MEMAKSA ANAK SUSAH MAKAN BAHAYA BAGI PERKEMBANGANNYA

Memaksa Anak Susah Makan Bahaya Bagi Perkembangannya – Terkadang memang greget jika si kecil sangat sulit untuk diberi makan. Setiap orang tua tentunya menginginkan buah hatinya lahap dalam menyantap setiap menu makanan, karena berharap tumbuh kembangnya akan pesat dan sehat dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan anak. Namun tidak sedikit orang tua yang merasa kerepotan saat menghadapi anaknya yang punya masalah makan.

Tidak semua anak malas makan karena merasa bosan dengan menu yang disajikan. Beberapa hal bisa saja menjadi penyebabnya, misalnya anak sedang anak mengalami sariawan, sedang sakit gigi, atau mungkin sedang radang tenggorokan. Sebaiknya Anda kenali dulu masalahnya dan jangan memaksa anak untuk makan. Berikan anak makanan dengan suapan yang kecil, sajikan menu makanan yang bervariasi, dengan bentuk penyajian tampak menarik dan juga menggugah selera. Hindari juga makanan yang memiliki rasa dan bau menyengat yang bisa memicu rasa mual pada anak.

Ketika si kecil memasuki masa susah makan, banyak orangtua akan memaksa anak untuk makan dengan berbagai macam cara. Dengan alasan agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak, terkadang orangtua memaksa atau mengancam anak agar mau menelan makanannya. Tahukah Anda bahwa memaksa anak susah makan bahaya bagi perkembangannya?

Anak susah makan

Image: epicmommyadventures.com

Emilia Achmadi, MSc, seorang pakar nutrisi mengatakan bahwa sebaiknya orang tua jangan memaksa anak jika tidak mau makan, karena hal tersebut akan berpengaruh pada perkembangan anak. Ada beberapa kategori yang disebut dengan pemaksaan orang tua pada anak agar mau makan, diantaranya sebagai berikut:

1. Memberi makan sebagai hadiah
Dalam kategori yang ringan, orangtua biasanya memberikan berbagai macam iming-iming agar si kecil mau makan. Misalnya saja menjanjikan akan memberi cokelat, es krim ataupun hadiah lainnya jika anak mau makan. Meskipun saat itu anak sebenarnya tidak mau makan, tapi hadiah yang ditawarkan membuat anak jadi mau makan demi mendapat hadiah atau makanan yang disukainya.

Tahukah Anda, meski proses iming-iming atau memberikan hadiah ini akan membuat anak Anda saat itu mau makan, tapi dalam benaknya akan selalu tertanam bahwa setelah makan nanti dia akan bisa menyantap jenis makanan apa saja yang diinginkannya. Lebih parahnya lagi, anak akan mempunyai anggapan bahwa makanan yang dijadikan reward ini boleh dia makan sebanyak-banyaknya karena dia sudah makan nasi. Efek lainnya yang paling parah, dia tidak bisa mengontrol asupan makanannya yang masuk ke dalam tubuh dan malah berakhir dengan obesitas pada anak.

2. Menakut-nakuti anak agar mau makan
Sebagian orangtua ada yang mengancam anaknya agar mau makan. Biasanya anak diancam dengan sesuatu yang tidak disukai oleh anak. Padahal, saat anak tidak mau makan pasti ada saja sebabnya. Bisa jadi menu makanan yang disediakan oleh orang tua kurang enak serta kurang menggugah selera makannya. Tapi, biasanya orangtua malah lebih mementingkan supaya makanan yang bergizi ini bisa dimakan habis oleh anaknya.

Menakut-nakuti si kecil agar mau makan ini dapat mengakibatkan dampak psikologis yang tidak baik bagi anak, misalnya berupa anoreksia dan juga bulimia pada anak. Hal tersebut dikarenakan anak mau makan hanya untuk dapat menyenangkan orangtuanya saja, tanpa harus dicerna lebih lanjut dalam perutnya. Bukan tidak mungkin si kecil malah akan memuntahkan kembali berbagai makanan itu pada saat orangtuanya tidak memperhatikan dia lagi.

3. Mengancam anak agar agar mau makan
Cara yang paling parah saat anak susah makan adalah pada orangtua mulai mengancam anaknya agar mau makan. Misalnya saja apabila anak sedang tidak mau makan, Bunda tidak mau berbicara dengannya, anak malah ditinggal sendirian atau mungkin dia akan dipukul ketika tidak mau makan dan berbagai ancaman lain. Hal seperti ini jika dilakukan terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama terbukti dapat menimbulkan sebuah trauma tersendiri pada diri anak.

Akhirnya anak akan memiliki sentimen negatif pada makanan. Sentimen yang negatif seperti ini bisa menyebabkan adanya rasa takut pada makanan, sehingga jika tiba waktunya makan, dalam benak anak akan selalu terbayang ancaman yang kerap diberikan oleh orangtuanya. Ini tentu saja membuat anak depresi saat melihat makanan dan dia akan makan hanya karena merasa takut dengan ancaman orangtuanya.

Nah, jika memaksa anak susah makan bahaya bagi perkembangannya, lantas bagaimana caranya agar anak mau makan tanpa harus memaksanya? Tantu saja banyak cara kreatif yang bisa Anda lakukan, Anda bisa membaca artikel sebelumnya tentang 14 Tips Cerdas Jika Anak Susah Makan, disana ada beberapa cara supaya Anda bisa memberi makan si kecil dengan menyenangkan.

Tags: perkembangan anak

Related Post "MEMAKSA ANAK SUSAH MAKAN BAHAYA BAGI PERKEMBANGANNYA"

6 TANDA ANAK HIPERAKTIF & PERBEDAANNYA DENGAN AKTIF BIASA
6 tanda anak hiperaktif & perbedaannya dengan
5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang