TIPS & CARA MENDIDIK ANAK AGAR PANDAI BERSYUKUR

Posted on

Cara mendidik anak kita menjadi anak yang soleh dan beriman itu bisa kita lakukan sejak dini. Dimana anak kita nantinya akan memahami sendiri tentang apa yang kita lakukan itu benar atau salah. Untuk itu, menanamkan sifat yang baik harus kita tanamkan sejak dini sekali. Bahkan jika masih berada di dalam kandungan pun, biasanya sudah diajari beberapa tentang nilai agama melalui sebuah musik yang sering di putar dan di dengarkan sang ibu. Nah, bagi Anda yang sudah menjadi seorang ayah atau seorang ibu, namun masih bingung mendidik sang buah hati tentang makna bersyukur. Berikut ini adalah selengkapnya.

Sebenarnya cara untuk melatih anak kita agar rajin bersyukur dalam segala hal itu bisa kita lakukan dengan beberapa cara dan metode yang pas. Karena jika anak kita pandai bersyukur, maka bukan tidak mungkin hati orang tuanya pun akan merasa damai dan bahagia memiliki anak yang pintar dan pandai untuk bersyukur dalam segala hal dan kondisi apapun. Karena seperti yang kita ketahui bersama, bahwa bersyukur merupakan suatu hal yang sangat sulit di lakukan. Apalagi jika kita dalam keadaan yang tidak baik seperti urusan finansial, dan sebagainya. Nah, cara untuk mendidik anak dalam hal bersyukur adalah sebagai berikut.

Cara Mendidik Anak
Image: www.dmc.tv

Melatih kesabaran

Kesabaran memang perlu di latih pada anak kita, agar anak kita nantinya tidak mudah marah atau emosi ketika sedang menghadapi sesuatu masalah. Kesabaran ini merupakan faktor utama dalam cara mendidik anak agar pandai bersyukur. Karena jika kita menanamkan kesabaran sejak dini, maka anak kita pun akan bisa selalu bersyukur dengan kesabaran yang dimilikinya. Jika seorang anak bisa mengendalikan emosinya dan bisa lebih bersabar, maka anak itu sudah bisa menerapkan rasa bersyukur dalam kehidupannya. Baca juga: Cara Menghadapi Anak Pemarah.

Memberikan contoh yang baik

Ada pepatah lama mengatakan buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Artinya anak adalah cermin orang tuannya. Jadi jika kita ingin mendidik anak kita agar selau bersyukur, maka yang paling utama adalah kita harus introspeksi diri terlebih dahulu sebagai orang tua apakah kita sudah merasa bersyukur setiap hari? Jika belum, maka Anda harus memperbaiki diri Anda terlebih dahulu sebelum Anda menyuruh anak Anda untuk selalu bersyukur. Jika Anda sudah dirasa cukup untuk sebagai seorang contoh tauladan yang baik untuk anak Anda. Maka Anda sudah bisa mendidik anak Anda menjadi seorang anak yang memiliki kepribadian yang bagus. Baca juga: Kesalahan Orangtua Dalam Mendidik Anak.

Mengajarkan nilai-nilai agama

Nilai atau hikmah dalam bersyukur sebenarnya tidak hanya teori semata. Namun, di dalam pandangan agama nilai bersyukur itu sangatlah besar. Sehingga untuk mendidik anak Anda menjadi seorang yang berakhlak baik, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah melakukan pendidikan sesuai dengan akhlaknya dan dengan aturan-aturan agama. Jika anak Anda sudah mengetahui filosofi tentang bersyukur di dalam agama, maka secara otomatis sang buah hati Anda akan mengikuti contoh yang Anda lakukan. Karena bagi seorang anak, ayah atau ibu mereka adalah salah satu panutan yang terbaik bagi mereka. Baca juga: 20 Cara Mendidik Anak Secara Islami.

Nah, jika anak Anda sudah pandai bersyukur di dalam kehidupannya sehari-hari, maka cara mendidik anak agar pandai bersyukur yang Anda lakukan selama ini memang terbukti berhasil. Dan hikmah dari ini semua biasanya bisa kita sadari saat kita sudah bisa mengetahui makna dari rasa bersyukur tersebut. Bersyukur biasanya terdapat pada orang yang lebih sabar di dalam membagi ilmu atau mengatasi masalah yang mereka hadapi. Untuk itulah, sangat pentingnya pendidikan agama, moral, dan keluarga yang kompak yang bisa merubah akhlak sang buah hati kita menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *