4 TIPS AGAR ANAK BERANI SEKOLAH SENDIRI TANPA DIANTAR

Posted on

Ada 4 tips agar anak berani sekolah sendiri tanpa diantar oleh orang tua yang harus Anda terapkan jika si kecil belum berani ditinggal orangtuanya saat bersekolah. Memiliki anak yang akan segera masuk sekolah merupakan kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Ini merupakan tahap perkembangan si kecil yang normal dan harus dilewati dalam hidupnya. Namun ternyata segala sesuatunya tidak selalu berjalan mulus, karena beberapa anak ada yang tidak berani sekolah sendiri. Diantara mereka harus selalu diantar dan ditunggu orang tuanya, bahkan bukan di hari-hari pertama saja.

Namun, Bunda tidak usah merasa khawatir, jika si kecil ternyata belum mau ditinggal sendirian saat bersekolah. Hal masih tentu wajar karena anak belum tentu akan merasa nyaman dengan suasana baru yang ada di sekolahnya. Anak Anda memerlukan waktu untuk bisa menyesuaikan diri dengan teman-teman dan lingkungannya yang baru. Yang menjadi masalah adalah jika si kecil sampai berbulan-bulan masih belum berani untuk sekolah sendiri. Hal tersebut tentu saja bisa mengganggu aktivitas Bunda dan sekaligus juga akan berpengaruh pada perkembangan anak di sekolah. Bagaimana tips agar anak berani sekolah sendiri tanpa diantar orangtua? Berikut ini beberapa tips-nya yang dilansir oleh new.tkmasjidsyuhada.com.

4 tips agar anak agar berani sekolah sendiri tanpa diantar
Image: www.babeeni.com

1. Tentukan target waktu

Tentukanlah target waktu untuk menunggu si kecil di sekolah. 4 minggu adalah waktu yang dirasa cukup untuk menunggu anak Anda di sekolah.

2. Relakan & beri kepercayaan

Anda harus percaya, bahwa pikiran dan juga perasan Anda akan berpengaruh terhadap perkembangan si kecil. Relakan dan berilah kepercayaan kepada si buah hati bahwa dia mampu sekolah sendiri. Selain itu, do’akanlah si kecil untuk berani bersekolah sendiri. Do’a orang tua terutama dari Bundanya akan sangat besar pengaruhnya bagi anak.

3. Percayakan pada guru & sekolah

Percayakanlah anak Anda pada guru atau pihak sekolahnya. Rasa percaya ini adalah hal yang sangat penting, kepercayaan Anda kepada guru akan sangat berpengaruh pada perasaan anak. Yakinlah bahwa gurunya di sekolah memperlakukan anak Anda dengan baik. Percayakan bahwa guru adalah sosok penggganti Anda sebagai orang tua saat si kecil di sekolah

4. Menyusun tahapan

Selain beberapa tips diatas, Anda juga harus menyusun strategi saat menunggu anak di sekolahnya. Menunggu anak di sekolah akan memerlukan beberapa tahapan, antara lain seperti berikut:

Minggu pertama: Menunggu dari dekat & terlihat oleh anak

Anda boleh menunggu anak dengan jarak yang dekat sehingga anak akan melihat Anda dengan jelas. Disini anak nantinya akan merasa nyaman apabila melihat Anda di sekolah.

 

Minggu kedua: Menunggu dari jauh & terlihat oleh anak

Pada minggu kedua ini, Anda menunggu anak dengan jarak yang lebih jauh dari pandangan anak, namun dia masih dapat melihat Anda.

Minggu ketiga: Menunggu tanpa terlihat anak & masih di area sekolah

Pada minggu yang ketiga ini, Anda menunggu anak di sekitar sekolahnya namun dengan jarak yang tidak bisa terlihat oleh anak. pada tahap yang satu ini, pahamkan kepada si kecil bahwa Anda masih menunggunya di sekitar sekolah.

Minggu keempat, melepas anak dengan ikhlas & pikiran positif

Pada minggu keempat ini, lepaslah anak Anda untuk bersekolah sendiri dengan perasaan yang ikhlas dan dengan pikiran positif. Percayakanlah sepenuhnya anak Anda pada pihak sekolah. Yakinlah bahwa pihak sekolah akan memberikan pelayanan yang paling baik bagi anak Anda dan menjaganya. Kepercayaan dan juga pikiran positif Anda akan bepengaruh pada perasaan anak di sekolahnya. Baca juga: 7 Tips Agar Anak Pemalu Jadi Percaya Diri.

Dengan adanya 4 tips agar anak berani sekolah sendiri tanpa diantar orang tua di atas, semoga membantu Anda yang memiliki masalah serupa ataupun mirip. Lakukan dengan sabar dan dengan doa, seiring berjalannya waktu si kecil pasti akan berani dan mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *