempengaruhi kadar nutrisi yang terkandung di dalamnya. Selain itu, Anda juga perlu menghindari pemakaian minyak zaitun yang diberi label ‘light’ karena sering memiliki kandungan campuran minyak nabati.

Bayi lucu makan bubur

Image: anationofmoms.com

Mengapa si kecil perlu makanan bayi dengan minyak terbaik ini? Sangat banyak manfaat gizi yang terkandung dalam minyak zaitun extra v!rgin. Diantaranya adalah kandungan lemak tak jenuh tunggal ataupun lemak baik yang mampu membantu untuk meningkatkan kolesterol baik dan sekaligus menurunkan kolesterol buruk. Minyak zaitun ini, seperti yang pernah dilansir oleh Femguide, memiliki kandungan asam oleat yang memiliki peran sangat penting dalam perkembangan fungsi otak bayi. Asam oleat juga terdapat di dalam ASI. Selain itu, minyak zaitun juga mempunyai kandungan berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh, yaitu vitamin B, dan vitamin A, D, C, E, serta vitamin K.

Minyak zaitun extra virg!n merupakan merupakan salah satu sumber antioksidan tinggi yang melebihi jenis minyak zaitun lainnya. Sifat anti-inflamasi yang terdapat dalam minyak zaitun bisa membantu untuk mencegah ataupun mengurangi gejala asma pada anak. Minyak zaitun extra v!rgin juga mempunyai kandungan linoleic dan juga asam linolenic. Asam lemak yang satu ini merupakan kontributor penting untuk kesehatan tulang bayi dan dapat memberikan dorongan bagi kepadatan tulang seiring dengan semakin bertambahnya usia si kecil.

Pada bayi yang sedang menderita sembelit, minyak zaitun extra v!rgin ini cukup efektif sebagai pencahar dan juga dapat menjaga kondisi sistem pencernaan bayi. Tapi, hanya boleh digunakan di dalam jumlah yang sangat kecil agar menghindari diare. Dokter anak juga kadang-kadang akan menyarankan agar mengkonsumsi minyak zaitun untuk bayi yang mempunyai berat badan di bawah normal.

Pada saat Anda sudah mulai menambahkan minyak zaitun, sebaiknya kombinasikan dengan makanan lainnya sedikit demi sedikit sebagai permulaan. Bayi yang alergi dengan minyak zaitun bisa dikatakan sangat jarang. Tapi apabila bayi Anda ternyata alergi zaitun, berhentilah mengkonsumsi minyak zaitun dan segera diskusikan hal ini dengan dokter anak.

Bagaimana membuat makanan bayi dengan minyak terbaikini? Terdapat beberapa cara untuk dapat menambahkan minyak zaitun ini ke dalam makanan bayi Anda. Contohnya pada saat Anda membuat pure ataupun bubur bayi dari sayuran, tambahkan saja sedikit minyak zaitun pada food prosessor agar nantinya tercampur dengan rata. Cara lainnya adalah dengan memakai minyak zaitun untuk memasak makanan bayi daripada memakai mentega atau butter.

Tags: bayi sehat

Related Post "MAKANAN BAYI DENGAN MINYAK TERBAIK"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa