BAYI CERDAS DENGAN MENGOPTIMALKAN MANFAAT ASI

Posted on
Bayi Cerdas Dengan Mengoptimalkan Manfaat ASI – Ilmu kedokteran kontemporer semakin maju dan berkembang, Sekarang dengan menggunakan sebuah teknik Magnetic Resonance Imaging  atau yang biasa disebut MRI, para peneliti kembali dapat menambahkan bukti terbaru tentang keajaiban ASI bagi bayi. Penelitian yang baru-baru ini diterbitkan secara online oleh sebuah jurnal fungsi otak Neuro Image telah menemukan sebuah perbandingan antara seorang bayi yang diberi ASI dengan bayi yang mengkonsumsi susu formula atau bayi tanpa ASI.

Para peneliti menemukan hasil yang mengagumkan bahwa bayi yang diberi ASI eksklusif ternyata mengalami peningkatan signifikan dalam perkembangan organ otaknya, termasuk daerah pada otak bayi yang berkaitan dengan fungsi perencanaan bayi, kemampuan motoriknya, fungsi sosial dan juga emosional serta bahasa bayi.
bayi lucu pintar cerdas

Para ilmuwan mempelajari sekitar 133 bayi dan anak sehat dengan usia antara 10 bulan sampai usia 4 tahun yang dibagi ke  dalam 3 kelompok. yang pertama adalah bayi yang diberikan ASI eksklusif oleh ibunya, kedua bayi yang diberi susu formula eksklusif, dan yang ketiga bayi yang diberi susu kombinasi atau diberi ASI dan juga susu formula sekaligus. Semua bayi dan anak yang dilibatkan dalam penelitian tersebut mengalami kelahiran yang normal, sehat, tanpa komplikasi dan juga tanpa gangguan neurologis ataupun riwayat penyakit turunan keluarga.

Para peneliti telah mampu membuktikan bahwa bayi yang diberi ASI eksklusif oleh ibunya mengalami perkembangan motorik dan juga ketajaman visual yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan dua kelompok bayi lainnya.

Penulis utama jurnal tersebut yang bernama Sean CL Deoni, seorang asisten profesor teknik biomedis dari Brown University Amerika Serikat menyatakan bahwa tentu saja ini bukan satu-satunya faktor agar bayi menjadi cerdas dan bukan berarti para ibu yang tidak mau menyusui, mereka akan nantinya akan mendapat bencana. Menurutnya, para peneliti juga tidak bisa mendeteksi banyak hal lain yang menyebabkan perbedaan pada tiga kelompok itu, contohnya seperti seberapa banyak anak atau bayi tersebut berinteraksi dengan kedua orang tuanya, ada juga pengaruh dari lingkungan tempat dia tinggal dan lain-lain. Masih banyak faktor lainnya yang mungkin bisa memengaruhinya setelah anak dew,asa nanti.

Jadi untuk para ibu, sekarang pasti semakin yakin bahwa  ASI eksklusif adalah pilihan terbaik untuk bayi Anda bukan? Nah, sekarang para ibu, terutama dengan kehamilan pertama tahu cara agar bayi cerdas dengan mengoptimalkan manfaat ASI.

Sekadar mengingatkan kembali pada para ibu bahwa ASI sangat kaya akan manfaat, seperti dapat membentuk daya tahan tubuh bayi. ASI juga dapat mencegah berbagai penyakit pada bayi misalnya infeksi pada telinga, gangguan pada saluran pernapasan bayi dan juga mencegah radang selaput otak (meningitis) pada bayi. Dengan memberikan ASI pada bayi, ikatan antara ibu dan bayi pun akan jauh lebih baik. 

ibu menyusui bayi lucu pintar cerdas
Kandungan nutrisi dalam ASI lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh bayi, dapat menghindarkan bayi dari bahaya alergi dan juga mencegah bayi agar tidak menjadi obesitas. Baca artikel berjudul Bahaya Obesitas Pada Bayi jika ingin tahu bahaya dan cara mengantisipasi kelebihan berat padan pada bayi.

ASI ekslusif tidak hanya bermanfaat bagi bayi, memberikan ASI juga sangat baik dan bermanfaat bagi ibu. Menyusui akan memicu keluarnya suatu hormon dalam tubuh yang mampu membuat seorang ibu merasa rileks, tenang dan juga membantu agar berat badan ibu kembali normal setelah melahirkan.

Namun, pada kondisi tertentu ASI memang tidak boleh diberikan, misalnya jika ibu sang bayi menderita penyakit hepatitis B atau HIV, maka dalam kondisi seperti ini ibu dilarang menyusui. Semoga tulisan bayi cerdas dengan mengoptimalkan manfaat ASI ini bermanfaat agar anak Anda cerdas dan pintar.