PERKEMBANGAN BAYI 3 BULAN DAN KEMAMPUANNYA

Posted on

Perkembangan bayi 3 bulan diwarnai dengan caranya untuk mempelajari sesuatu. Hal ini berhubungan dengan pertumbuhan otak yang meningkatkan kecerdasannya sehingga ia mampu mempelajari banyak hal dari berbagai macam kebiasaan yang di lakukannya. Pada masa perkembangan bayi dua bulan, si kecil mulai mempelajari ikatannya dengan orang tua atau dengan orang-orang di sekitarnya. Ia juga mempelajari berbagai macam hal yang berhubungan dengan dirinya, seperti menggunakan kedua tangannya sebagai bagian dari tubuhnya.

Mengenali Hal-Hal Yang Dipelajari Oleh Si Kecil Pada Masa Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Pada usia ini, si kecil akan mengamati wajah ibunya secara detail. Hal ini dikarenakan peningkatan kemampuan fokus matanya dan kepahaman hubungannya dengan ibundanya. Selain itu, pada masa perkembangan bayi usia 3 bulan akan mulai mempelajari cara berguling sampai ia tengkurap. Ia akan berusaha membalikkan badannya pada posisi tengkurap ke terlentang, atau sebaliknya, terlentang ke posisi tengkurap. Selain itu, si kecil juga akan mempelajari bersandar pada sikunya. Yang perlu diperhatikan adalah gerak tubuh bayi yang berlebihan, karena di khawatirkan akan membuat bagian organ tubuhnya mengalami benturan atau bahkan sampai terkilir.

Perkembangan bayi 3 bulan
Image: images.1233.tw

Upaya bunda untuk membantu pengenalan hal baru untuk si kecil. Pada masa perkembangan bayi 3 bulan, selain ia dapat mempelajari beberapa hal secara sendiri, bunda juga dapat mengenalkan berbagai hal baru. Cara yang dapat di tempuh bunda sangat beragam. Bunda dapat mengenalkan lingkungan baru dengan cara membawa si kecil berjalan jalan di lingkungan sekitar, atau juga memberikan berbagai mainan kepada si kecil. Perkembangan bayi usia 3 bulan menjadi titik awal si bayi mengenal berbagai warna yang ia lihat. Sehubungan dengan hal ini bunda dapat memberikan mainan dengan berbagai kombinasi warna.

Perkembangan bayi usia 3 bulan ditandai juga dengan mulai dapat menggenggam dengan kencang sesuatu yang dipegangnya. Misalnya saja ketika tangan bunda memegang tangan si kecil, maka ia akan dengan kuat mencengkeram tangan bunda kuat-kuat. Berkaitan dengan hal itu, bunda dapat memberikan mainan yang pas ukurannya dengan ukuran telapak tangannya. Dengan demikian si kecil akan mulai belajar memainkan mainannya sendiri. Hal ini menjadi tanda-tanda kemandirian bagi si kecil.

Selain itu, pada masa perkembangan bayi 3 bulan, si kecil akan mulai belajar berkomunikasi dengan berinteraksi. Jadi, ketika si kecil melihat seseorang yang tersenyum atau tertawa dihadapannya, ia akan membalas senyuman itu dengan senyuman manisnya. Dengan demikian, si kecil akan mulai memahami berbagai hal yang diajarkan dengan kata-kata. Pada kesempatan ini, tinggal bagaimana ibu memberikan berbagai macam hal yang dapat dihafal si kecil sehingga memori otaknya menyimpan berbagai informasi yang dapat dipelajari.