BAHAYA TIDUR MENDENGKUR PADA ANAK BAYI

Posted on
Bahaya Tidur Mendengkur Pada Anak Bayi – Apakah anak atau balita Anda sering mendengkur di saat tidur? Hati-hati Bunda, jangan anggap hal ini sebagai sesuatu yang sepele. Ada baiknya jika Bunda mulai memerhatikan si kecil pada saat dia terlelap dalam tidur. Tidur mendengkur pada anak anak atau balita belum tentu berarti si kecil sedang tertidur dengan pulas. Justru hal itu berarti sebaliknya, hal seperti ini perlu menjadi sebuah perhatian khusus bagi Bunda karena bisa disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya bisa saja seperti berikut:

  • Tertutupnya jalan napas
  • Kelainan di sistem saraf pusat
  • Adanya kelemahan otot-otot pernapasan
Anak tidur nyenyak

Penyebab paling sering mengorok atau mendengkur pada anak adalah karena tertutupnya jalan napas yang diakibatkan oleh pembesaran tonsil atau amandel. Pada anak-anak yang tonsillitisnya kronik, tonsil akan semakin membesar hingga bisa menutupi jalan napas. Hal ini bisa mengakibatkan beberapa hal dari yang dapat terbilang ringan, misalnya seperti tersedak, hingga yang cukup berat bisa menyebabkan kematian. Dampak dan bahaya tidur mendengkur pada anak bayi diantaranya adalah:

1. Menurunnya kemampuan berkonsentrasi anak
Anak yang sering mengalami gangguan pada saat tidurnya, biasanya seringkali terbangun ketika malam hari dikarenakan sesak. Terkadang walaupun tidak sampai terbangun, akan tetapi kualitas tidur buah hati Anda tidak maksimal sehingga ketika siang hari akan sering terasa mengantuk. Hal ini tentu saja secara tidak langsung akan mempunyai dampak terhadap berbagai hal, misalnya seperti sulit berkonsentrasi ketika belajar di sekolah dan juga berakibat pada menurunnya prestasi anak Anda.

2. Menghambat pertumbuhan anak
Selain dapat mengganggu konsentrasinya di sekolah, peningkatan pada frekuensi pernapasan anak yang membutuhkan energi lebih banyak akan dapat menghambat jalur horm0n pertumbuhan anak Anda sehingga bisa menyebabkan pertumbuhan anak menjadi kurang atau terhambat serta tidak maksimal, padahal sejatinya anak sedang dalam masa perkembangan membutuhkan cukup h0rmon pertumbuhan.

3. Mempengaruhi perkembangan intelektual anak
Tersumbatnya jalan pernapasan anak juga dapat mengakibatkan kurangnya pasokan oksigen ke bagian otak anak, sehingga dapat mempengaruhi pada perkembangan sel sel saraf otak anak Anda yang sangat membutuhkan banyak suplai oksigen yang tinggi dan juga bisa mempengaruhi perkembangan intelektual anak Anda. Tentu saja sebagai orang tua, Anda tidak menginginkan hal ini, karena orang tua menginginkan anaknya menjadi anak cerdas dan pintar.

Itulah bahaya tidur mendengkur pada anak bayi. Setelah Bunda mengetahui beberapa kondisi yang bisa timbul sebagai akibat dari gangguan pernapasan ketika tidur ini, sebaiknya Anda sebagai orang tua bisa menjadi lebih waspada lagi bukan? Sehingga apabila memang terdapat beberapa kelainan semacam ini bisa segera diketahui dan juga diatasi dengan membawa buah hati Anda ke dokter anak untuk dapat mengurangi dan mengobati efek efek yang bisa terjadi, terutama pada sel otak anak.