MANFAAT HEWAN PELIHARAAN BAGI PERKEMBANGAN ANAK

Posted on

Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Perkembangan Anak – Dari dulu sampai sekarang kini, orang tua masih saja berbeda pendapat mengenai perlu atau tidaknya seorang anak tumbuh dengan memiliki hewan peliharaan. Meskipun beberapa jenis hewan peliharaan dapat menyebabkan suatu penyakit tertentu, namun ternyata masih banyak manfaat yang baik dari mempunyai hewan peliharaan.

Beberapa hewan peliharaan rumahan seperti kucing, ikan atau burung dapat mengajarkan seorang anak tentang keahlian hidup. Tidak ketinggalan, hewan peliharaan juga dapat dijadikan teman yang baik untuk anak.

Mempunyai hewan peliharaan dapat mengajarkan anak tentang tanggung jawab. Anak-anak yang hidup dengan hewan peliharaan umumnya akan tumbuh dengan sebuah rasa tanggung jawab dan juga kasih sayang pada orang lain setelah anak tersebut tumbuh besar kelak. Hal ini dikarenakan hewan membutuhkan sebuah kasih sayang dan juga perhatian setiap waktu. Mereka juga bergantung pada manusia untuk bisa makan, dihibur dan juga diajak bermain. Anak yang selalu aktif dalam membesarkan dan merawat hewan peliharaannya biasanya akan tumbuh menjadi sosok yang mempunyai empati lebih serta memiliki rasa kasih sayang yang besar. Dengan belajar untuk bertanggung jawab pada makhluk lain ini nantinya akan membuat anak belajar untuk mengurus diri sendiri.

anak-dan-kucing
Image from www.pet360.com

Orang tua memiliki peran untuk membantu anak dalam mengurus hewan peliharaannya. Caranya adalah dengan pelan-pelan untuk melepaskan tanggung jawab dalam mengurus hewan dari orang tua ke anaknya. Misalnya seperti dengan membantu orang tua untuk memberi makan hewan peliharaan. Pada saat makin besar tanggung jawab tersebut dapat diambil sepenuhnya oleh anak.

Seiring dengan semakin bertambahnya tanggung jawab, si kecil akan tumbuh dengan rasa percaya diri. Jika anak ternyata berhasil membesarkan hewan peliharaannya tersebut, maka anak juga akan merasa berhasil dengan dirinya sendiri. Rasa percaya diri ini semakin bertambah dan anak-anak juga akan membawa kepercayaan diri tersebut bersama mereka.

Sebuah studi yang telah dilakukan selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh bersama dengan hewan peliharaan justru dapat membangun daya tahan tubuhnya dengan lebih kuat seperti dari alergi dan asma. Pada saat terpapar dengan berbagai macam alergi yang mungkin dibawa oleh hewan peliharaan, anak justru akan membentuk sistem imunitas tubuh yang lebih tinggi.

Hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Inclinical And Experimental Allergy menyebutkan bahwa anak laki-laki yang tumbuh bersama dengan hewan peliharaan di dalam rumahnya mempunyai risiko lebih rendah untuk terkena alergi ketika sudah besar.

Manfaat hewan peliharaan bagi perkembangan anak selanjutnya adalah membuat anak-anak menjadi lebih aktif. Anak-anak menjadi lebih prima fisiknya. Secara umum, anggota keluarga akan menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah pada saat mereka memiliki hewan peliharaan. Cahaya matahari dan juga udara segar tentunya sangat baik bagi keluarga.

Hewan peliharaan juga mampu untuk membawa perasaan tenang pada anak. Beberapa anak bahkan merasa lebih rileks saat berada di dekat hewan peliharaannya daripada dengan manusia.

Sebagaimana orang dew-asa, anak-anak juga berpaling pada hewan peliharaannya pada saat mereka merasa sedih, marah ataupun tertekan. Secara ‘ajaib’, hewan peliharaan dapat membawa ketenangan dan menyediakan kasih sayang yang tidak berbatas bagi manusia.

Itulah beberapa manfaat hewan peliharaan bagi perkembangan anak. Pintar-pintar saja memilih hewan peliharaan yang tepat dan tidak berbahaya agar semua manfaatnya dapat dirasakan oleh anak.