6 BUAH UNTUK BAYI 6 BULAN KE ATAS

Posted on

6 Buah Untuk Bayi 6 Bulan Ke Atas – Buah merupakan makanan sehat untuk bayi 6 bulan. Karena buah-buahan mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Itulah sebabnya, buah-buahan perlu dikenalkan pada anak sejak mulai mengkonsumsi MPASI. Yaitu, setelah pemberian ASI eksklusif 6 bulan. Berikut 6 buah untuk bayi 6 bulan ke atas yang baik diberikan pada bayi.

1. Buah Pisang

Makanan sehat untuk bayi 6 bulan diantaranya adalah pisang. Pisang mengandung fosfor, kalium, vitamin A dan asam folat. Anda bisa memberikan pisang pada si kecil dengan mengeruk dagingnya menyajikannya secara langsung pada si kecil.

2. Buah Jeruk

Kandungan gizi utama pada jeruk ialah kalium, kalsium, vitamin C, vitamin A,  asam folat ataupun serat. Anda dapat menyajikan jeruk pada si kecil dengan cara mencuci bersih buah jeruk tersebut, kupas kemudian peras dan saring airnya untuk diberikan pada bayi. Atau bisa juga dijadikan pemanis yang cukup menyegarkan dalam berbagai menu pure buah. Baca juga : 5 Resep Bubur Bayi 6 Bulan Bergizi.

Makanan bayi usia 6 bulan
Image: www.nzavocado.co.nz

3. Buah Apel

Buah apel mengandung cukup kalium, fosfor, magnesium, vitamin A, kalsium dan vitamin C yang dibutuhkan si kecil. Anda bisa membuat pure apel untuk si kecil, caranya dengan mencuci apel terlebih dulu, kupas kulitnya, potong-potong kecil, rendam hingga lunak dan blender sampai lembut. Baca juga: Jadwal Makan Bayi 6 Bulan.

4. Buah Pir

Buah pir mengandung kalium, kalsium, vitamin C dan fosfor. Anda dapat membuat pure pir dengan mencuci bersih buah pir-nya, lalu kupas bagian kulitnya, potong kecil-kecil daging buahnya, kukus hingga lunak dan blender hingga halus.

5. Buah Pepaya

Pepaya merupakan makanan sehat untuk bayi 6 bulan. Kandungan gizi dari buah pepaya sudah tidak perlu lagi disebutkan karena sudah banyak yang membahas. Anda cukup blender pepaya hingga halus untuk disajikan pada si kecil. Baca juga: Inilah Minyak Terbaik Untuk Makanan Bayi.

6. Buah Alpukat

Buah alpukat mengandung Vitamin A,  Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, vitamin B6, asal folat, magnesium, kalsium dan berbagai nutrisi penting lainnya. Untuk menyajikannya bagi si kecil, Anda cukup memblender-nya hingga halus dan campur dengan ASI atau susu formula.

Itulah 6 buah untuk bayi 6 bulan ke atas yang bisa disajikan untuk si kecil. Anda dapat melihat variasi resep lainnya dalam tulisan berjudul Resep Bubur Bayi 6 Bulan Rumahan.