MANFAAT BERMAIN BAGI KECERDASAN DAN KESEHATAN ANAK

Posted on
Manfaat Bermain Bagi Kecerdasan Dan Kesehatan Anak – Siapapun tahu bahwa dunia anak memang dunia bermain. Akan tetapi masih banyak juga orangtua yang berpandangan bahwa bermain sebagai bentuk pemborosan waktu. Akibatnya dalam permainan anak selalu saja disisipkan kegiatan belajar sehingga menjadi jauh dari kata menyenangkan.

Para pakar bermain telah menegaskan tentang pentingnya bermain secara bebas pada anak-anak. Kegiatan seperti itu sangat penting,antara lain untuk dapat membangun kemampuan untuk mengambil keputusan, berimajinasi, dapat meningkatkan kebugaran, mengembangkan otakanak sehingga lebih cerdas dan melatih koordinasi serta bekerja sama.
Permainan anak bayi outdoor

Manfaat bermain bagi kecerdasan dan kesehatan anak semakin hari semakin berkurang dan tidak optimal dirasakan anak.Dalam sebuah survei yang pernah dilakukan di Amerika diketahui bahwa waktu bebas anak telah berkurang sebanyak lebih dari 7 jam setiap minggunya di tahun 1981 dan juga 1997, dan menjadi 2 jam saja per minggu pada tahun 1997 hingga 2003. Bagaimana dengan sekarang ya? pastinya semakin berkurang saja.

Penelitian di Inggris yang pernah dilansir dalam situs playday.org.uk juga telah menunjukkan dalam 20 tahun terakhir terus terjadi penurunan waktu bermain hingga mencapai 25 persen. Sementara itu kegiatan anak bermain di luar ruangan juga terus turun hingga 50 persen.

Penurunan aktivitas bermain anak di luar ruangan itu terjadi dikarenakan berbagai faktor, antara lain misalnya karena keterbatasan jumlah ruang bermain, ketergantungan anak pada orang dew-asa yang membawa mereka untuk dapat bermain ke taman, atau juga karena minat anak-anak sekarang ini beralih ke mainan gadget ataupun video games.

Permainan anak bayi outdoor 1

Pada anak yang usianya lebih besar, waktu bebas mereka lebih banyak dihabiskan untuk mengerjakan berbagai tugas sekolah. Sementara pada seorang anak perempuan yang berusia lebih besar juga mempunyai tugas untuk membersihkan rumah ataupun mengasuh adiknya di waktu bebas.

Pada tahun 2006 dapat diketahui bahwa 87 persen anak-anak di berbagai negara maju mempunyai komputer di rumahnya, 62 persen mempunyai televisi digital, dan sekitar 82 persen mempunyai konsol permainan elektronik.

Bermain merupakan bagian dari budaya yang terus berkembang seiring dengan semakin majunya peradaban manusia. Itulah sebabnya, ketika masyarakat berubah menjadi semakin modern, begitu juga dengan berbagai permainan yang ikut menjadi semakin canggih.

Sebagian para ahli berpendapat bahwa teknologi modern akan dapat meningkatkan kemampuan anak sehingga anak-anak lebih melek dengan teknologi. Akan tetapi pihak yang kontra dengan hal ini menilai bahwa penggunaan teknologi pada anak-anak membuat mereka menjadi kurang aktif. Anak-anak juga menjadi kurang begitu kreatif dan juga berimajinasi.

Gaya hidup kurang bergerak seperti sekarang ini pada anak-anak juga dapat meningkatkan resiko kegemukan. Resiko obesitas pada anak-anak jauh lebih berbahaya dikarenakan mereka masih dalam tahap pertumbuhan.

Permainan anak bayi outdoor 2
Saat ini gerakan untuk kembali pada berbagai permainan tradisional seperti galasin, loncat tali,petak umpet atau juga permainan olahraga makin gencar digalakkan di berbagai kota besar di Negara kita. Permainan fisik seperti ini dianggap lebih mampu untuk menstimulasi perkembangan otot-otot anak sehingga tumbuh kembangnya lebih optimal.

Selain itu, gerak motorik kasar yang banyak dilakukan di usia pertumbuhan ini sangat banyak sekali manfaatnya, antara lain dapat membuat tubuh anak menjadi lebih lentur, otot dan juga tulangnya semakin kuat, mengembangkan kecerdasan serta dapat menjaga kebugaran dan kesehatan anak.

Nah, sekarang kita sudah tahu manfaat bermain bagi kecerdasan dan kesehatan anak. Jadi, biarkan anak Anda bermain dliuar ruangan secara bebas namun tetap dalam pengawasan Anda.