CARA BELAJAR MENULIS PADA ANAK USIA PRASEKOLAH

Posted on
Cara Belajar Menulis Pada Anak Usia Prasekolah – Pada umumnya anak yang berusia 3 tahun sudah bisa memegang pensil meskipun belum dengan sempurna. Pada usia ini anak juga cukup gemar untuk mencoret-coret pensil atau pena pada kertas apapun yang ada di dekatnya, kadang pada selembar kertas, buku atau koran bekas layaknya sedang menulis sungguhan. Ini karena anak suka meniru cara menulis dari orang-orang dew,asa yang berada di sekitarnya, baik orang tua ataupun kakaknya. Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan anak dalam memegang pena juga akan lebih baik dan mantap, sehingga anak akan mampu menulis atau juga menggambar dengan lebih baik. Keinginan si kecil usia prasekolah untuk dapat menulis, menggambar ataupun sekadar untuk menggoreskan pensilnya pada selembar kertas merupakan salah satu bagian penting dari perkembangan motorik halus pada anak berusia 3 hingga 5 tahun.
Cara mengajarkan anak menulis
Sejauh mana perkembangan kemampuan menulis pada anak yang diharapkan orang tua dapat dicapai pada usia prasekolah? Sebaiknya kita sebagai orang tua tidak terlalu menuntut anak usia pra sekolah dapat langsung menulis abjad. Yang dimaksud dengan kemampuan menulis pada anak di  usia ini merupakan tahapan dasar, seperti mampu memegang pensil dan juga meniru beberapa bentuk sederhana. Nah, agar buah hati Anda mau untuk belajar menulis, sebaiknya berikan stimulasi yang dapat dilakukan dalam suasana bermain. Sebelum diberikan cara belajar menulis pada anak usia prasekolah beserta contoh tahapannya, ada 6tips yang patut dipersiapkan dan diperhatikan oleh para orangtua seperti berikut ini:

1. Kesiapan anak untuk memegang pensil
Untuk dapat mengembangkan kemampuan anak dalam menulis, anak prasekolah terlebih dahulu harus mampu memegang pensilnya dengan baik. Jika jari-jemari mungil yang digunakannya untuk memegang pensil yang digunakannya sudah tepat, maka dia dapat dengan nyaman untuk menggoreskan alat tulisnya di atas kertas.

2. Biasakan anak berbincang dengan orang tua
Ini sangat berguna untuk menstimulasi potensi panca indra anak usia prasekolah. Selain itu juga untuk dapat menambah perbendaharaan kosa kata anak. Kemampuan untuk berkomunikasi yang baik pada anak dapat menjadi bekal yang baik untuk melatih anak menulis, karena tentu saja hal ini akan lebih memudahkan orang tua dalam memberikan penjelasan kepada anak tentang berbagai bentuk yang akan ditiru atau digambarnya.

3. Pemahaman anak terhadap konsep bahasa
Tahapan selanjutnya untuk dapat mengembangkan kemampuan menulis pada anak dalam arti yang sesungguhnya. Sebaiknya anak terlebih dahulu telah mengenal berbagai simbol bunyi dan juga menguasai konsep huruf. Maksudnya, setelah anak bisa membedakan antara huruf a dan b. Dan Anda sebagai orangtua sebaiknya mengenalkan huruf kecil terlebih dulu, sebab lebih mudah untuk dipahami dan juga akan lebih sering digunakan nantinya dibandingkan huruf kapital.
Cara mengajari anak menulis
4. Dimulai dari pusat minat anak
Mulailah mengajarkan anak dari sesuatu yang dapat menarik perhatian anak dan juga sesuai dengan kebutuhan sehari-harinya. Misalnya seperti namanya sendiri, minum,makan, pakaian dan lain-lain.

5. Belajar menulis bisa dimana saja
Untuk belajar menulis pada anak usia prasekolah sebenarnya tidak perlu diusahakan menggunakan alat serta tempat khusus. Ini bisa dilakukan sambil bermain, misalnya dengan menggunakan ranting pohon di tanah, di pasir pantai dengan menggunakan jari tangan dan lain-lain. Pengenalan huruf bisa dimulai dengan berbagai benda yang ada di sekitar anak, termasuk anggota tubuhnya sendiri. Contohnya mulut yang bentuknya seperti huruf O. Alangkah baiknya juga jika diberikan benda kongkretnya pada anak, misalnya huruf ‘h’ dengan menunjuk pada hidung, huruf ‘a’ dengan menunjuk buah apel dan seterusnya.

6. Jangan paksa anak
Bila anak usia prasekolah belum ingin belajar menulis,sebaiknya jangan dipaksakan. Pemaksaan pada anak dapat membuatnya jadi trauma. Bisa jadi untuk selanjutnya anak akan malas untuk mengembangkan kemampuan menulisnya.

Teknik Dan Cara Belajar Menulis Pada Anak Usia Prasekolah
1. Menebalkan bentuk
Pilih materi yang menjadi kegemaran ataupun pusat minat si kecil. Misalnya jika anak sangat menyukai binatang. Mulailah dengan menyiapkan berbagai gambar binatang. Berikan pada anak buku yang bergambar aneka macam binatang, setelah itu berikan pensil dan minta anak untuk menebalkan gambar berbagai bentuk binatang yang ada. Biarkan anak Anda melakukannya dengan perlahan. Tidak perlu dipaksakan, jika si kecil tidak mau melanjutkannya. Sambil menunggu dia dapat menyelesaikan menebalkan gambarnya, sebaiknya Anda ceritakan tentang keistimewaan dari binatang tersebut. Jadi, anak mendapat tambahan pengetahuan baru tentang hal tersebut.

2. Mengikuti garis putus-putus
Setelah anak Anda mampu untuk menebalkan gambar bebagai bentuk binatang, setelah itu lanjutkan dengan mengajarkannya menggambar binatang dengan mengikuti garis putus-putus ataupun titik-titik.

Setelah itu, dapat ditingkatkan lagi dengan keterampilan lebih lanjut. Yaitu dengan menirukan berbagai bentuk geometris, misalnya seperti bentuk lingkaran, bentuk segitiga, segi empat dan lain-lain. Awalnya, sebagai orang tua Anda dapat membimbingnya sambil memegangi tangan si kecil. Selanjutnya, motivasi anak untuk belajar menirukannya sendiri. Untuk sambil memperkaya wawasannya, minta anak Anda menggambar berbagai bentuk benda yang ada di sekelilingnya yang berbentuk lingkaran. Misalnya wajah ibunya, gambar meja makan, gambar telur, buah jeruk, bentuk bola dan lain-lain.

Saat usia anak menginjak 4 hingga 5 tahun,si kecil dapat diminta untuk menggambar sendiri berbagai bentuk geometris. Bimbing tangan buah hati Anda agar dia berkeinginan menggoreskan pensilnya dan selanjutnya berikan kepercayaan Anda pada anak untuk dapat menggambar sendiri berbagai bentuk geometris tersebut.

Stimulasi lainnya yang bisa diberikan orang tua adalah dengan menggunting dan juga membentuk lilin, ini dapat dilakukan sejak anak berusia 3 tahun. Dengan kedua permainan ini, saraf-saraf dan juga otot-otot pada bagian pergelangan tangan serta jari-jemari anak dilatih.
Tips mengajarkan anak menulis
3. Mengenalkan anak pada huruf
Untuk dapat menumbuhkan minat anak dalam menulis, tidak ada salahnya jika orangtua sering membacakan dan juga mengenalkan aneka bentuk huruf. Contoh, misalnya ambilah selembar kertas yang mempunyai gambar ikan, di bagian bawahnya Anda tuliskan kata ikan dengan menggunakan huruf kecil. Tunjukkan pada si kecil bahwa ini adalah ikan. Semoga dengan kegiatan bermain seperti ini si kecil lebih termotivasi untuk mau mencoba dan meniru atau menuliskan berbagai bentuk huruf tersebut.

Demikianlah teknik dan cara belajar menulis pada anak usia prasekolah beserta tahapannya agar membantu anak Anda menjadi lebih giat belajar menulis. Untuk penerapan teknik seperti menebalkan gambar, menyambungkan garis atau titik serta menggambar bentuk geometris sekarang sudah banyak tersedia bukunya di berbagai toko buku.