BAYI SUSAH TIDUR ? INI TIPSNYA

Posted on
Bayi Susah Tidur ? Ini TipsnyaApakah Anda mempunyai bayi atau balita yang suka rewel saat hendak tidur dan sulit untuk menenangkannya? Penyakit susah tidur atau insomnia memang bisa mengenai siapa saja, termasuk bayi atau anak-anak. Jika anak atau bayi susah tidur tentu yang direpotkan adalah orangtua juga. Namun jangan khawatir, berikut adalah saya kemukakan beberapa tips untuk mengatasi rengekan bayi atau anak saat dia susah untuk tidur, seperti dikutip dari dari website She Knows. Bayi susah tidur? Ini tipsnya.

1.  Selimuti bayi atau anak Anda

Ini merupakan sebuah cara yang sering digunakan oleh para perawat atau suster di rumah sakit untuk menidurkan bayi. Anda juga bisa meniru cara seperti itu. Dengan menyelimutinya, bayi akan merasa aman dan hangat juga dicintai oleh Anda orang tuanya. Hal ini sudah juga terbukti dapat meredakan rengekan anak atau saat mereka hendak tidur.
anak bayi tidur lucu

2.  Goyang-goyang atau ayun-ayun
Anda juga bisa menggoyang-goyang atau mengayun tubuh bayi atau balita yang suka rewel. Goyangan untuk menidurkan bayi ini dapat dilakukan dengan tangan, ayunan yang lembut ataupun kasur goyang yang khusus digunakan untuk bayi. Cara menggoyangkan seperti ini dapat membuat anak atau bayi merasa lebih nyaman.

3. Nyalakan musik dengan Irama Lembut
Tak hanya orang dew,asa yang suka irama musik, bayi atau balita juga sama, mereka suka dengan alunan musik yang terdengar sebelum tidur. Namun, sebaiknya Anda menyalakan alunan musik yang berirama cukup lembut untuk meninabobokan bayi atau anak anda. Atau Anda juga bisa menyalakan suara lantunan murottal ayat-ayat suci Al-Quran ataupun lantunan shalawat. Ini dapat menanamkan nilai nilai tauhid pada anak sekaligus memberikan kenyamanan saat mereka hendak tidur. 

anak bayi tidur lucu
4. Matikan Lampu
Buatlah suasana kamar tidur senyaman mungkin bagi bayi atau anak anda. Salah satunya dengan mematikan lampu kamar tidurnya. Cara ini terbukti cukup ampuh untuk meninabobokan bayi atau balita Anda. Jika anda menidurkan anak atau bayi anda dalam kondisi lampu kamar tidur yang cukup terang, maka ini malah akan menstimulasi indra bayi atau balita dan membuat matanya tetap melek dan terjaga. Jika anak Anda takut gelap, Anda dapat membaca artikel berjudul Tips Agar Anak Tidak Takut Gelap.

Apa yang menyebabkan bayi susah tidur di malam hari? Ini dia beberapa penyebabnya.

Haus atau Lapar
Salah satu penyebab bayi susah tidur adalah rasa haus dan lapar, cobalah beri bayi Anda makan menjelang tidur, bagusnya satu jam sebelum bayi tidur.

Basah
Rata-rata bayi dengan usia sekitar 6 bulan banyak mengompol sekitar 5-7 kali dalam satu malam, maka segeralah ganti popok bayi apabila sudah basah karena mengompol, dengan begitu bayi Anda akan lebih nyenyak dalam tidurnya.

Ruam Popok
Ruam popok umumnya terjadi pada bayi yang masih berusia 4-15 bulan. Diantara penyebabnya bisa karena bayi sering buang air, kebersihan kulit anak atau bayi yang kurang terjaga, atau dapat juga karena bayi Anda menerima atau menyerap asupan antibiotik dari ASI sang ibu.

Bahkan, jika bakteri yang ada dalam urin bayi Anda itu terurai menjadi amonia, ruam ini bisa jadi akan bertambah parah. Tentu saja keadaan seperti ini sangat tidak menyenangkan untuk bayi, sehingga hal ini dapat mempengaruhi kualitas tidurnya.

Jika ruam popok bayi Anda sudah terlanjur bermasalah dan agar tidak bertambah semakin parah, berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  • Gantilah popok bayi yang basah tersebut sesering mungkin
  • Jangan menggunakan tisu basah karena dapat menambah iritasi pada kulit bayi
  • Keringkan bagian yang basah pada bayi dengan jalan menepuk kulitnya dan jangan digosok
  • Gunakan krim pelindung khusus bayi dengan cara mengoleskannya dengan tipis di kulit bayi
  • Hindari menggunakan popok bayi dengan terlalu kencang, karena membuatnya tidak nyaman. Selain itu, pilihlah jenis popok bayi dari bahan kain agar mudah menyerap keringat atau popok bayi dari bahan disposibel (sekali pakai).


Terlalu Banyak Bermain

Jika Anda mengajak anak bermain terus menerus, maka anak atau bayi akan semakin tidak mau untuk tidur. Apalagi, jika Anda mengajak anak atau bayi bermain saat menjelang waktu tidurnya.
anak bayi tidur lucu
Nah, untuk menghindari hal seperti ini, maka Anda sebagai orangtua harus cepat tanggap. Bila bayi Anda sudah terlihat mulai mengucek-ucek matanya, terlihat sering menguap, atau menarik-narik telinganya, besar kemungkinan bayi atau balita Anda sudah merasa ngantuk. Hentikanlah aktivitas Anda bersama bayi dan buatlah suasana sedemikian mungkin untuk memudahkan bayi atau balita Anda tidur dengan tenang dan nyaman.

Demikianlah tulisan berjudul Bayi Susah Tidur ? Ini tipsnya. Semoga anak atau bayi Anda  tidak susah tidur lagi setelah ini dan semoga bayi Anda tidur dengan nyenyak setiap malam!