KENAPA RAMBUT BAYI SELALU BOTAK ATAU RONTOK?

Posted on

Kenapa rambut bayi selalu botak atau rontok? Memasuki usianya yang ke tiga bulan, bayi biasanya akan kehilangan rambut yang dapat membuatnya jadi gundul. Alasan kenapa rambut bayi mengalami rontok ini ternyata cukup bervariasi, namun yang paling sering adalah dikarenakan perubahan hormonal. Di bawah ini ada macam beberapa alasan bayi Anda bisa kehilangan rambutnya, seperti dikutip oleh liputan6.

Perubahan hormonal

Selama bayi masih berada di rahim Anda, ia akan selalu mendapatkan cukup banyak hormon kehamilan. Setelah si kecil lahir, dan tali pusatnya dipotong, tingkat hormonal pada buah hati Anda akan mengalami perubahan. Inilah yang membuat rambut bayi Anda mengalami kerontokan. Inilah penyebab kenapa rambut bayi selalu botak atau rontok setelah mereka lahir.

Kenapa rambut bayi selalu botak atau rontok
Image: memorygate.photography

Rambut bayi mengalami istirahat

Rambut bayi Anda mungkin saja sedang di dalam fase istirahat. Ini artinya rambut bayi Anda akan jatuh dan kemudian tumbuh kembali lagi. Sebagai orang yang sudah de-wasa, mungkin Anda tidak melihat bahwa rambut bisa mengalami masa istirahat. Namun, pada bayi, istirahatnya rambut akan tampak dengan sangat jelas.

Posisi tidur bayi

Rambut bayi Anda mungkin juga jatuh disebabkan oleh posisi tidurnya yang sering menyamping. Kulit kepala bayi yang lembut akan mengalami gesekan dengan bantal & kasur. Dan hal tersebut terjadi cukup sering. Itulah yang membuat rambut bayi Anda mudah rontok. Baca juga: 6 Tips Perawatan Rambut Bayi Sejak Lahir.

Kelenjar minyak bayi

Kelenjar minyak pada kulit kepala bayi jadi hipersensitif akibat adanya paparan hormonal sewaktu di dalam rahim. Biasanya, bayi Anda akan mengalami suatu kondisi yang dinamakan dengan cradel cap.

Jika usia 1 tahun tak berambut

Jika bayi Anda masih saja kehilangan rambut setelah dia berusia satu tahun, maka Anda perlu merasa khawatir. Karena siklus pertumbuhan rambut bayi yang normal seharusnya telah selesai pada saat ia berulangtahun pada usia tahun pertama kelahirannya. Baca juga: 3 Manfaat Mencukur Rambut Bayi Yang Baru Lahir.

Itulah penyebab kenapa rambut bayi selalu botak atau rontok setelah mereka lahir. Jika setelah satu tahun ternyata hal tersebut masih dialami bayi Anda, kemungkinan dia kekurangan zat besi atau mengalami malnutrisi. Jika ini terjadi, segeralah bawa buah hati Anda ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *