PERKEMBANGAN BAYI 1 BULAN DAN TIPS MERAWATNYA

Posted on

Perkembangan bayi 1 bulan merupakan awal perkembangan si kecil. Pada usia ini si kecil masih sangat rapuh sehingga Anda sebagai orang tua harus mengetahui perkembangannya dan cara-cara untuk merawat si kecil sebagai anugerah terindah. Si kecil dengan segala macam keluguannya pada usia satu bulan merupakan titik kebahagiaan terindah dan kebanggaan sebagai seorang ibu. Rentan tubuhnya perlu mendapatkan perlakuan yang sangat istimewa sehingga ia dalam keadaan yang nyaman dan merasakan kasih sayang yang sangat dalam.

Perkembangan bayi usia 1 bulan ditandai dengan beberapa ciri fisik dan tingkah laku. Usia satu bulan bayi Anda biasanya si kecil masih amat lemah, bahkan tulang lehernya belum mampu untuk menopang berat kepalanya. Pada kondisi ini harus diperhatikan untuk siapapun yang mencoba mengangkat si kecil untuk menopang kepalanya juga untuk membantu tulang leher si kecil. Selain itu, si bayi mulai mengenali jika tangan dan kakinya merupakan bagian dari tubuhnya sehingga akan ada pergerakan disana. Biasanya bayi usia satu bulan ini sudah dapat mencengkeram benda kecil ataupun jari orang de-wasa dengan kencang. Selain itu, pada saat terjaga, si bayi akan biasa menggerak-gerakkan kakinya. Namun demikian, pergerakan ini akan lebih sedikit dikarenakan waktu untuk tidur pada bayi usia ini lebih banyak daripada waktu dia bangun.

perkembangan bayi 1 bulan
Image: off-at-a-tangent.blogspot.com

Selanjutnya, perkembangan bayi usia 1 bulan juga dapat diamati dari berbagai indera yang dimilikinya. Pada bayi usia 1 bulan memiliki indra penglihatan yang sangat terbatas dalam jarak pandanganya. Biasanya bayi pada usia ini memiliki jarak penglihatan hanya sekitar 25 cm, jadi ia akan melihat dengan jelas wajah ibunya hanya ketika menyusui. Pada saat itu, si kecil biasanya akan terfokus pada wajah ibunya. Sedangkan untuk indra penciuman yang dimiliki bayi, sebenarnya bayi telah memiliki indra yang cukup baik untuk membedakan bau ASI dengan bau yang lainnya sehingga secara reflek ia segera menyusu pada ibunya ketika si ibu mendekatkan pu-ting susu pada buah hatinya. Perkembangan bayi 1 bulan harus diidentifikasi dari segi sekecil apapun agar perkembangannya terpantau dengan baik.

Terkait dengan indra pendengaran, si kecil telah mampu merespon bunyi dengan baik terutama suara ibunya yang memang telah terbiasa didengarkan sejak dalam kandungan. Namun, indra pendengaran si kecil tidak berfungsi sebaik manusia de-wasa normal. Namun demikian, si kecil memiliki kemampuan untuk menyeleksi suara dan dapat menolak suara yang dapat mengganggu tidurnya. Kemampuan ini juga dimiliki agar si bayi tidak mengalami gangguan pada indra pendengaran secara berlebihan sehingga ia tumbuh normal. Pengetahuan orang tua mengenai perkembangan bayi usia 1 bulan haruslah cukup agar anaknya dapat tumbuh besar dengan sebaik-baiknya.

Untuk perkembangan bayi 1 bulan ini, ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan secara detail oleh orang tua seperti dalam menggendong bayi yang dijelaskan diawal. Namun lebih dari itu, ada kejadian-kejadian seperti mata bayi yang terlihat juling ketika fokus menatap sesuatu. Jika terjadi hal seperti ini normal untuk usia satu bulan, namun ketika hal seperti ini terjadi berkepanjangan hingga si kecil berusia dua sampai empat bulan, maka situasi seperti ini harus segera dikonsultasikan dengan dokter. Selain itu, indra perasa bayi yang baru mengenal rasa manis, lama kelamaan akan mengenal rasa asam, asin, pahit dan sebagainya sehingga ketika diperkenalkan rasa-rasa seperti itu namun tidak ada respon dari si kecil, Anda juga perlu melakukan konsultasi dengan dokter. Melaksanakan konsultasi dengan dokter harus selalu dilakukan agar buah hati tumbuh dengan baik.