6 TIPS CERDAS MEMILIH LAPTOP UNTUK ANAK

Posted on
6 Tips Cerdas Memilih Laptop Untuk AnakSesuai dengan pesatnya perkembangan zaman, tidak heran lagi jika anak-anak sekarang sudah mulai akrab dengan berbagai barang elektronik ataupun gadget sejak usianya lebih dini, misalnya saja komputer ataupun laptop. Sebagai sebuah sarana penunjang untuk anak agar lebih mudah dan semangat dalam belajar, kita sebagai orang tua bisa saja membelikan si buah hati sebuah laptop. Tentu saja laptop untuk anak sudah cukup dengan fitur yang lebih sederhana atau simple, hal itu dikarenakan anak anak masih mempunyai keterbatasan pada saat menggunakannya.

Sebenarnya laptop untuk anak cukup yang mempunyai fitur untuk dapat mengolah gambar, mengoperasikan game-game kecil dan juga software untuk pemutar video ataupun musik kesayangannya. Sekarang ini, sudah banyak sekali laptop mungil yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak. Dengan sebuah desain yang cukup unik dan warnanya yang beragam, akan membuat anak lebih tertarik dan menyukainya. Berikut 6 tips cerdas memilih laptop untuk anak agar para orang tua memilihkan yang paling tepat untuk perkembangan anak:
Laptop anak
1. Pilihlah laptop anak dengan desain kecil dan sederhana
Tentu saja membeli laptop harus disesuaikan dengan fungsinya.Desain laptop seperti ini selain bentuknya yang kecil dan simpel, beratnya juga cukup ringan. Karena jika membeli laptop yang terlalu berat dan juga ribet, anak-anak bisanya tidak begitu tertarik untuk menggunakannya. Apalagi kalau sudah menjadi barang kesayangannya, laptop tersebut pasti akan sering dibawa ke mana-mana.

2. Pilihlah laptop anak dengan konetivitas secukupnya
Laptop untuk anak-anak sebenarnya tidak terlalu membutuhkan media dengan koneksi yang lengkap. Laptop mungil yang sudah ada saat ini telah dilengkapi dengan fitur wifi, LAN card ataupun USB. Apabila suatu saat anak Anda membutuhkan koneksi untuk internet, fitur tersebut bisa dimanfaatkan.

3. Pilihlah laptop anak dengan yang ringan
Karena laptop yang akan Anda beli adalah untuk anak-anak, tentu saja harus memilih yang ringan agar lebih mudah jika diangkat dan juga berpindah tempat.

4. Pilihlah laptop anak dengan fitur hiburan yang cukup
Laptop berukuran mungil biasanya mempunyai fitur hiburan yang cukup terbatas. Tetapi, bukan berarti tidak bisa digunakan untuk memainkan file-file musik ataupun video. Untuk anak hal tersebut saja sudah cukup.

5. Pilihlah laptop anak dengan baterai standar
Umumnya laptop yang berukuran kecil mempunyai daya kapasitas baterai sekitar 1,5 sampai 2 jam. Hal tersebut disebabkan oleh ukuran laptop yang cukup terbatas sehingga jumlah sel dari baterainya juga lebih sedikit. Cobalah memilih laptop dengan kapasitas yang dirasa cukup untuk anak Anda.
Laptop untuk anak
6. Pilihlah laptop anak dengan sistem operasi yang mendukung
Sistem operasi dalam sebuah laptop atau notebook yang digunakan, umumnya telah terintegrasi dengan laptop itu sendiri. Jadi, kita tidak harus menginstal berbagai sistem operasi. Pada laptop merek tertentu, kita juga dapat memilih sistem operasi yang sesuai dengan keinginan sendiri, tentu saja yang disesuaikan dengan besarnya kapasitas memori dan juga prosesor.

Itulah 6 tips cerdas memilih laptop untuk anak. Yang penting sebagai orang tua harus selalu memonitor anak agar tidak berlebihan dalam memanfaatkan teknologi, karena selain bermanfaat, banyak juga dampak negatif yang merugikan.