5 TIPS HENTIKAN KEBIASAAN ANAK MENGGIGITI KUKU

Posted on

Berikut pemahasan tentang 5 tips hentikan kebiasaan anak menggigiti kuku yang perlu diperhatikan orang tua. Saat buah hati mulai membuat kebiasaan sepeti menggigiti kuku, sebagai orangtua tentunya Anda pasti berpikir bagaimana cara untuk menghentikan kebiasaan yang buruk tersebut. Kebiasaan tersebut bahkan bisa saja berlanjut hingga ia besar nanti.

Sebelum mengetahui 5 tips hentikan kebiasaan anak menggigit kuku. Sebaiknya Anda juga mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Berikut alasan kenapa beberapa anak punya kebiasaan menggigit kuku.

Apabila Bunda sendiri tidak pernah mempunyai kebiasaan menggigiti kuku, mungkin saja sulit bagi Anda memahami kebiasaan si kecil yang suka menggigiti kukunya sendiri. Kebiasaan seperti ini bisa dipicu oleh beberapa alasan, misalnya seperti kebosanan, penasaran, kecemasan atau bahkan stres. Perhatikanlah baik-baik apabila balita Bunda mulai sering menggigiti kukunya sendiri. Apa saja yang baru-baru ini terjadi pada si kecil dii saat apa saja dia mulai akan menggigiti kukunya. Tapi, tak jarang juga kebiasaan menggigiti kuku tersebut datang tanpa adanya alasan yang jelas.

5 tips hentikan kebiasaan anak menggigiti kuku
Image: berena.ru

Cara Mengatasi Anak yang Sering Menggigiti Kuku

Saat Anda melihat si buah hati sedang asyik menggigiti kukunya, hal pertama yang Bunda lakukan adalah harus melarangnya. Memang tak ada yang salah dengan hal ini. Namun harus Bunda perhatikan bahwa jika Bunda menghukum ataupun memarahinya hanya akan membuat si kecil semakin terus menggigiti kukunya.

Perhatikanlah apa sebenarnya yang jadi penyebabnya. Apabila Bunda tidak bisa menemukan ataupun menghindari penyebabnya, cobalah Anda untuk memberikan sebuah penjelasan padanya dengan menggunakan bahasa yang dapat dia mengerti & Bunda tidak usah berbohong mengenainya. Atau Bunda juga bisa mencoba beberapa tips berikut.

Peringatkan Anak

Apabila si kecil mulai menggigiti kukunya, berilah dia peringatan dengan cara memegang tangannya ataupun dengan kode lain yang memberi petunjuk bahwa Bunda melihatnya sedang menggigit kuku. Jangan sampai Anda membuatnya merasa malu ketika depan umum karena hal ini.

Berikanlah sesuatu untuk dipegang

Berikanlah sebuah mainan ataupun benda lain yang membuat si kecil bisa teralih dari kebiasaannya tersebut.

Potonglah kukunya dengan teratur

Jangan sampai buah hati Anda memiliki bahan yang lebih banyak untuk digigit.

Tutuplah kukunya

Apabila kebiasaannya semakin bertambah parah, gunakanlah plester ataupun penutup lain pada kukunya. Bunda juga bisa mencoba memakaikannya henna alami di kuku anak perempuan Anda agar dia merasa sayang jika menggigitnya.

Berikanlah rasa tidak enak

Berikan kuku anak Anda dengan rasa yang tidak dia sukai. Perhatikan juga bahwa bahan yang Bunda aplikasikan kepada kuku anak tidak beracun & tidak akan melukai kulit ataupun matanya. Baca juga: Cara Menghadapi Anak Yang Banyak Tanya & Cerewet.

Semoga saja 5 tips hentikan kebiasaan anak menggigit kuku ini bisa mengatasi kebiasaan buruk buah hati Anda agar tidak semakin bertambah parah atau terbawa hingga ia besar nanti ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *