4 PERMAINAN BAYI EDUKATIF USIA 9-12 BULAN

Posted on
4 Permainan Bayi Edukatif Usia 9-12 Bulan – Saat Bunda dengan kreatif membuat sebuah permainan yang mengasyikan dari mainan-mainan sederhana, maka si kecil tidak hanya merasa senang, tapi juga terbantu tumbuh kembangnya dengan baik. Sebagaimana telah Kami jelaskan sebelumnya dalam postingan berjudul 5 Permainan Bayi Edukatif Usia 1-3 Bulan, 5 Permainan Bayi Edukatif Usia 3-6 Bulan dan 5 Permainan Bayi Edukatif Usia 6-9 Bulan, bahwa memilih mainan anak jangan hanya tertarik oleh tampilan, model dan juga bentuk dari mainan, namun mesti dilihat juga apakah mainan tersebut aman bagi si kecil. Keamanan mainan salah satunya meliputi bahan pembuatnya, seperti apakah bahan plastiknya tidak mempunyai kandungan yang berbahaya, tidak mudah untuk terkelupas serta tidak mudah rusak. Ini dikarenakan bayi umumnya senang untuk menggigit-gigit apapun, termasuk mainannya. Berikut 4 permainan bayi edukatif usia 9-12 bulan.
Bayi perempuan lucu 1 tahun
1. Mainan Bayi Berbentuk Balok
Permainan menyusun balok, menyusun cincin (gelang) dan lainnya biasanya terbuat dari bahan kain ataupun plastik. Doronglah si kecil untuk dapat menyusun cincin yang besar ke yang kecil atau yang kecil ke yang besar dengan berbagai cara. Misalnya dengan cara melempar cincin, memasukkan cincin tersebut ke jari, memutar cincin dan sebagainya. Atau ajari bayi Anda untuk menyusun balok-balok mainan, biarkan dia untuk membuat kreasi sendiri. Selain dapat melatih motorik halus, mainan seperti ini juga sangat baik untuk dapat mengenalkan warna, tekstur dan juga bentuk pada si kecil.
Mainan balok bayi dari kain
2. Mainan Bayi Yang Ditabuh
Mainan ini bentuknya mirip drum kecil. Bayi akan belajar menabuh-nabuhnya dan mendengarkan bunyi yang timbul dari mainan tersebut. Agar lebih menyenangkan, cobalah iringi tabuhan musik dengan lagu anak yang sesuai. Selain dapat mengasah keterampilan motorik si kecil, permainan seperti ini juga dapat mengasah keterampilan musik buah hati Anda.
Mainan musik drum bayi
3. Mainan Papan Pasak
Misalnya saja menggunakan papan pasak yang berukuran besar. Perlengkapannya adalah papan pasak beserta sebuah palu. Semuanya terbuat dari bahan kayu. Bayi akan belajar memukul pasak hingga tenggelam. Mainan seperti ini juga sangat baik untuk dapat mengasah kemampuan motorik kasar si kecil.
Mainan papan pasak bayi
4.Puzzle Bayi
Ukurannya cukup besar dan hanya terdiri dari 2pasang saja. Ada puzzle binatang, puzzle petani dan lain-lain. Bahannya juga terbuat dari kain. Minta si kecil untuk dapat memasangkan puzzle tersebut. Berikan bantuan apabila diperlukan.
Mainan puzzle bayi
Itulah 4 permainan bayi edukatif usia 9-12 bulan. Sebaiknya jangan pernah memilih mainan yang kecil. Begitu juga ketika membeli mainan yang ukurannya cukup besar, pastikan tidak ada bagian kecil dari mainan yang lepas ataupun terpisah. Semua mainan atau bagian mainan yang kecil bisa saja tertelan oleh bayi. Selain itu Anda juga sebaiknya jangan membeli mainan dengan tipe atau model yang sama. Karena semakin bervariasi mainan si kecil, maka akan semakin baik. Misalnya saja Anda membeli puzzle bayi yang berbentuk binatang. Alangkah lebih baik apabila di bulan berikutnya Anda membelikan permainan bola yang bertumpuk.