PERKEMBANGAN BAYI 6 BULAN DAN STIMULASINYA

Posted on

Mengenai perkembangan bayi 6 bulan, ada beberapa hal yang perlu bunda ketahui mengenai si kecil. Bunda dapat mengamati kalau pada usia ini biasanya si kecil telah bisa melakukan berbagai hal, mulai dengan paham mengenai bentuk-bentuk komunikasi tertentu maupun berbagai kemajuan motoriknya. Mengenai kepahaman si kecil akan suatu bentuk komunikasi tertentu, si kecil sudah bisa diajak bercanda. Bunda atau siapapun sudah dapat melakukan interaksi pada masa perkembangan bayi usia 6 bulan ini.

Perkembangan bayi usia 6 bulan ini biasanya sudah dapat duduk sendiri atau bahkan sudah mulai bergerak dengan cara ngesot dan lain sebagainya. Selain itu secara motorik halus, si kecil mulai bisa memadukan jemari mungilnya sebagai suatu kesatuan dalam tubuhnya yang menyebabkan ia dapat memungut sesuatu benda yang ukurannya lebih kecil dari jarinya sendiri. Karena itulah bunda harus sangat hati-hati dan selalu mengawasi si kecil kalau-kalau ia memungut sesuatu kemudian menelannya. Tidak masalah kalau ia memungut roti misalnya, namun akan berbahaya ketika si kecil memungut sesuatu yang bukan sepastinya untuk dimasukkan kedalam mulutnya.

perkembangan bayi 6 bulan
Image: envisionicare.com

Selain itu, pada perkembangan bayi 6 bulan, masing-masing individu bayi biasanya berbeda dalam segi perkembangannya. Ada bayi yang usia ini syaraf motorik kasarnya telah maju sangat pesat, ada pula yang sangat maju untuk syaraf motorik halusnya. Bunda tidak perlu cemas jika si kecil mengalami hal demikian karena pada dasarnya perkembangan bayi pada usia 6 bulan perlu distimulasi agar si kecil tumbuh dan berkembang dengan baik.

Menstimulasi Tumbuh Kembang Si kecil Pada Masa Perkembangan Bayi 6 Bulan

Untuk menstimulasi tumbuh kembang si kecil, Bunda dapat melakukan berbagai hal seperti berikut ini:

  1. Bunda sudah dapat mencobakan pada si kecil berbagai makanan kasar seperti roti ataupun biskuit. Namun perlu bunda ketahui agar si kecil tidak kesusahan memakan biskuit tersebut, hendaknya biskuit ini adalah yang khusus dibuat untuk bayi.
  2. Bunda dapat melakukan berbagai candaan dengan si kecil dan juga mulai dapat mengajarkan berbagai macam hal untuk menambah komunikasi dan membiasakannya berkomunikasi dan berinteraksi.
  3. Pada masa perkembangan bayi usia 6 bulan ini, si kecil mulai banyak tertarik dengan aktifitas fisik seperti merangkak dan berjalan. Untuk itulah bunda dapat memulai latihan memeganginya agar ia mulai menggerakkan kakinya seperti berjalan. Selain itu, bunda juga dapat memberikan mainan-mainan dengan ukuran yang kecil untuk membiasakan jari-jari mungilnya bekerja sebagai suatu kesatuan dengan tubuhnya.

Meskipun demikian, sekali lagi, masing-masing individu akan berbeda dalam penguasaan syaraf motorik mereka masing-masing. Jadi yang perlu bunda lakukan adalah bersabar dan nikmatilah masa-masa mengajari si kecil hingga ia tumbuh dan berkembang dengan sempurna pada masa perkembangan bayi 6 bulan. Bunda juga tidak perlu memaksakan si kecil untuk dapat melakukan sesuatu hal yang mungkin sudah dikuasai teman satu usianya dan belum dikuasai oleh si kecil.