MENJAGA KESEHATAN ANAK YANG SUKA PERMEN

Posted on
Menjaga Kesehatan Anak Yang Suka Permen – Anak Anda sangat menyukai permen, kembang gula, lollipop dan lainnya? Jangan anggap enteng kesukaannya tersebut, memang kebanyakan anak sangat menyukai permen dan makanan manis. Bisa dibilang, makanan-makanan manis adalah sahabat terbaik bagi anak-anak, terutama anak kecil. Permen, kue, atau juga penganan manis lainnya pasti menjadi jajanan yang paling laris di kalangan anak-anak dibandingkan makanan dengan rasa yang lainnya.

Tapi Anda sebagai orangtua harus ekstra waspada dengan kebiasaan anak Anda. Jika makanan makanan manis tersebut dikonsumsi secara berlebihan, maka makanan tersebut bisa memberikan ancaman serius bagi kesehatan gigi si buah hati. Kandungan gula pada makanan manisnya bisa mengakibatkan gigi anak membusuk.
anak makan cokelat

Untuk menghindari pembusukan pada gigi anak Anda, ada banyak cara dan tips yang bisa Anda lakukan, salah satunya yang paling mudah dan simple adalah dengan mengonsumsi susu. Bagaimana cara menjaga kesehatan anak yang suka permen?

Baru baru ini sebuah penelitian ilmiah berskala kecil di Chicago, Amerika Serikat menyimpulkan bahwa susu dapat bekerja dengan jauh lebih baik daripada jus dan juga air putih biasa dalam melindungi gigi anak anak dari pembusukan yang diakibatkan oleh asam yang merupakan hasil produksi bakteri dalam kandung dalam gula pada permen ataupun makanan makanan manis yang dikonsumsi oleh anak Anda.

Pada penelitian tersebut, sebanyak 20 volunteer diminta untuk mengkonsumsi makanan berupa sereal manis, hal itu dilakukan sebelum meminum segelas susu, air putih, dan juga jus apel yang telah disediakan.

Para peneliti kemudian mengukur kandungan kadar asam pada masing-masing volunter tersebut. Hasilnya, semakin tinggi kandungan kadar asam dari bakteri ternyata dapat memberikan indikasi bagi kemungkinan besar gigi anak mengalami resiko pembusukan.

Berdasarkan pengamatan para peneliti di Chicago tersebut, kadar asam dapat langsung meningkat cukup tinggi setelah anak anak mengkonsumsi makanan makanan yang manis, namun kandungan kadar asam langsung menurun setelah anak meminum susu, bukan jus atau air putih.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Hal itu indikasinya dikarenakan susu mempunyai properti yang sifatnya protektif. Penelitian ilmiah di Chicago tersebut dapat menunjukkan dan membuktikan bahwa susu bisa menetralkan kadar asam pada gigi anak Anda. 

anak makan permen
‘Mengkonsumsi produk susu, baik itu secara bersamaan atau sesudah anak anak mengkonsumsi makanan makanan manis atau makanan yang memilki kandungan kadar gula yang cukup tinggi kemungkinan akan lebih efektif dalam melindungi gigi anak’. Demikian statement yang dikemukakan para peneliti di Chicago seperti yang disebutkan dalam website MedicalDaily.com.

Dengan demikian, karena susu memiliki fungsi untuk menghentikan bakteri untuk memproduksi memproduksi asam, maka susu juga dinilai bisa melindungi gigi anak dari pembusukan.

Nah, tidak sulit kan menjaga kesehatan anak yang suka permen, meskipun itu hanya bersifat mengurangi saja. Setidaknya bisa menurunkan kekhawatiran orang tua tentang kesehatan gigi anaknya.