KENAPA ANAK BAYI JANGAN TIDUR DENGAN ORANG TUA?

Posted on

Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang tua? Tidur seranjang dengan anak bagi banyak orang tua mungkin merupakan hal yang biasa. Tapi hasil dari sebuah studi ilmiah terbaru ini bisa membuat banyak ibu menjadi berpikir ulang. Penelitian tersebut berkesimpulan bahwa kebiasaan tidur seperti itu dapat membuat anak jadi rentan mengalami kecemasan & depresi.

Dilansir dari lama Cosmopolitan.com, studi tersebut telah diterbitkan oleh Journal of Affective Disorders. Dengan cara melakukan penelitian para 3.583 orang anak di Brazil, mereka meneliti apakah dalam kebiasaan berbagi tempat tidur anak dengan ibu membuat mereka dapat mengalami kelainan.

Para peneliti kemudian membagi mereka menjadi 4 grup, yaitu anak-anak yang tidak tidur bersama dengan ibu, anak yang tidurnya bersama ibu saat mereka masih sangat kecil, anak yang tidurnya bersama ibu di saat sudah tumbuh besar & anak yang selalu tidur bersama dengan ibunya.

Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang tua?
Kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang tua? (Image: todaysparent.com)

Peneliti kemudian mengevaluasi anak-anak ini di dalam rentang umur antara 3 bulan hingga mereka berumur 6 tahun. Setelah itu, hasilnya penelitiannya dianalisa oleh para psikiater anak, apakah anak-anaktersebut memiliki gangguan secara internal (seperti merasa mudah cemas & depresi) atau memiliki gangguan eksternal (seperti misalnya gangguan perilaku). Setelah dilihat ternyata hasilnya, anak yang biasa berbagi tempat tidur dengan ibunya mempunyai masalah kesehatan mental yang lebih tinggi dibandingkan anak yang selalu tidur sendiri. Secara ringkas bisa dikatakan bahwa anak yang sedari kecil & yang secara konstan selalu tidur bersama dengan ibunya dapat berakibat mengalami gangguan secara  internal di umur 6 tahun.

Namun, studi tersebut memiliki kelemahan. Penelitian ini bekerja di dalam jumlah yang kecil jika dibandingkan dengan keseluruhan jumlah bayi yang terdapat di seluruh dunia. Selain itu, peneltian tersebut memiliki keterbatasan, misalnya seperti apa alasan seorang ibu menempatkan bayinya untuk tidur bersama.

Beberapa ibu memang memilih untuk tidur bersama dengan anaknya, namun ada juga seorang ibu yang tidur bersama dengan anak karena tidak mempunyai ruang rumah yang lebih besar untuk tidur secara terpisah. Bukan hanya itu, keluarga yang situasi ekonominya rendah juga bisa menimbulkan sifat cemas & depresi pada seorang anak. Oleh karena itu, berbagi tempat tidur ini bukan satu-satunya penyebab dari masalah emosional anak.

Kapan Anak Bayi Harus Tidur Sendiri?

The American Academy of Pediatrics memberi saran pada para orangtua berbagi kamar dengan bayinya cukup hingga mereka berusia 1 tahun. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi anak mereka dari sindroma kematian bayi mendadak.

Kenapa Harus 1 Tahun?

Para ahli sangat menyarankan supaya bayi tidur satu ranjang bersama dengan orang tuanya atau setidaknya dalam satu kamar dengan orang tuanya hingga ia berusia 1 tahun. Dikutip dari web dailymail.co.uk, para peneliti di American Academy of Pediatrics menjelaskan bahwa bayi setidaknya boleh tidur bersama dengan orang tua hingga bayi berusia 1 tahun. Hal tersebut karena bayi yang senantiasa bersama dengan orang tuanya saat siang ataupun malam akan membuatnya tumbuh dan & berkembang menjadi anak yang jauh lebih percaya diri. Bayi juga akan merasakan bahwa dirinya sangat aman serta terlindungi karena orang tuanya selalu berada di sampingnya. Atas anggapan tersebut, bayi ini bisa tumbuh secara baik dan bahagia. Ia juga akan berkembang dengan mengesankan, baik itu secara fisik maupun psikis.

Dr. Lori Feldman-Winter, ahli dari Cooper Medical School Rowan University at Camden – New Jersey menjelaskan bahwa anak yang selalu dijaga dengan baik waktu siang maupun malam oleh orang tuanya & tidur bersama akan mengurangi risiko terkena ADHD hingga 50 %.

Disamping itu, dengan tidur bersama dengan bayi hingga berusia 1 tahun akan memungkinkan bayi mendapatkan asupan ASI yang cukup. Dengan adanya asupan ASI cukup, ini menjadikan ia akan tumbuh lebih baik, tumbuh lebih sehat & lebih mengesankan dari sisi fisik & psikisnya. Baca juga: 5 Alasan Si Kecil Harus Tidur Terpisah Dari Bunda.

Itulah alasan kenapa anak bayi jangan tidur dengan orang tua setelah usianya lebih dari satu tahun & penjelasan mengenai pentingnya bayi tidur bersama Anda hingga berusia satu tahun. Jadi Bunda, usahakan hal ini ya untuk kebaikan tumbuh kembang si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *