4 CARA MENGETAHUI BAKAT & MINAT ANAK SEJAK DINI

Posted on

4 cara mengetahui bakat & minat anak sejak dini ini sangat penting bagi para orang tua. Karena dengan demikian, para orang tua akan lebih mudah untuk mengarahkan pendidikan ataupun kegiatan buah hatinya apabila telah diketahui apa bakat serta minatnya. Oleh sebab itu, penting untuk mengenalinya sejak dini.

Sebagian pakar pendidikan anak usia dini mengatakan bahwa pada saat anak berusia 4 tahun, para orangtua harus sudah tahu apa minat & bakat anaknya. Lantas bagaimanakah tips mengenali bakat dan minat anak? Berikut 4 cara mengetahui bakat & minat anak sejak dini yang perlu diketahui oleh para orangtua.

Periode penting

Usia antara 4 hingga 14 tahun merupakan usia penting buah hati Anda, dimana para orangtua harus mengetahui bakat dan minat buah hatinya. Rata-rata seorang anak baru mengetahui minat masing-masing di saat mereka menginjak usia SMP hingga mereka duduk di bangku Kuliah. Periode tersebut merupakan saat-saat yang bisa dikatakan ‘kritis’ bagi anak. Perkembangan anak yang diperoleh di periode ini akan sangat berpengaruh bagi perkembangan periode berikutnya sampai dia de-wasa.

4 cara mengetahui bakat & minat anak sejak dini
Image: blog.banggood.com

Amati tipe kecerdasan anak

Kecerdasan si kecil tidak hanya diukur lewat ukuran IQ atau Intelligence Quotient-nya saja. Setiap anak mempunyai kecerdasan yang beragam, yaitu kecerdasan intelektual (IQ) ataupun kecerdasaan emosional (Emotional Quotient/ EQ). Ada beberapa macam kecerdasan pada anak yang perlu para orang tua ketahui. Diantaranya ialah kecerdasan musikal. Kecerdasan yang satu ini ditunjukkan pada saat seorang anak dengan sangat mudah mengikuti & mengingat lagu. Cara untuk melatihnya adalah dengan cara mendengarkan musik & bernyanyi. Baca juga: 20 Cara Mendidik Buah Hati Agar Cerdas.

Yang kedua adalah kecerdasan intrapersonal. Kecerdasan tersebut berkaitan dengan daya tahan anak untuk tidak mudah down, selalu gigih berusaha & tidak minder. Yang ke tiga adalah kecerdasan visual spasial, yakni kecerdasan yang ada kaitannya dengan kemampuan untuk memahami pandangan ruang. Dengan kecerdasan ini, seorang anak untuk mampu membedakan posisi, letak dan membayangkan ruang di sebelah kanan, kiri, atas, depan, belakang, bawah & samping.

Yang ke empat adalah kecerdasan Interpersonal (sosial), ini merupakan kecerdasan yang ada kaitannya dengan kemampuan anak untuk beradaptasi, bekerjasama & berelasi dengan lingkungan teman sebayanya juga orang di sekitarnya. Terakhir yaitu kecerdasan kinestetik tubuh. Seorang anak mempunyai kemampuan untuk dapat melakukan aktifitas yang melibatkan tubuh. Misalnya saja gerakan tubuh di saat berdoa, menggambar, berlari, melompatdan olahraga yang menggerakkan tubuhnya, seperti menari, senam dan sebagainya.

Mengikuti lomba & latihan

Mengetahui potensi, bakat & minat anak bukanlah merupakan hal yang instan. Semakin sering si kecil melakukan berbagai jenis latihan, lomba ataupun kompetisi, potensi serta bakatnya akan semakin teruji & terasah. Peran orangtua di dalam meningkatkan prestasi belajar buah hatinya dan memberikannya pendidikan yang baik, juga arahan yang tepat mampu membantu mengasah minat dan juga kemampuan seorang anak di dalam suatu bidang tertentu.

Dukung hobinya

Orangtua tidak boleh menjadi orang yang egois dengan sesuatu yang disukai oleh buah hatinya. Cobalah belajar untuk saling berbagi kesenangan dan keceriaan dengan anak. Salah satunya adalah dengan cara menghargai hobi si anak. Dari situ juga dapat diketahui minat & hobi anak Anda ke depannya. Baca juga: Ciri-Ciri Anak Cedas & Berbakat Sejak Bayi.

4 cara mengetahui bakat & minat anak sejak dini ini memang sangat sangat penting bagi orang tua. Tentu saja sebagai orang tua Anda pasti lebih peka dengan minat dan bakat si buah hati dengan melihat aktifitasnya sehari hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *