8 TANDA KESEHATAN BAYI TERGANGGU

Posted on

8 Tanda Kesehatan Bayi Terganggu – Bayi yang berusia di bawah 6 bulan tidak bisa menunjukkan bahwa ia sedang dalam kondisi yang tidak sehat. Oleh sebab itu, Anda mesti lebih peka pada kondisi anak Anda. Siapa tahu si kecil mungkin sedang menunjukkan gejala penyakit tertentu. Berikut 8 tanda kesehatan bayi terganggu untuk Anda kenali agar tidak terlambat untuk membawanya ke dokter anak.

1. Demam
Demam bukanlah merupakan penyakit, namun kondisi tersebut bisa terjadi pada saat bayi menanggapi penyakit ataupun infeksi tertentu. Sebaiknya segera bawa si kecil ke dokter jika dia masih berusia kurang dari 3 bulan dan demam yang dialami suhunya di atas 37 derajat celcius, atau jika si kecil berusia antara 3 hingga 6 bulan dan suhu tubuhnya di atas 38 derajat Celcius. Apabila suhu tubuh bayi Anda ternyata tidak terlalu panas, namun muncul tanda-tanda lain seperti ruam, leher kaku, iritabilitas, muntah atau diare, kesulitan bernapas, segeralah bawa buah hati Anda ke dokter.

Kesehatan bayi
Image: woolworthsbabyandtoddlerclub.com.au

2. Dehidrasi
Dehidrasi bisa terjadi apabila bayi Anda mempunyai pola makan yang buruk, demam, lingkungannya yang panas dan muntah atau diare. Gejala dehidrasi pada bayi diantaranya adalah mulut dan gusi yang kering, bayi jarang buang air kecil serta tidak meneteskan air mata pada saat menangis. Apabila Anda berpikir bahwa bayi Anda sedang mengalami dehidrasi, sebaiknya segera saja bawa ke dokter.

3. Diare
Kondisi yang satu ini sering terjadi pada si kecil, namun Anda tetap perlu untuk memeriksakan kondisinya ke dokter jika Anda melihat darah dalam t!njanya atau buang air besar bayi lebih dari enam kali dalam sehari dan t!njanya berair.

4. Muntah
Muntah pada bayi mungkin saja bukan masalah serius apabila terjadi hanya sekali atau 2 kali. Namun, apabila hal tersebut sering terjadi dengan berulang kali, terutama jika muntahnya mengandung darah dan berwarna hijau, segera bawa dan konsultasikan dengan dokter anak terdekat.

5. Kesulitan bernapas
Apabila bayi Anda mengalami kesulitan untuk bernapas, sebaiknya segera Anda hubungi dokter. Tanda-tanda sesak napas pada bayi adalah jika ia bernapas lebih cepat dibandingkan biasanya, bayi terlihat seperti mendengus saat sedang menghembuskan napas dan kulit bayi atau bibirnya berwarna semburat kebiruan.

6. Pusar dan pe-n!s berwarna merah atau berdarah
Apabila pusar atau pe-n!s bayi laki-laki berubah merah, berarti telah terjadi pendarahan dan buah hati Anda perlu mendapatkan penanganan secara medis, karena ini adalah tanda infeksi.

7. Ruam
Ruam merupakan gejala yang paling umum pada bayi, tapi sebaiknya segera hubungi dokter bila ruam telah menyebar dengan luas pada tubuh bayi, terutama pada bagian wajah, atau ruam yang disertai demam, perdarahan dan juga bengkak.

8. Pilek
Infeksi pada saluran pernapasan biasanya diakibatkan oleh v!rus dan ini sangat umum terjadi pada bayi. Kondisi seperti ini umumnya sering berlangsung 1 hingga 2 minggu yang ditandai dengan adanya demam, pilek dan juga batuk. Gejala lain yang lebih serius tentu membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Itulah 8 tanda kesehatan bayi terganggu dan membutuhkan penanganan yang tidak boleh ditunda lagi. Apabila bayi Anda sedang mengalami salah satu dari 8 gejala di atas, sebaiknya segera bawa si kecil berobat ke dokter. Anda tentu saja tidak mau jika bayi Anda mendapatkan penanganan yang terlambat kan?