CARA MENDIDIK ANAK AGAR CINTA MEMBACA

Posted on
Cara Mendidik Anak Agar Cinta Membaca – Setelah membahas cara mendidik anak agar pintar dan cerdas dalam tulisan sebelumnya, kali ini kita akan membahas bagaimana caranya agar anak cinta buku dan agar anak senang membaca?. Karena membaca merupakan gerbang menuju berbagai macam ilmu, ini merupakan salah satu syarat mutlak untuk menjadikan anak menjadi pemikir yang cerdas.

Ada pepatah mengatakan bahwa buku itu adalah jendela dunia, jika si buah hati sudah mencintai buku dan menjadikan membaca sebagai salah satu aktivitas favoritnya, maka di zaman modern dan abad internet sekarang ini akan semakin mudah bagi mereka untuk menimba banyak ilmu dan pengetahuan karena berbagai macam pengetahuan sudah banyak tersedia di internet, tinggal orang tua saja yang membimbing, memfasilitasi dan mengarahkan anak

Anak belajar membaca

Bagaimana membuat buah hati kita cinta buku?Menurut pakar pendidikan anak setidaknya ada lima tahap atau lima langkah yang dapat dilakukan orang tua dalam cara mendidik anak agar cinta membaca dan menyenangi kegiatan membaca, ini dia tahapannya:

Tahap fantasi
Pada tahapan ini, si anak diberikan berbagai buku cerita yang menjadi kesukaannya. Bisa tentang tokoh atau cerita kartun, cerita rakyat atau apa saja. Pada tahap pertama ini, orang tua yang harus membaca buku bagi anaknya, bukan si anak. Fungsi anak pada tahap ini hanya mendengarkan cerita yang dibacakan orang tuanya. Biarkanlah anak Anda berfantasi dan berimajinasi tentang cerita yang dibacakan oleh orang tuanya.
Anak belajar membaca

Tahap pembentukan konsep diri
Pada tahap kedua ini banyak tipe anak yang punya karakter yang berbeda-beda.Dalam proses membaca sebuah buku, ada anak yang sering berpura-pura ataupun terkesan serius dalam membaca buku, padahal dia sebenarnya tidak mengerti apa isi buku yang dibacanya itu, ada juga anak hanya membolak-balikan bukunya kemudian membuangnya. Nah, dalam tahap kedua ini orang tua harus mengerti dengan tingkah laku anaknya. Biarkanlah anak Anda menentukan sendiri apa yang mesti mereka lakukan terhadap buku-buku yang dibacanya.

Tahap membaca gambar
Pada tahap ketiga ini, mulailah mengajarkan anak Anda berbagai huruf alfabet. Pola pengajarannya yaitudengan melambangkan huruf-huruf alfabet tersebut dengan hal-hal yang disukai oleh anak Anda. Tentu Anda lebih tahu apa yang menjadi favorit anak Anda. Misalnyasaja mengidentikkan huruf M pada alphabet dengan mawar, atau misalnya mengidentikkan huruf D dengan Doraemon dan lain-lain.

Tahap pengenalan bacaan
Pada tahap ini mulailah mengajarkan anak cara-cara untuk menyambung huruf. Pada tahap ini juga orang tua harus bisa mensimulasikan bacaan-bacaan tertentu kepada anak.

Tahap membaca yang sesungguhnya
Dalam tahap terakhir ini anak sudah dapat diajarkan untuk mengeja, dan diperkenalkan dengan tanda-tanda baca serta makna ataupun arti tanda baca tersebut.

Anak belajar membaca

Untuk mendeteksi kelima tahapan dari cara mendidik anak agar cinta membaca tersebut, tentu orang tua harus dengan jeli dalam mengamati dan mengeksplorasi kemampuan anaknya. Sambil anak belajar membaca, orang tua juga dapat mengembangkan setiap potensi yang dimiliki anak.