5 TIPS CERDAS AGAR ANAK SUKA MAKAN SAYUR

Posted on
5 Tips Cerdas Agar Anak Suka Makan SayurSalah satu cara mudah untuk membujuk si kecil agar suka makan sayur adalah dengan selalu menawarkan berbagai macam sayuran untuknya, terutama pada saat usia anak belum genap setahun. Hal tersebut pernah disampaikan sebagai hasil penelitian terbaru yang telah dilakukan para ahli di Inggris.Sebagaimana telah dilansir dari Live Science, bahwa semakin sering si kecil diberi sayuran, semakin mudah bagi mereka untuk menyukai makanan tersebut. Para peneliti mengatakan bahwa memberikan sayuran juga sebaiknya dilakukan pada anak pada saat dia masih berusia 6 hinga 12 bulan, karena jika diberi sayur pada saat usianya menginjak setahun, anak biasanya sudah tahu bagaimana caranya untuk menolak.
Anak suka makan sayur
Para peneliti juga mengungkapkan bahwa cara penyajian sayuran sebenarnya tidak memberi efek apapun pada selera makan anak. Akan tetapi cara ibu menikmati sayuran justru dapat menular pada anaknya. Bagaimana jika si buah hati telah berusia lebih dari satu tahun? Mungkin 5 tips cerdas agar anak suka makan sayur berikut ini patut Bunda coba untuk terapkan:

1. Hubungkan langsung ke sumber sayuran
Anak kecil seringkali hidup di sebuah dunia makanan olahan yang  cukup populer. Cobalah untuk menghubungkan si kecil kembali dengan sumber dari berbagai makanan dari alam. Misalnya dengan mengajaknya untuk berkunjung ke pasar tradisional, mengajaknya menjadi relawan pada sebuah komunitas perkebunan atau dengan menanam bersama sebagian sayuran tersebut di pekarangan rumah. Dengan demikian, si kecil tidak hanya dapat mencicipi langsung berbagai buah-buahan dan juga sayuran segar. Bunda juga bisa mengenalkan pada anak tentang berbagai varietas buah dan sayur yang mungkin tidak dapat ditemukan di supermarket. Selain itu anak-anak juga dapat menghirup udara segar saat dalam prosesnya tersebut.

2. Buatlah sayuran terlihat mudah dan menarik
Pada saat makanan mudah didapat dan juga disajikan dengan cara yang menarik, maka akan semakin banyak orang yang mau melahapnya. Hal tersebut telah dibuktikan oleh penelitian di sebuah kafetaria sekolah. Pada saat buah-buahan dan juga sayuran disajikan di sebuah tempat yang terlihat dengan baik dan tampilannya yang cukup menarik, ternyata cukup banyak anak-anak yang ingin memakannya. Pada saat kue brownies disajikan dengan lebih menarik, ternyata banyak yang makan brownies. Ini sebenarnya bukan ilmu yang sangat sulit, namun ini merupakan fakta ilmiah.
Anak suka makan sayur 2
Cobalah Anda terapkan prinsip yang sama di dalam rumah. Buatlah penyajian buah atau sayuran yang terlihat lebih menarik dan biarkan anak-anak Anda mengetahui bahwa mereka dapat melayani makan mereka sendiri. Selain itu, meskipun saya tidak melarang Anda memberikan berbagai makanan manis pada anak, namun ada baiknya mengingat di mana dan juga bagaimana makanan tersebut disimpan di dalam rumah karena akan berpengaruh pada seberapa sering anak-anak akan  memakannya. Menyimpan makanan di sebuah tempat yang tidak tampak mencolok merupakan jalan terbaik untuk dapat mengurangi godaan.

3. Ajari anak memasak sayuran
Anak-anak sangat senang jika tangan mereka kotor, jadi ajaklah mereka untuk ikut berpartisipasi memasak di dapur. Anak cenderung ingin mencoba memasak apabila ada yang menemaninya melakukan hal tersebut, terutama bila mereka ikut menanam sayuran tersebut sendiri juga. Anda bahkan tidak usah menyalakan oven. Putri kecil saya baru-baru ini pernah membuat sebuah bendera Indonesia yang terbuat dari buah-buahan dan juga yoghurt di sekolahnya. Sayangnya, saya tidak bisa mencicipinya karena dia sendiri menghabiskan semuanya.

4. Ciptakan resep sayuran kreatif
Saya tidak suka menyembunyikan sayuran di dalam makanan lain. Si kecil harus belajar mencintai sayuran dikarenakan rasanya, bukan karena sayuran tersebut disembunyikan agar mereka mau memakannya ataupun membuat anak-anak merasa bahwa itu merupakan sebuah tugas. Akan tetapi, resep kreatif dengan cara menggabungkan sayuran secara menyenangkan dan terlihat menarik dapat menjadi sebuah pengingat bahwa makanan yang berbahan sayuran dapat terasa lebih lezat seperti halnya daging, susu ataupun roti.
Anak belajar masak
5.. Coba membuat cocol untuk sayuran
Bayangkan rasanya melahap yang lebih nikmat ketika kita mencocol makanan tersebut pada saus ataupun sambal. Cocolan juga dapat membuat anak-anak jadi mau makan sayur. Saya pernah mencoba berbagai macam mulai dari cocolan hummus (yang terbuat dari kacang-kacangan), salsa tomat, hingga sebuah cocolan yoghurt dengan rasa timun. Dan itu berhasil (hingga belepotan!). Banyak dari berbagai cocolan tersebut yang mengandung nutrisi tertentu serta manfaatnya bisa meningkat apabila Anda menyajikannya dengan banyak sayuran untuk dapat dicocol.

Nah, Bunda bisa coba 5 tips cerdas agar anak suka makan sayur di atas jika si kecil termasuk yang susah makan sayur dan buah.