5 PERMAINAN BAYI EDUKATIF USIA 3-6 BULAN

Posted on

5 Permainan Bayi Edukatif Usia 3-6 Bulan – Bermain dengan bayi di usia ini tidak hanya menyenangkan bagi balita dan Bundanya. Saat-saat yang menambah keakraban antara bayi dengan Bundanya ini harus dimanfaatkan untuk membuat perkembangannya jadi lebih optimal. Sebagaimana tulisan sebelumnya yang membahas tentang permainan bayi edukatif untuk bayi usia 1-3 bulan, tulisan kali ini juga akan memberikan contoh mainan yang tepat untuk bayi usia 3-6 bulan yang simple agar Bunda dapat berkreasi untuk membuat permainan bersama si kecil.

 

Lewat permainan yang tepat, bayi juga dapat berkomunikasi. Dia mampu mengungkapkan semua perasaannya, apakah dia menyukai mainan tersebut atau tidak. Atau bahkan seolah-olah dia sedang berkomunikasi dengan mainan tersebut. Berikut 5 permainan bayi edukatif usia 3-6 bulan sebagai contoh menggunakan mainan yang cocok untuk menstimulasi perkembangan bayi.

 

Bayi sangat lucu
1. Mainan Bayi Berbentuk Gantungan

Cukup banyak mainan bayi berbentuk gantungan yang dapat kita temukan di pasaran. Model dan bentuk mainan seperti ini sangat bervariasi, ada yang bentuknya boneka, manik-manik,kepingan mainan dan lain-lain. Beberapa jenis mainan gantung juga ada yang bisa mengeluarkan bunyi. Sebaiknya Bunda pilih mainan yang aman serta menarik untuk si kecil. Umumnya bayi sangat senang memandang mainan dan juga wajah yang tampak menarik. Gerakkan atau putar-putar mainan tersebut ke depan ataupun kebelakang. Mainan gantung seperti ini sangat bermanfaat untuk dapat menstimulasi kemampuan visual si kecil. Melatih keterampilan seperti ini sangat penting di usia 6 bulan pertama buah hati Anda. Mainan gantung yang dapat berbunyi juga sangat baik untuk dapat melatih indra pendengaran bayi.

 

Mainan bayi gantungan
2. Mainan Bayi Berbentuk Cermin Kecil

Pilihlah mainan berbentuk cermin kecil berbahan plastik yang aman. Bayi biasanya akan merasa senang saat melihat wajahnya sendiri pada sebuah cermin. Perkenalkan padanya bahwa wajah yang terlihat adalah sosok bayi. Gerakkan mainan cermin tersebut dan arahkan pada beberapa anggota badannya seperti bagian tangan, kaki, bagian rambut dan lain-lain. Perkenalkan pada si kecil beberapa anggota tubuhnya tersebut secara bergantian, misalnya ini namanya kaki, sambil menggerak-gerakan kaki mungilnya.

 

Mainan bayi cermin
3. Mainan Bayi Ikat

Ada beberapa jenis mainan yang dapat diikat pada tangan atau kaki bayi. Pada saat tangan ataupun kaki mungilnya bergerak, mainan tersebut akan menimbulkan bunyi. Cobalah untuk mengikat mainan tersebut di kakinya. Biasanya si kecil dengan refleks akan menendang-nendangkan kakinya. Ini tentu saja sangat baik untuk dapat melatih motorik si kecil.

 

Mainan bayi ikat
4. Mainan Bayi Transportasi

Mainan seperti ini bisa berbentuk mainan kereta, mobil-mobilan, pesawat,bus dan lain-lain. Umumnya mainan seperti ini terbuat dari bahan kain yang aman. Agar mainan tersebut bisa memberi manfaat secara maksimal, cobalah Anda menyanyikan lagu sesuai dengan tema transportasi tersebut.

 

Mainan bayi kereta
5. Mainan Bayi Merangkak

Ada beberapa jenis mainan yang dirancang untuk dapat menstimulasi bayi untuk belajar merangkak, misalnya seperti mainan yang berupa binatang dan mempunyai tali. Nah, pada saat bayi ingin menggapainya, dengan perlahan Bunda dapat menariknya. Seperti itu seterusnya. Apabila mainan seperti ini tidak ada, orangtua dapat memakai mainan bola ataupun berbagai mainan menarik lainnya. Cara untuk menstimulasinya sama saja, pada saat si kecil hendak menggapai mainan tersebut, cobalah Bunda untuk menggerakkan mainan tersebut dengan perlahan. Permainan seperti ini sangat baik untuk melatih keterampilan fisik motorik bayi Anda. Liat juga: 5 Permainan Anak Bayi Usia 6 Hingga 9 Bulan


Tips Balita

Itulah 5 permainan bayi edukatif usia 3-6 bulan. Tentu saja Bunda bisa mengembangkan kreatifitas sendiri dengan mainan-mainan tersebut untuk menstimulasi motorik halus dan motorik kasar si kecil.