MENGATASI SEMBELIT & DIARE PADA BAYI DENGAN PISANG

Posted on

Mengatasi sembelit & diare pada bayi dengan pisang merupakan salah satu cara mudah yang bisa dilakukan orang tua. Mengasuh bayi bisa dikatakan susah-susah gampang ya Bun? Memang sangat menyenangkan menyaksikan kelucuan juga gerakan serta ekspresi yang selalu menggemaskan dari bayi, namun pada saat sudah muncul sebuah masalah kesehatan pada bayi seketika kebahagiaan tersebut hilang.

Untuk menangani bayi yang terkena masalah kesehatan tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Organ tubuh si kecil masih lunak dan juga rentan sehingga Bunda harus ekstra hati-hati pada saat memberikan pertolongan kesehatan untuk bayi.

Salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh si kecil adalah masalah konstipasi pada bayi alias sembelit atau sulit untuk buang air besar. Masalah yang satu ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah seperti susu formula yang dikonsumsi bayi Anda terlalu kental. Nah, untuk dapat menangani masalah ini, Bunda sebaiknya melakukan pertolongan kesehatan untuk si kecil dengan memakai bahan bahan yang alami.

Mengatasi sembelit & diare pada bayi dengan pisang
Image: livehealthy-team.com

Salah satu dari bahan alami tersebut adalah buah pisang, ini merupakan buah tropis yang paling bermanfaat untuk dapat mengatasi masalah konstipasi pada bayi, mengatasi diare ataupun masalah pencernaan lainnya. Buah pisang juga mudah didapatkan dan harganya juga sangat terjangkau.

Dilihat dari segi manfaatnya untuk kesehatan, buah pisang terbukti bermanfaat untuk dapat membantu pencernaan bayi. Buah tersebut boleh diberikan pada bayi Anda setidaknya saat bayi sudah berusia 6 bulan atau pada saat ia sudah siap untuk mengkonsumsi makanannya yang semi-padat.  Baca juga: Cara Mudah Menjaga Kesehatan Bayi.

Bunda bisa memberikannya pada bayi dengan cara terlebih dulu melumatkannya apabila sang bayi masih belum tumbuh gigi atau juga belum bisa mengunyah makanan. Tekstur buah pisang yang lembut dan juga berair mampu membantu bayi Anda mengunyah & mencerna. Disamping itu, kandungan serat yang terdapat pada pisang juga sangat bermanfaat untuk dapat melancarkan proses pencernaan usus bayi. Bukan cuma itu, buah pisang juga terbukti kaya dengan akan kandungan kalsium, potassium, & magnesium. Potassium ini sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan juga perkembangan otot-otot bayi serta kestabilan jantung bayi, magnesium juga bisa membantu perkembangan & pertumbuhan tulang bayi.

Namun ada beberapa hal urgent yang harus para orangtua perhatikan di dalam mengatasi sembelit & diare pada bayi dengan pisang ini. Buah pisang yang boleh diberikan kepada si kecil haruslah buah yang telah matang. Jangan pernah coba sekalipun memberikan buah pisang mentah atau yang masih setengah matang pada bayi karena tekstur buahnya masih sedikit kasar sehingga akan sulit dicerna oleh pencernaan bayi. Pastikan juga pisang yang Bunda berikan adalah yang berwarna kuning matang dan memiliki tekstur yang sangat empuk.

Selain itu, Bunda juga sebaiknya jangan memberikan buah pisang ini pada bayi selama sedang musim dingin atau saat musim hujan karena justru hal tersebut akan menyebabkan batuk & demam. Sebaliknya, buah pisang sebaiknya diberikan pada bayi saat musim panas karena memiliki kandungan nutrisi yang mampu menstabilkan temperatur yang diserap oleh tubuh saat hari yang sedang panas. Baca juga: Cara Alami Atasi batuk Pilek Pada Bayi.

Nah, cukup mudah bukan mengatasi sembelit & diare pada bayi dengan pisang ini? Pisang sangat bermanfaat untuk dalam mengatasi gangguan pencernaan si buah hati, khususnya dalam masalah konstipasi ataupun diare. Tapi, Anda juga harus cermat ya pada saat memilih buah pisang untuk bayi dan tahu waktu yang tepat dalam memberikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *