DAMPAK NEGATIF DAN POSITIF FACEBOOK BAGI ANAK

Posted on
Dampak Negatif Dan Fositif Facebook Bagi Anak – Bukan suatu hal yang tabu jika saat ini  anak-anak kita dikelilingi oleh teknologi seperti iPad, video game, dan juga gadget gadget lain yang bisa membuat mereka terkoneksi dengan jaringan dunia maya. Jika Anda sebagai orang tua membatasi penggunaan gadget pada anakatau tidak mengabulkan permintaannya untuk membeli gadget, mungkin Anda akan mendengar rengekannya: Tapi teman sekolahku punya satu atau Kalau mamanya temanku boleh pake itu’.

Masalah kemudian muncul lagi dengan hadirnya jejaring sosial seperti Facebook. Persoalan bertambah terkait dengan etis atau tidaknya anak-anak memiliki akun di Facebook, dan ini menjadi suatu dilema yang harus segera Anda pecahkan sebagai orang tua

anak main facebook

Namun, argumen tentang kepemilikan akun Facebook juga jauh lebih sulit.Karena pada kenyataannya Facebook juga mempunyai kelebihan sekaligus kekurangan yang harus dipertimbangkan ketika Anda sebagai orang tua hendak memberi izin ataupun melarang anak Anda membuat akun di facebook. Berikut ini contoh dampak negatif facebook dan dampak positif facebook bagi anak:

Dampak Positif Facebook Bagi Anak

1. Meningkatkan keterampilan sosial anak
Facebook dapat memungkinkan anak untuk dapat menjalin pertemanan dengan banyak orang diluar sana. Saat facebook digunakan dengan cara yang baik dan benar, maka seperti umumnya media sosial, hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak Anda dan juga dapat membantu mereka untuk mengurangi rasa kesepian, perasaan terisolasi, dan juga tidak mempunyai teman.

2. Media penyataan diri anak
Profil pada Facebook mampu memberikan anak sebuah ‘halaman rumahpada web, di mana mereka sebagai anak dapat mengekspresikan diri mereka dan berbicara tentang minatnya serta kepentingan mereka. Anak-anak juga bisa bergabung dengan berbagai komunitas-komunitas tertentu, dan mereka juga bisa mencari tahu lebih banyak tentang bidang-bidang yang bisa membuat mereka tertarik seperti bidang lingkungan, hewan, seni, ataupun bidang musik.

3. Meningkatkan kompetensi digital anak
Mengelola halaman Facebook dapat mengajarkan anak Anda bagaimana cara menulis komentar dan juga cara mengunggah foto, atau bagaimana cara untuk menavigasi web. Anak akan mampu menguasai keterampilan pada media sosial yang nantinya akan jadi semakin penting saat usia anak semakin bertambah. 

anak di facebook
4.  Membantu menyelesaikan PR anak
Sebagian besar anak-anak menggunakan media jejaring sosial seperti facebook untuk membahas pekerjaan sekolah mereka. Diskusi bersama teman temannya tentang tugas sekolah adalah salah satu alasan terbaik untuk mengizinkan anak-anak mengakses ke jejaring sosial seperti facebook.

Dampak Negatif Facebook Bagi Anak

1. Membuat anak-anak menjadi kasar
Jejaring sosial seperti facebook memberikan kebebasan atau ruang pada anak anak untuk dapat mengekspresikan diri mereka dengan berkomentar. Namun komentar yang diberikan bisa saja menyinggung perasaan orang lain.

Kalaupun anak tidak melakukannya, ia mungkin bisa menjadi terbiasa dengan berbagai ejekan, olok-olok dari sesama pengguna Facebook yang lain, web bulIy!ng, dan semacamnya. Bisa saja anak Anda mengganggap hal tersebut merupakan sesuatu yang lumrah, lalu anak melontarkannya kepada Anda saat mereka tidak sepakat dengan pemikiran atau pendapat Anda. Akibatnya, akan terjadi pergeseran nilai yang berhubungan dengan sopan santun yang Anda tanamkan pada anak selama ini.

2. Facebook merupakan pintu gerbang dunia maya
Tidak mungkin Anda sebagai orang tua mampu mengisolasi akun Facebook dari semua jaringan internet yang lain. Jika Anda sebagai orang tua berpikir bahwa anak masih terlalu muda untuk menjelajahi internet atau mereka tidak dapat dipercaya untuk tetap dapat mengakses Facebook, maka memperkenalkannya pada Facebook dan memperkenalkannya membuat akun sendiri merupakan ide yang cukup buruk. 
anak eksis di facebook
3. Mewaspadai terhadap teman dari teman Facebook
Sering kali bukan teman dari anak Anda yang bisa memberi pengaruh negatif, melainkan teman-teman dari teman Facebooknya. Ketika anak menerima sebuah permintaan pertemanan (friend’s request), pastikan Anda sebagai orang tua memeriksa akun facebook mereka dan juga daftar teman mereka (Jika Anda sebagai orang tua berteman dengan anak Anda sendiri di facebook, Anda juga harus berhati-hati dengan halaman Anda sendiri). Beri anak Anda contoh yang baik dalam cara menggunakan jejaring sosial semisal facebook. Ingat, bahwa anak akan cepat belajar dengan mencontoh orangtuanya.

Nah, dari beberapa dampak negatif facebook dan dampak positif facebook bagi anak di atas, apakah Anda masih mengizinkan anak untuk mempunyai akun facebook?. Apa pun keputusan Anda sebagai orang tua tentang Facebook anak, cobalah untuk membuat suatu keputusan dan juga kesepakatan bersama anak sebelum membuat akun Facebook. Anda juga pasti tidak ingin jika anak Anda pergi ke rumah temannya dan membuat akun facebooknya sendiri bukan?