CARA AGAR ANAK BAYI CEPAT BERJALAN SECARA ALAMI

Posted on

Cara agar anak bayi cepat berjalan secara alami ini harus diketahui orang tua baru. Membesarkan sekaligus juga memahami tumbuh kembang anak-anak pada setiap tahap pertumbuhannya memang bukanlah hal yang mudah & perlu didasari kesabaran orang tua yang tinggi.

Di dalam masa tumbuh kembangnya, langkah pertama pada seorang anak jadi penanda dimulainya sebuah babak baru, yaitu dimulainya fase belajar berjalan. Vera Itabiliana yang merupakan seorang Psikolog Anak sebagaimana dikutip lama Vemale, menjelaskan bahwa kemampuan untuk berjalan dari seorang anak memang tidak sesederhana yang terpikirkan oleh para orang tua.

Pada tahap awalnya, langkah pertama akan dimulai dengan cara menjaga keseimbangan tubuhnya sendiri. Setelah itu diikuti memindahkan titik berat badannya dari kaki mungilnya yang satu ke kaki lain, sehingga akhirnya ia berani untuk melangkah perlahan, langkah demi langkah.

Cara agar anak bayi cepat berjalan secara alami
Image: www.babypost.com

Menurut Vera, sejak usia 3 sampai 6 bulan, sudah tampak jelas kemampuan seorang anak untuk berjalan. Meskipun anak bayi Anda sedang berbaring, tapi kakinya sudah mulai bisa bergerak lincah. Kemudian akan terlihat juga saat ia mulai menjejakkan kaki kecilnya ke permukaan yang keras. Peran yang penting dari seorang ibu ataupun orang tua ialah untuk memberikan buah hatinya keleluasaan saat belajar berjalan.

Tidak ada pencapaian sesuatu yang dilakukan dengan instan, sehingga orang tua juga harus memberikan toleransinya, serta harus terus memperhatikan dengan baik perkembangannya. Baca juga: Cara Mengenalkan Warna Pada Balita.

Lebih lanjut Vera juga menjelaskan bahwa pada usia 6 sampai 10 bulan, anak bayi sudah mulai dapat berdiri dengan bantuan orang tua. Selanjutnya, pada usia 9 sampai 12 bulan, anak Anda akan mulai berjalan perlahan dengan bantuan orang tuanya atau yang biasa disebut dengan dititah. Kamudian, masuk pada usianya yang ke 12 sampai 15 bulan, ia juga mulai perlahan bisa berjalan sendiri. Proses ini ada yang cepat & ada juga yang cukup lambat, ini merupakan aturan yang tidak baku. Toleransinya dapat sampai usia 18 bulan. Jika belum jalan juga pada usia tersebut, sebaiknya Anda segera konsultasikan hal tersebut ke dokter.

Selama ada dalam tahapan tersebut, orang tua dapat membantu untuk menstimulasi agar anak bayinya dapat lebih mudah dan juga cepat bisa berjalan. Misalnya saja dengan latihan memijakkan kakinya ke permukaan yang keras, bisa juga dengan cara berenang yang mempunyai manfaat baik untuk bayi Anda, memberikan ruangan yang luas, serta dengan memberi mainan yang bisa menstimulasi anak. Namun jika anak masih takut, Anda jangan paksakan untuk berjalan. Biarkan saja hal itu berjalan tanpa paksaan, cara agar anak bayi cepat berjalan secara alami ini akan lebih baik hasilnya bagi psikologis anak. Baca juga: Tanda Bayi Terlambat Berjalan.

Jadi, lakukan cara agar anak bayi cepat berjalan secara alami ini & biarkan anak Anda belajar berjalan dengan natural Bunda, jangan dipaksakan. Anda cukup untuk membantunya dengan memberi si kecil stimulasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *