5 TIPS & CARA MENGAJARKAN ANAK AGAR JUJUR SEJAK KECIL

Posted on

Sedikitnya ada 5 tips & cara mengajarkan anak agar jujur sejak kecil yang bisa Anda terapkan. Anak-anak harus diajari untuk berlaku dan jujur sejak masih kecil. Apalagi sebagian anak mungkin akan menyembunyikan kebenaran dikarenakan takut dihukum. Anak-anak tidak memahami konsekuensi dari berbohong yang tentunya lebih besar.

Penulis buku Smart Parenting Zaid Mohamad, menjelaskan pada laman liputan 6 bahwa berbohong hanya membiarkan para anak lolos untuk sementara waktu saja. Namun jika anak-anak ketahuan perbuatan bohongnya tidak ada yang mengatakan seberapa besar nantinya konsekuensi yang mungkin mereka terima. Zaid juga menjelaskan, oleh sebab itulah orangtua perlu untuk membekali anak-anak mereka dengan pengetahuan & keberanian untuk mengatakan tentang yang sebenarnya sejak usia mereka masih dini. Jika tidak, maka berbohong bisa menjadi sebuah kebiasaan yang mereka bawa hingga mereka besar nanti. Lantas bagaimana cara melatih anak agar bersikap jujur? Zaid berbagi 5 tips & cara mengajarkan anak agar jujur sejak kecil untuk para orangtua:

5 tips & cara mengajarkan anak agar jujur sejak kecil
Image: sheknows.com

Katakan yang sebenarnya

Mulailah dengan selalu meyakinkan anak-anak bahwa tidak apa-apa apabila mereka mengatakan yang sebenarnya, tidak peduli apakah itu merupakan sesuatu tidak menyenangkan. Orang tua harus bisa memastikan bahwa anak-anak mereka memahaminya. Selain itu, para orang tua harus mengingatkan mereka dengan teratur setiap kali orang tua merasa ragu dengan anaknya.

Contohnya seorang ayah baru-baru ini memberikan uang dengan jumlah yang cukup besar ke anaknya untuk diberikan kepada gurunya seperti yang diminta. Orang tua tersebut merasa khawatir bagaimana dia bisa menangani uang tunai, tapi dia juga ingin mempercayai anaknya.

Jangan memarahi anak yang berbuat salah selama ia mengakuinya

Ini merupakan sebuah pelatihan yang baik bagi anak-anak. Ini juga akan mencegah anak-anak Anda dari rasa takut saat mengakui kesalahannya.

Berikan penghargaan

Orang tua harus dapat memberikan penghargaan bagi anak-anaknya yang sudah berani mengatakan kebenaran. Keberanian seperti itu bukan hal yang mudah untuk dapat dicapai, bahkan pada orang yang de-wasa sekalipun.

Untuk seorang anak, mengatakan yang sebenarnya merupakan sebuah prestasi yang besar. Jangan biarkan anak Anda kehilangan keberanian seperti itu. Hargailah kejujuran anak-anak Anda dengan tepat. Banjiri anak Anda dengan pujian & dorongan sehingga mereka akan lebih berani. Jangan biarkan momen yang berharga seperti itu pergi tanpa adanya pengakuan. Baca juga: Cara Mengajarkan Anak Gemar Berbagai Dengan Sesama.

Hadapi konsekuensinya

Di saat yang sama, biarkan anak-anak Anda mengetahui konsekuensi jika tidak mengatakan yang sebenarnya. Diskusikanlah hukuman & pastikan mereka bukan cuma memahami namun juga menyetujuinya. Pertimbangkanlah masukan mereka. Anak-anak Anda mungkin punya alasan untuk berbohong. Pastikan bahwa Anda memahami alasan tersebut.

Jangan membuat berbagai aturan hukuman sesudah kebohongan terjadi. Anda mungkin saja terlalu emosional untuk memberikan hukuman yang adil. Perasaan seorang anak juga bisa terluka dikarenakan mungkin dia tak mendapat kesempatan untuk membela diri.

Ketika kesepakatan yang ada sudah dicapai namun aturan masih saja dilanggar, Anda dapat melanjutkan & menghukum mereka. Tetapi, ini harus dilakukan sesudah orangtua memberi anaknya kesempatan yang adil untuk dapat menjelaskan situasinya.

Kejujuran adalah hal yang terbaik

Tips & cara mengajarkan anak agar jujur sejak kecil selanjutnya adalah selalu mengingatkan anak tentang kejujuran. Strategi yang paling baik untuk mencegah terjadinya perbuatan bohong adalah selalu mengingatkan bahwa perbuatan jujur merupakan hal terbaik. Yakinkan selalu bahwa Anda aman untuk mengatakan yang sebenarnya. Anda mungkin saja tidak terlihat keren di saat itu, tapi konsekuensi dari berbohong itu sangat buruk. Ingatlah bahwa contoh kejujuran & sikap jujur dari Anda jauh lebih baik dari kata-kata tentang kejujuran itu sendiri. Baca juga: 5 Tips Mengajarkan Anak Untuk Minta Maaf.

Itulah 5 tips & cara mengajarkan anak agar jujur sejak kecil yang bisa Anda terapkan. Ingatlah bahwa anak-anak selalu melihat Anda. Saat Anda sendiri melanggar prinsip-prinsip diri sendiri, saat itu kerusakan telah terjadi & mungkin diperlukan waktu bertahun-tahun untuk dapat memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *