7 CARA MENGAJARKAN ANAK AGAR BERSIKAP HORMAT

Posted on
7 Cara Mengajarkan Anak Agar Bersikap HormatAda perbedaan antara ketaatan dan hormat. Sangat mudah membuat anak-anak untuk taat, tetapi mereka mungkin melakukannya tanpa rasa hormat. Namun, jika Anda dapat mengajarkan anak Anda untuk menghormati Anda, dirinya dan orang lain, maka didiklah mereka dengan cara yang jauh lebih sederhana. Ketika seorang anak menghormati orangtua maka mereka akan mematuhi karena cinta bukan kewajiban. Berikut ini adalah 7 cara mengajarkan anak agar bersikap hormat dengan penuh cinta.

1. Ajarkan Menghormati Dengan Cara Menunjukkan Sikap Hormat
Anda perlu untuk memberikan contoh bersikap hormat untuk anak Anda. Anak Anda perlu melihat Anda bersikap jujur ​​dan hormat kepada orang lain. Jika mengajarkan mereka untuk menghormati Anda dan Anda sendiri tidak menghormati orang lain, maka membuat sulit bagi seorang anak untuk mengikuti apa yang Anda ajarkan. Ini termasuk cara Anda berbicara tentang pasangan Anda dan rekan kerja. Di depan bos Anda, Anda dapat menampilkan rasa hormat, tapi ingat bahwa anak-anak Anda mendengar bagaimana Anda berbicara tentang dia di rumah. Hal ini memungkinkan untuk membuat anak-anak menghormati Anda, tetapi bisa jadi mereka sama-sama tidak jujur ​​dan mereka tidak menghormati Anda di depan teman-teman mereka? Mereka belajar dari sikap Anda.
anak baik sopan

Jadilah contoh untuk bersikap hormat termasuk memuji anak Anda dan mempercayai mereka. Bersikaplah yang adil untuk semua anak-anak Anda. Tentu saja perbedaan usia diantara anak-anak membuat Anda bisa memberikan tanggung jawab lebih untuk satu anak dibanding anak yang lain, tetapi lakukanlah yang terbaik untuk memberikan yang lebih muda tanggung jawab yang sama yang Anda seperti yang Anda berikan pada yang lebih tua diantara mereka. Anak-anak Anda akan ingat, bahkan jika Anda tidak.

Tepatilah janji kepada anak-anak Anda dan perhatikan ketika mereka berbicara. Setiap perbuatan seperti ini akan membantu anak-anak Anda belajar menghormati dengan cara Anda memperlakukan mereka. Tunjukkan rasa hormat jika Anda di depan orang yang harus dihormati dan jika dihadapan orang yang bersikap tidak layak untuk dihormati, tunjukkan itu apa adanya. Ini mengajarkan anak Anda bahwa orang lain dapat melihat ketika mereka hormat dan tidak.

2. Ajarkan Anak Untuk Menghormati Dirinya Sendiri
Dengan memberikan tanggung jawab pada anak Anda dan mengajarkan kemandirian, berarti Anda memberinya kesempatan untuk menunjukkan kekuatan mereka sendiri. Percayalah bahwa anak Anda dapat melakukan tugas yang telah Anda berikan kepadanya. Bantu dia agar berhasil dalam tugas yang Anda berikan kepadanya. Setiap kesuksesan akan membantu dia mendapatkan rasa harga dirinya.

Bantu anak Anda menetapkan dan mencapai tujuan pribadinya. Jangan terlalu menggurui anak Anda, tapi jangan juga memberinya tujuan yang tidak realistis. 

anak sopan baik
3. Aturan Bisa Guru
Buat aturan untuk diri sendiri dan anak Anda. Ini tidak harus menjadi sesuatu yang formal, tapi biarkan anak Anda tahu bahwa Anda melakukan hal-hal tertentu untuk alasan tertentu. Ketika dia melihat Anda menghormati aturan yang Anda buat sendiri, itu akan membantu dia belajar disiplin diri dan bersikap hormat.

Contoh dari hal ini adalah bahwa ada seorang teman yang hanya akan memakai baju koko putih ketika dia berangkat ke Masjid. Tidak ada aturan mutlak harus seperti ini di dalam Masjid. Tapi sebagai wilayah pribadi disiplin diri, ia telah memilih untuk melakukan hal ini. Teman yang satu ini adalah orang yang telah mengangkat masing-masing anaknya sekarang menjadi orang-orang yang sangat sukses di bidang mereka dan ciri keberhasilan mereka untuk menghormati diri mereka sendiri dipelajari dari orang tua mereka.

4. Ajarkan Kejujuran
Sulit untuk menghormati seorang pembohong. Bila Anda sudah terlanjur pernah ketahuan berbohong oleh anak. Pastikan anak tahu bahwa Anda benar-benar menyesal dan berusaha keras untuk tidak kembali melakukannya di samping mengemukakan alasan yang logis jika Anda melakukannya karena sangat terpaksa.

5. Tampilkan Cinta dan Penerimaan
Anak Anda tidak akan selalu melakukan apa yang benar dan baik. Anda tidak harus menerima kesalahan atau dosa yang mereka perbuat, tapi biarkan mereka tahu bahwa Anda menerima mereka sebagai individu. Apakah Anda berbicara tidak hormat tentang orang lain saat Anda melihat mereka melakukan kesalahan? Anda tentu harus menunjukkan kesalahannya jika orang lain tersebut memang salah, tapi masih dengan menghormati orang tersebut dalam prosesnya.

Anak-anak Anda perlu tahu bahwa tindakan mereka memiliki konsekuensi. Ini mungkin termasuk hukuman oleh Anda sebagai orangtua. Ketika Anda menghukum tindakan yang mereka yang salah, Anda perlu juga membiarkan mereka tahu bahwa Anda tetap mencintai mereka. Katakan kepada mereka secara khusus bahwa Anda mencintai mereka. Mereka mungkin tidak merespon dengan penuh kasih sayang selama mendapat hukuman, tetapi mereka akan tahu apakah Anda menghukum mereka karena cinta atau marah. Disiplinkan mereka tapi dengan cinta.

6. Mengharapkan Sikap Hormat
Jangan mentolerir anak-anak Anda bersikap tidak hormat satu sama lain atau pada anak-anak lain yang ada di sekitar mereka. Anak-anak Anda harus belajar untuk menghormati saudara mereka, anggota keluarga dan teman-teman sekolah. 
karate anak hormat
7. Pujian Untuk Sikap Hormat
Biarkan anak-anak Anda tahu ketika mereka telah melakukan sesuatu dengan baik. Biarkan mereka tahu itu membuat Anda bahagia dan bangga sebagai orangtua. Beberapa kata yang paling sulit dengar seorang seorang anak adalah bahwa dia telah mengecewakan orang tuanya ketika dia melakukan kesalahan. Kata-kata semacam itu sangat membekas dalam hidup seorang anak melebihi tindakan disiplin secara fisik yang mungkin dia pernah alami dalam hidupnya. Orang tua yang secara teratur selalu mengatakan kepada anak bahwa anaknya membuat mereka bangga dengan perbuatan baiknya, membuat anak termotivasi dan akan menjadi orang tua yang baik kelak. Berikan pujian pada anak Anda ketika mereka melakukan hal yang baik dan benar.

Saya harap 7 cara mengajar anak-anak agar bersikap hormat ini akan membantu Anda dan keluarga pada saat anak-anak Anda sedang tumbuh dan berkembang. Mengajarkan sikap hormat akan membantu anak-anak Anda sepanjang hidup dan masa depan mereka. Bukan hanya untuk sementara waktu ketika mereka berada di rumah dan tinggal bersama Anda saja. Untuk melengkapi tulisan ini, silahkan membaca 12 Cara Mendidik Anak Bersikap Sopan SantunHappy Parenting! ^_^