5 CARA MENDIDIK ANAK USIA 2 TAHUN YANG BENAR

Posted on

Cara mendidik anak usia 2 tahun sudah tentu berbeda dengan ketika anak berusia 1 tahun. Pada saat anak berusia dua tahun dapat dikatakan merupakan masa keemasan otak, dikarenakan telah aktifnya sistem indera yang dimiliki anak dan anak mulai menggunakan penalaran otaknya. Oleh karena itu, penting sekali bagi orang tua untuk mengetahui bagaimana mendidik anak usia 2 tahun yang benar. Perhatian dan pendampingan orang tua pada masa keemasan ini sangat dibutuhkan karena rasa penasaran yang mulai muncul pada anak dapat mengancam kesehatan serta keselamatan anak.  Berikut ini adalah tips cara mendidik anak pada usia 2 tahun yang disarankan sehingga tumbuh kembang anak dapat berjalan dengan baik.

Mengajarkan Kebiasaan-kebiasaan Kecil

Mendidik anak usia 2 tahun dengan cara mengajarkan kebiasaan-kebiasaan kecil sangat tepat. Pada usia ini, anak mudah menirukan melakukan apa yang dilihatnya, baik ucapan maupun tindakan. Kebiasaan-kebiasaan yang harus diajarkan tentu saja kebiasaan yang baik, sehingga anak tahu mana hal yang baik dan buruk. Kebiasaan tersebut misalnya, anak diajarkan untuk bersalaman saat bertemu dengan orang lain, anak diajarkan mengucapkan salam, diajarkan membuang sampah pada tempatnya, diajarkan baca doa sebelum dan sesudah makan. Meskipun anak belum lancar dalam melakukan, namun kebiasaan-kebiasaan baik yang diajarkan sejak kecil akan terus diingat di otaknya dan akan dibawa sampai ia de-wasa.

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun
Image: www.webmd.com

Luangkan Waktu untuk Anak                                             

Sesibuk-sibuknya Anda sebagai orang tua, tetap luangkanlah waktu untuk anak Anda. Perhatian dan kasih sayang yang diberikan oleh orang tua kepada anak sangat diperlukan, sehingga terjadi keterikatan yang kuat antara orang tua dan anak. Jangan sampai Anda kehilangan moment-moment bahagia bersama anak Anda. Saat Anda bersama anak dengarkan setiap kata yang diucapkan oleh anak, dan berilah di feedback dari setiap kata yang diucapkan. Selain itu, cara mendidik anak usia 2 tahun bisa dengan mengajak anak beraktivitas di luar rumah dan bertemu dengan orang lain. Dengan cara demikian, wawasan anak akan berkembang dan anak juga menjadi percaya diri.

Biarkan Anak Menunjukkan Ekspresinya

Pada usia 2 tahun, naluri anak untuk mengetahui berbagai hal sudah ada. Ia akan mencoba melakukan hal-hal yang baru, baik diekspresikan dengan tindakan ataupun dengan ekspresi pada wajahnya. Misalnya setelah melihat tayangan TV ia tertawa, yang menandakan anak tersebut suka. Sebagai orang tua juga jangan melarang anak bermain dengan teman-teman sebayanya. Karena dengan bermain ini, anak menjadi lebih kreatif. Anda juga bisa mengawasi kemampuan anak-anak lain yang sebaya dengan anak Anda.

Awasi Apapun yang Anak Lakukan

Setiap hal yang dilakukan oleh anak harus diawasi, baik tindakan maupun ekspresi wajahnya. Anak usia 2 tahun biasanya menganggap segala sesuatu adalah makanan, sehingga semua benda dimasukkan ke dalam mulut. Awasilah jangan sampai anak melakukan aktivitas yang berbahaya bagi kesehatan dan keselamatannya. Selain itu, Anda juga harus mengawasi ekspresi wajah anak misalnya saat anak Anda ketakutan, selidiki apa yang membuatnya ketakutan. Pengawasan terhadap anak yang masih berusia 2 tahun harus benar-benar teliti.

Jangan Membentak Anak

Saat usia 2 tahun, anak mulai bertindak nakal menurut orang tua. Akan tetapi, jangan sampai Anda membentak anak apalagi dengan umpatan-umpatan yang kurang pantas seperti “dasar anak bodoh”. Satu kali bentakan yang diterima anak akan menyebabkan milyaran sel di otaknya rusak. Hal ini akan berpengaruh terhadap kemampuan kognitif, psikomotor, maupun afektif anak. Saat anak melakukan kesalahan, tegurlah dengan lembut dan perlahan sehingga kemampuan anak tetap dapat berkembang dengan baik tanpa gangguan. Baca juga: Cara Menghukum Anak Yang Benar.

Itulah beberapa informasi tentang cara mendidik anak usia 2 tahun yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Selalu ingat bahwa moment kebersamaan Anda dengan anak akan menjadi moment yang indah dan sulit untuk di lupakan. Jadi jangan sampai kesempatan untuk mendidiknya di usia emas ini Anda sia-siakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *