7 TIPS AGAR ANAK PEMALU JADI PERCAYA DIRI

Posted on
7 Tips Agar Anak Pemalu Jadi Percaya Diri – Banyak orang tua yang menginginkan anaknya menjadi pusat perhatian orang banyak. Ada beberapa orang anak yang terlihat cukup lincah, tidak pemalu dan juga mampu untuk mengekspresikan dirinya di depan orang banyak.

Tetapi, jika buah hati Anda tidak mempunyai sifat seperti itu dan ternyata si kecil mempunyai sifat pemalu saat bertemu dengan orang baru. Tentu saja, Anda sebagai orangtua akan merasa canggung ketika melihat anaknya tidak ingin berbaur dengan orang lain. Mungkin terkadang mereka malah akan menangis dan segera ingin pulang, tidak merasa betah saat berlama-lama berada di dalam kerumunan orang yang banyak.
anak pemalu
Harus Anda ketahui, saat seorang anak yang mempunyai rasa malu yang cukup tinggi, itu akan merusak kinerja akademiknya, akan menjauhkan mereka juga dari teman-temannya dan bahkan bisa mematahkan ikatan kekeluargaan dengan kerabat Anda. Yang lebih parahnya lagi, anak-anak yang selalu menutup dirinya bisa menyebabkan depresi dan juga mempunyai rasa cemas yang tinggi.

Namun sebagai orang tua, Anda jangan merasa sedih bagi jika mempunyai anak pemalu, berikut ini ada 7 tips agar anak pemalu jadi percaya diri sebagaimana dilansir oleh Boldsky:

1. Jangan memarahi anak
Saat anak Anda merasa malu untuk berbaur bersama orang-orang di sekitarnya, Anda jangan pernah memarahi anak. Abaikan situasi tersebut, dan jangan sekali-kali mengatakan pada orang lain bahwa anak Anda pemalu. Biarkan saja dia melakukan apa yang diinginkannya, nanti dengan sendirinya si kecil juga akan mulai merasa bosan dengan apa yang dia lakukan.

2. Ajari anak keterampilan sosial
Sekali-kali ajak anak-anak untuk pergi ke beberapa tempat bersama dengan teman-temannya. Ini merupakan cara efektif agar buah hati Anda mau berbaur bersama dengan temannya. Beritahu pada anak Anda bahwa teman-temannya sangat baik dan juga ingin bermain dengannya. Dengan demikian sang anak juga akan mulai membuka diri dan dia akan merasa asik bermain dengan yang lain.

3. Jangan menyebut anak pemalu
Hal ini termasuk yang sangat penting bagi para orangtua. Jangan pernah memberi label si kecil sebagai anak pemalu. Pasalnya, dalam benak anak akan tertanam demikian dan sepanjang hidupnya anak akan mencap dirinya dengan karakter pemalu yang Anda sebutkan tersebut. Anak akan merasa tertekan dan juga cemas, apalagi jika banyak temannya yang menghina anak Anda sebagai orang yang pemalu dan juga tidak pandai dalam bergaul. Ingat bahwa sifat pemalu dapat diubah apabila Anda dengan tepat menanganinya.

4. Ajak ke kelompok bermain
Salah satu tips yang penting bagi para orang tua yang mempunyai anak pemalu adalah dengan membawa anak ke sebuah kelompok bermain. Sering-seringlah Anda membuat kelompok bermain di dalam rumah, dengan demikian sifat anak yang pemalu secara perlahan akan semakin berkurang dan membuat anak Anda mampu bersosialisasi.

5. Family time untuk anak
Menghabiskan waktu bersama dengan keluarga merupakan terapi yang terbaik untuk anak yang pemalu. Pada saat seharian berkumpul bersama keluarga, mintalah anak Anda untuk menyanyikan sebuah lagu ataupun membaca sebait puisi di depan ayah bundanya. Ini adalah salah satu cara pengasuhan anak yang terbukti paling efektif untuk membuat si kecil menjadi lebih percaya diri.

6. Beri anak pujian
Semua orang biasanya suka dipuji, tidak terkecuali dengan anak yang masih kecil. Beri anak pujian saat dia selesai menyanyi di depan Anda ataupun teman-temannya. Ini akan membuat anak merasa spesial dan juga merasa percaya diri saat berada di lingkungan baru.
anak yang pemalu
Anak yang sering mendapat pujian saat melakukan sesuatu yang baik akan membuat karakternya semakin tangguh, dia akan merasa bahwa hasil kerja kerasnya sangat dihargai dan dengan seperti itu dia akan mengulangi kebaikan tersebut. Sifat pemalunya juga lambat laun akan semakin berkurang, dan anak akan merasa bahagia bersama orang-orang yang ada di sekitarnya.

7. Jalin komunikasi yang baik dengan anak
Dalam beberapa kasus tertentu, alasan anak menjadi seorang yang pemalu dikarenakan adanya faktor ketakutan yang cukup tinggi. Luangkan waktu Anda untuk berbicara dari hati ke hati dengan anak mengenai beberapa hal yang selalu membuatnya merasa takut dan malu. Mungkin saja anak pernah mengalami pengalaman yang buruk ataupun diejek orang asing yang dapat membuatnya merasa takut, kemudian anak merasa malu untuk bertindak.

Itulah 7 tips agar anak pemalu jadi percaya diri yang bisa Anda coba jika mempunyai anak yang pemalu dan kurang percaya diri. Semoga berhasil Bunda!