7 CARA MENDIDIK ANAK DI ZAMAN MODERN

Posted on

7 Cara Mendidik Anak Di Zaman Modern – Masuknya era globaliasi  telah menjadi bagian yang tidak bisa dihindari. Perkembangan dunia terus masuk dengan melewati berbagai batas negara dan budaya, seperti semakin berkembangnya kemajuan teknologi dan pergeseran norma-norma sosial. Orangtua di zaman modern ini dituntut lebih seius dalam menghadapi tantangan yang berat dalam membesarkan dan juga mendidik buah hatinya. Salah satunya adalah tuntutan untuk mampu mempersiapkan anak menjadi seorang pribadi yang tangguh agar mampu bertahan dan dapat bersaing menghadapi berbagai macam tantangan yang akan terjadi.

Menyiapkan generasi penerus yang siap bersaing sejak sekarang sampai 20 tahun yang akan datang menjadi salah satu hal yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Dalam perkembangan dan juga kemajuan dunia yang semakin cepat, orangtua dituntut agar terampil dan tahu tentang perkembangan yang ada, sehingga dapat mendidik anak-anaknya menjadi generasi muda yang berkualitas. Lantas bagaimana apa saja yang perlu dilakukan orang tua dalam mendidik buah hatinya saat ini? Berikut 7 cara mendidik anak di zaman modern.

tips mendidik anak
Image: heartofthematteronline.com

1. Jadi model terbaik untuk anak dalam bergaul

Orangtua harus membimbing dan juga mengajarkan anaknya tentang bagaimana cara untuk bergaul yang tepat, serta menjadi seorang model yang baik bagi buah hatinya. Misalnya saja, orangtua mengajarkan pada anak sejak dini bagaimana cara dalam berinteraksi, bermain, serta cara anak bersikap sopan santun yang baik dan benar dengan orang lain. Dengan melihat orangtua sebagai modelnya, anak nantinya akan belajar untuk menerapkan berbagai sikap tersebut dengan lingkungan sosial disekitarnya.

2. Kenalkan nilai-nilai agama pada anak

Ajarkan agama pada anak sejak dini, bagaimana mengaplikasikan nilai-nilainya sesuai dengan usianya. Cara mengajarkan agama pada anak tentu harus diimbangi dengan contoh nyata dari orang tuanya sendiri.

3. Membentuk kecerdasan sosial anak

Anda harus selalu memperhatikan cara anak dalam belajar dan mengimitasi apa yang dia amati dari orang lain, kemudian sedikit demi sedikit membentuk kecerdasan sosialnya, misalnya saja mengajarkan anak untuk berbagi dengan sesamanya atau teman sebayanya. Baca juga: Cara Agar Anak Pintar Bersosislisasi.

4. Membantu kemampuan bergaul anak

Selain menjadi model yang baik, orangtua juga dapat membantu anak untuk dapat menghilangkan sikap pemalunya, misalnya dengan mengundang beberapa orang teman sebaya buah hati Anda untuk bermain di rumah. Selengkapnya bisa Anda baca di dalam tulisan: Cara Agar Anak Pemalu Jadi Percaya Diri.

5. Membantu Proses Masa Agresif Anak

Orangtua juga perlu membantu dalam proses masa agresif anak dengan cara mengajak anak berbicara dengan menggunakan bahasa yang mudah dia mengerti, mengenai apa saja dampak dari sikap agresif tersebut bagi anak lainnya. Baca juga tentang Cara Menghukum Anak Yang Benar  dan tulisan tentang Cara Menghadapi Anak Pemarah.

6. Penggunaan Gadget Anak

Di dalam penggunaan gadget, termasuk bagi anak-anak, sebaiknya latih anak untuk dapat mengatur dirinya sendiri dan juga menerapkan disiplin diri, agar ia mampu mengatur kegunaan gadget di dalam kehidupannya dengan lebih sehat dan tidak berlebihan. Karena gadget mempunyai dampak positif dan negatif tergantung cara menggunakannya. Baca juga: Tablet Dan TV Membuat Anak Cerdas.

7. Tentukan Target

Penting bagi para orangtua untuk mengajarkan anaknya sejak dini agar fokus terhadap tujuan utama hidupnya, menetapkan apa yang menjadi prioritas, menerapkan pengaturan waktu yang jelas di kesehariannya tapi tidak membuat anak tertekan, serta untuk tetap dapat membangun relasi yang nyata dengan orang lain.

Itulah 7 cara mendidik anak di zaman modern. Mungkin tips ini terlalu singkat jika melihat kompleksnya masalah di zaman sekarang ini. Untuk melengkapinya Anda bisa menelusuri berbagai tips lainnya di web ini melalui kotak pencarian di sebelah kanan atas.