TIDUR SIANG MEMBUAT ANAK LEBIH CERDAS

Tidur Siang Membuat Anak Lebih CerdasTidur siang diyakini dapat membantu anak-anak pra-sekolah untuk meningkatan efisiensi dalam kemampuan belajar mereka. Beberapa orang peneliti dari University of Massachusetts Amherst menyebutkan bahwa sedikit yang diketahui tentang nilai tidur siang untuk anak kecil dan sebagian program pada pra-sekolah telah mulai menghapuskan program tidur siang untuk meningkatan waktu belajar anak. Dengan latar belakang seperti itu, para peneliti tersebut merekrut 40 orang anak pra-sekolah dan memberikan tugas pada mereka dengan bentuk visual-spasial. Dalam proses penelitian tersebut, anak-anak diminta untuk melihat kisi-kisi gambar dan diharuskan untuk mengingat di mana posisi gambar yang berbeda berada di dalam kisi-kisi tersebut.
sleeping child
Anak-anak kemudian mempelajari tugas tersebut pada pagi hari, dan melakukan serangkaian tes ingatan segera sesudahnya kemudian dilakukan sekali lagi pada sore harinya, dengan ataupun tanpa tidur siang. Meskipun anak-anak kecil tersebut melakukan kegiatan tersebut pada tingkat yang sama, ternyata mereka yang tidur siang dapat memperlihatkan sebuah hasil yang jauh lebih baik di sore harinya dan juga pada hari berikutnya jika dibandingkan dengan anak-anak yang tidak tidur siang, demikian diungkapkan para peneliti tersebut pada jurnal berjudul Proceedings of the National Academy of Sciences.

Sebagaimana dikutip Xinhua, para peneliti juga mengatakan bahwa ketika anak-anak tidak tidur siang, mereka tidak bisa menemukan manfaat dari tidur siang melalui tidur malam mereka. Untuk dapat meneliti dampak dari tahap tidur dan juga apakah ingatan bisa secara aktif berproses selama tidur siang?Para peneliti tersebut kemudian merekrut lagi sebanyak 14 anak pra-sekolah yang didatangkan ke laboratorium tidur kemudian mereka menjalani polysomnography dan catatan perubahan biofisiologi dalam rata-rata tidur siang mereka selama 73 menit.
sleeping child
Para peneliti tersebut menyatakan adanya hubungan antara kepadatan pada kumparan tidur siang yang secara aktif berkaitan langsung dengan informasi baru yang terpadu dan juga manfaat tidur bagi ingatans elama anak-anak tidur siang.

Rebecca Spencer yang merupakan pemimpin penulis studi itu mengatakan bahwa mereka adalah para peneliti yang pertama melaporkan bukti ilmiah bahwa tidur siang itu penting untuk anak-anak pra-sekolah. Ahli ilmu jiwa penelitian dar universitas tersebut juga menyebutkan bahwa studi mereka telah memperlihatkan bahwa tidur siang sangat membantu anak-anak dalam mengingat secara lebih baik tentang apa yang mereka pelajari. Ini artinya tidur siang membuat anak lebih cerdas.
sleeping child
Para peneliti dalam studi tersebut mendesak para pengelola lembaga pendidikan pra-sekolah agar dapat mengembangkan panduan tidur siang dan agar dilakukan penelitian lebih lanjut tentang cara melindungi dan juga mendorong waktu tidur siang untuk anak kecil agar dapat meningkatkan kemampuan belajar anak-anak, sehingga mereka lebih cerdas nantinya.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bahwa artinya tidur siang membuat anak lebih cerdas. Jadi, jangan biarkan anak Anda melewatkannya!

Tags: mendidik anak

Related Post "TIDUR SIANG MEMBUAT ANAK LEBIH CERDAS"

5 MANFAAT BERMAIN PUZZLE BAGI ANAK & BALITA
Ada 5 manfaat bermain puzzle bagi anak.
5 TANDA PERKEMBANGAN ANAK BAYI YANG TERLAMBAT
Ada beberapa tanda perkembangan anak bayi yang
4 CARA MELATIH BAYI BELAJAR TENGKURAP
Bunda saat ini sedang mencoba cara melatih
CARA MENGETAHUI & MELATIH BAKAT TERPENDAM ANAK
Tahukah Anda bahwa ada cara mengetahui &