5 TIPS DAN CARA MENGAJAR ANAK TK

Posted on

Cara mengajar anak TK sudah tentu berbeda dengan mengajar anak playgroup atau PAUD, yang lebih ke arah bermain. Meskipun masih mengedepankan penggunaan metode hiburan serta permainan, akan tetapi hiburan dan permainan itu harus dapat mengarahkan anak untuk mengembangkan kemampuan kognitif, psikomotorik serta afektifnya. Agar anak TK dapat menyerap informasi dengan baik, harus didukung oleh tenaga pendidik yang baik pula.

Tenaga pendidik yang baik adalah ia yang mampu menyampaikan informasi yang berkualitas dengan cara yang mudah dan tepat. Karena usia TK adalah usia emas atau golden age, maka setiap informasi yang didapatkannya akan ia tanam di otaknya sampai ia dewasa. Ia mudah mengingat apa yang disampaikan oleh gurunya. Berikut ini adalah tips dan cara mengajar anak TK yang tepat dan menyenangkan.

Cara Mengajar Anak TK
Image: harapanmulia.wordpress.com

Memberikan Pendidikan Agama

Saat anak memasuki usia TK, kemampuan menyerap informasinya paling baik dibandingkan umur yang lain. Oleh karena itu, pemberian pendidikan akan agama yang baik sangat berperan penting dalam menentukan akhlak dan perilaku anak saat ia de-wasa. Pemberian pendidikan agama ini misalnya dengan berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, anak diajarkan saling berbagi dengan orang lain, diajarkan cara menghormati orang yang lebih tua, menghargai dan menyayangi orang lain, dan lain-lain. Jangan khawatir anak akan bosen, karena jika dilakukan bersama-sama dengan temannya, anak biasanya akan lebih semangat.

Menggabungkan Musik dalam Pembelajaran

Anak-anak usia TK pasti menyukai musik, mereka akan sangat antusias saat diajari bernyanyi. Oleh karena itu, manfaatkan kondisi ini dengan mengajarkan berbagai hal seperti abjad, nama hari, nama bulan, nama hewan, dan lain-lain dengan cara dinyanyikan. Menggabungkan musik dalam kegiatan pembelajaran merupakan cara mengajar anak TK yang efektif, selain membuat siswa senang, juga merupakan cara yang efektif karena musik dapat membantu meningkatkan ingatan anak.

Belajar dalam Kelompok

Membentuk anak dalam kelompok-kelompok untuk menyelesaikan suatu tugas menjadi cara yang sangat baik untuk melatih anak mengembangkan kemampuan kerja samanya dengan orang lain. Misalnya, dalam kelompok anak disuruh untuk merangkai puzzle, merangkai karangan bunga, dan lain-lain. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena cara mengajar anak TK dengan metode ini dapat membentuk anak menjadi pribadi yang mudah bekerja sama, tidak egois, dan pengertian ketika ia tumbuh de-wasa nantinya.

Latihlah Ketrampilan Anak

Mengajar anak TK dengan melatih ketrampilan-ketrampilan seperti ketrampilan menggambar, mewarnai, menyanyi, menulis, membaca, melipat kertas, menggunting kertas, ketrampilan olahraga, dan lain-lain sangat berguna bagi anak untuk mengetahui bakat yang dimilikinya. Setiap anak terlahir dengan potensi yang ada dalam dirinya, dan potensi itu yang harus bisa dikembangkan. Melalui latihan ketrampilan ini pula guru akan mengetahui bakat dari anak didiknya, sehingga ia bisa menerapkan langkah-langkah untuk mengembangkan bakat anak didiknya karena setiap anak mempunyai bakat yang berbeda-beda. Latihan ketrampilan ini juga merupakan hal yang disukai oleh anak, karena ia dapat belajar sambil bermain.

Berikan Waktu Luang Bagi Anak untuk Bebas Bermain

Anak usia TK, pasti masih sangat senang bermain, jadi berilah anak waktu bebas untuk bermain. Biarkan ia memainkan segala macam permainan yang ada di sekolah, permainan yang ia sukai. Waktu istirahat yang digunakan untuk bermain ini sangat penting, karena akan membuat anak menjadi rileks kembali sampai ia siap untuk menerima pelajaran selanjutnya. Karena pelajaran di TK sudah terstruktur dan jelas, walaupun masih mengedepankan permainan dan hiburan. Maka, waktu istirahat sangat dibutuhkan bagi anak TK untuk mengembalikan mood belajarnya kembali. Yang perlu dilakukan guru adalah mengawasi agar anak tidak melakukan hal yang membahayakan dirinya atau orang lain. Baca juga: Manfaat Bermain Bagi Perkembangan Anak.

Demikian bebeapa tips dan cara mengajar anak TK yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Bimbing anak-anak Anda dengan penuh cinta agar mereka tumbuh menjadi anak yang cerdas, berakhlak mulia dan berguna bagi banyak orang nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *