KENAPA ANAK KECIL SUKA MAKANAN MANIS?

Posted on

Kenapa anak kecil suka makanan manis? Rasa manis adalah sal satu rasa yang bisa dengan mudah Kita temui di dalam sebuah dessert ataupun makanan lainnya. Setiap orang pasti setuju bahwa mengonsumsi makanan dengan rasa yang manis dapat membuat mood seseorang jadi naik, sehingga rasa manis ini mempunyai cukup banyak penggemar. Termasuk juga dengan anak-anak & balita. Bahkan anak kecil bisa dibilang sebagai salah satu penggemar berat dari rasa manis tersebut.

Namun karena saking senangnya dengan makanan dengan rasa manis, bisa dikatakan konsumsi anak kecil akan jajanan atau makanan manis sangatlah tinggi. Lantas, apa sebenarnya yang menjadi faktor utama yang membuat banyak anak kecil senang dengan rasa manis?

Kenapa anak kecil suka makanan manis? Menurut sebuah penelitian terbaru, beberapa anak kecil yang menyukai rasa manis sebenarnya ‘membutuhkan’ lebih banyak gula untuk dapat merasakan rasa gula yang sebenarnya. Hal tersebut disebabkan karena kadar dari sensitivitas gula kebanyakan anak-anak lebih rendah jika dibandingkan dengan anak anak yang lain.

Kenapa anak kecil suka makanan manis
Image: www.local.com

Penelitian tersebut memakai sampel 20 orang anak yang diminta untuk dapat merasakan rasa manis dari suatu makanan. Mereka yang lebih sensitif akan gula memilih untuk dapat mengonsumsi makanan yang mempunyai rasa tidak terlalu manis. Tapi bagi mereka yang kurang atau tidak sensitif dengan rasa manis, maka mereka akan memilih makanan yang mempunyai kandungan gula yang sangat tinggi.

Penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa yang terjadi sebenarnya adalah konsumsi gula berkaitan erat dengan sensitivitas reseptor di dalam merasakan rasa manis itu sendiri. Sehingga apabila buah hati Anda sangat suka dengan makan berbagai makanan manis, itu artinya mereka termasuk yang lidahnya tidak terlalu sensitif dengan rasa manis dalam makanan yang ada. Baca juga: Ternyata Ada Kaitan Antara Makanan Manis Dengan Perkembangan Otak Anak.

Penelitian tersebut juga menjelaskan bahwa orang orang  yang di dalam tubuhnya cukup tinggi akan kandungan lemak, maka akan semakin tidak sensitif pula dengan rasa manis tersebut. Nah, sekarang sudah terungkap kenapa anak kecil suka makanan manis, karena lidah sebagian besar anak memang masih kurang sensitif dengan rasa manis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *