9 TIPS BAYI NAIK PESAWAT AGAR MENYENANGKAN

9 Tips Bayi Naik Pesawat Agar Menyenangkan – Sebagian besar pasangan muda yang baru saja mempunyai bayi, naik pesawat merupakan sesuatu yang selalu dihindari. Alasan yang paling utama adalah tidak mau repot dengan berbagai keluhan bayi saat naik pesawat. Tidak sedikit juga orang tua mengalami stres pada saat membawa balita dalam pesawat. Nah, Agar acara perjalanan Anda dengan si kecil menjadi serta menjadi sebuah kegiatan yang terasa menyenangkan. Anda bisa mencoba 9 tips bayi naik pesawat agar menyenangkan berikut ini.

1. Membawa makanan dan minuman untuk bayi
Sebelum Anda berangkat, jangan sampai lupa untuk mempersiapkan makanan dan juga minuman yang kira-kira dibutuhkan oleh bayi selama dalam penerbangan. Simpan semua makanannya di dalam sebuah tas khusus bagi bayi Anda agar mudah untuk diperiksa oleh petugas keamanan di bandara serta mudah Anda ambil selama di dalam kabin.

Pastikan makanan untuk bayi Anda cukup keperluannya untuk selama dalam pesawat, selama sedang transit dan untuk antisipasi jika pesawat mengalami delay. Jika Anda membutuhkan air untuk campuran susu formula si kecil, belilah air mineral setelah Anda melewati bagian pemeriksaan keamanan saat menuju ke ruang boarding, karena air di dalam pesawat kurang baik bagi bayi.

Tips bayi naik pesawat

Image from: theguardian.com

2. Packing barang yang rapi
Apabila semua keperluan bayi Anda telah siap, susunlah semua barang bawaan dengan rapi di dalam tas. Pastikan bahwa semua barang tidak tergeletak atau disimpan sembarangan di dalam tas, namun sudah disusun dengan rapi dan teratur. Simpan barang yang penting paling atas supaya memudahkan Anda nanti untuk mengambilnya.

Akan lebih baik lagi apabila Anda menyimpan setiap barang di dalam kantung masing-masing secara terpisah. Misalnya seperti perlengkapan makan, minum dan perlengkapan pakaian disimpan di sebuah tempat kecil secara terpisah. Setelah itu, masukkan semua perlengkapan di dalam satu tas besar. Anda juga sebaiknya jangan membawa mainan anak terlalu banyak. Barang bawaan yang tersimpan rapi dan teratur ini akan memudahkan Anda bila memerlukannya dan tidak akan repot mencari-cari jika si kecil sangat memerlukannya.

3. Cek hand baggage allowances jauh-jauh hari
Sebelum memesan tiket pesawat, sebaiknya Anda memeriksa hand baggage allowances dan juga bagasi di website maskapai penerbangan yang akan Anda gunakan. Ini untuk mencegah Anda agar tidak harus mengepak ulang di bandara, karena membutuhkan waktu serta membuat kepanikan jika waktu lepas landas sudah mepet.

4. Datang lebih awal
Usahakan untuk datang ke bandara lebih awal dari jadwal penerbangan. Agar Anda bisa santai serta tenang menunggu pesawat. Keterlambatan Anda datang ke bandara atau datang dalam waktu yang mepet dengan jadwal penerbangan akan membuat Anda tergesa-gesa bahkan mungkin akan berlari sambil menyeret banyak koper dan barang bawaan serta menggendong bayi. Hal seperti ini bisa menjadikan Anda dan si kecil stres juga kelelahan.

5. Membawa baju ganti
Jangan pernah melupakan baju, celana ganti serta popok ganti untuk si kecil. Namun, Anda sendiri juga membutuhkan baju ganti, karena dalam pesawat Anda akan menyiapkan makanan, minuman, juga ganti popok si kecil, ini berpotensi membuat pakaian Anda jadi ikut kotor.

6. Membawa mainan bayi
Anda juga bisa membawa beberapa mainan bayi atau balita, sebaiknya yang berukuran kecil saja agar tidak merepotkan Anda nantinya.

7. Bawa popok bayi lebih banyak
Sebagian bayi yang naik pesawat mengalami gangguan pada perutnya, hal ini karena adanya perubahan tekanan udara saat di dalam pesawat. Jadi untuk berjaga-jaga sebaiknya Anda membawa popok bayi lebih dari biasanya.

8. Susui bayi saat terbang dan mendarat
Adanya perubahan tekanan udara yang cukup cepat pada saat lepas landas dan ketika mendarat dapat menimbulkan rasa sakit pada bagian telinga. Hal seperti inilah yang paling sering dialami oleh banyak anak kecil apalagi bayi, dan tentu saja tangisannya tidak dapat dihindari. Apabila bayi Anda terbangun ketika pesawat lepas landas dan saat mendarat, sebaiknya Anda susui dia. Tips ini terbukti dapat membantu menenangkan bayi dan mengurangi rasa sakit pada telinganya.

9. Pesan kursi lebih
Meskipun anak yang masih berusia di bawah 2 tahun ataupun bayi diperbolehkan mendapat duduk satu kursi dengan ibunya, namun sebaiknya Anda memesan satu kursi lebih. Kursi ini bisa anda gunakan untuk menyimpan berbagai barang yang jadi keperluan bayi. Namun bila budget Anda terbatas, cobalah untuk memilih tempat duduk di jendela ataupun di belakang, biasanya disana ada ada bangku kosong yang dapat dimanfaatkan untuk si kecil.

Bukan cuma itu, apabila Anda mempunyai kursi duduk khusus bayi yang biasanya digunakan di dalam mobil, sebaiknya Anda bawa saja ke dalam pesawat. Ini akan menambah kenyamanan Anda ketika naik pesawat terbang bersama bayi, karena nantinya Anda tidak usah repot memangku bayi.

Nah Bunda, Anda bisa mencoba 9 tips bayi naik pesawat agar menyenangkan di atas dan tidak perlu khawatir lagi jika membawa si kecil bepergian dengan pesawat terbang. Yang penting jangan membuatnya panik dan stres agar perjalanan Anda dengan si kecil jadi menyenangkan.

Tags: Merawat Bayi

Related Post "9 TIPS BAYI NAIK PESAWAT AGAR MENYENANGKAN"

MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS & PINTAR
Apa saja makanan ibu menyusui agar bayi
PILIH GENDONGAN BAYI DEPAN ATAU SAMPING? INI PLUS MINUSNYA!
Pilih gendongan bayi depan atau samping? Pertanyaan
5 TIPS MENGASUH BAYI TANPA BABYSITTER
5 tips mengasuh bayi tanpa babysitter ini
ANAK BALITA SERING SAKIT, WAJARKAH?
Anak balita sering sakit, wajarkah? Tidak bisa