4 CARA MENDIDIK ANAK USIA 3 TAHUN YANG BAIK

Posted on

Cara mendidik anak usia 3 tahun sudah tentu berbeda dengan saat anak berusia 2 tahun. Saat anak berusia 2 tahun memang kemampuan sistem indera sudah dapat berfungsi dengan baik, anak juga menjadi lebih responsif. Setiap tahapan umur anak, normalnya diimbangi dengan peningkatan kemampuan yang dimiliki oleh anak, termasuk saat anak sudah berusia 3 tahun. Kemampuan-kemampuan yang dimiliki anak sudah semakin meningkat. Cara mendidik yang benar dari orang tua akan berpengaruh terhadap perkembangan anak pada tahap selanjutnya. Oleh karena itu, orang tua harus paham apa yang harus dilakukan untuk mendidik anak saat berusia 3 tahun. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara mendidik anak yang berusia 3 tahun yang benar.

Sering ajak Anak Keluar Rumah

Usia 3 tahun anak sudah mulai mengenal dan memahami dunia di luar rumahnya, terutama lingkungan sekitarnya. Ia mulai paham siapa saja orang-orang di lingkungan sekitarnya, siapa saja teman-teman sebayanya. Semakin sering anak diajak berinteraksi dengan orang di sekitarnya kemampuan sosialisasi anak akan semakin bagus. Hal ini juga memberikan dampak yang positif bagi perkembangan anak saat ia sudah de-wasa. Ia akan tumbuh menjadi pribadi yang menyenangkan, mudah bergaul, dan penuh percaya diri. Akan berbeda sekali dengan anak yang terlalu sering di rumah saat ia kecil, biasanya saat de-wasa ia tumbuh menjadi orang yang pemalu, anti sosial, kurang pandai bergaul. Baca juga: Cara Agar Anak Pintar Bersosialisasi.

Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun
Image: mom.me

Biasakan Anak untuk Berbagi

Membiasakan anak untuk berbagi dengan orang lain harus dibiasakan sejak kecil, agar saat de-wasa ia memiliki sifat peduli sosial yang tinggi. Saat usia 3 tahun dimana anak sudah mulai intens berinteraksi dengan orang di luar keluarganya, biasakan anak untuk berbagi akan apa yang dimiliki. Misalnya, saat anak sedang makan biskuit ajarkan anak untuk memberikan sebagian biskuitnya pada teman-temannya yang lain. Berikan pemahaman bahwa temannya juga pengin makan biskuit, tapi tidak punya. Kebiasaan berbagi sebagai salah satu cara mendidik anak usia 3 tahun yang benar ini harus benar-benar diajarkan, karena dampaknya cukup besar saat ia tumbuh menjadi de-wasa dan berinteraksi dengan lingkungan yang lebih luas. Baca juga: Cara Mengajarkan Anak Untuk Berbagi.

Berikan Pemahaman tentang Setiap Hal yang Ditemuinya

Anak usia 3 tahun biasanya suka meniru, meskipun ia belum paham akan makna yang ditirunya. Tugas Anda sebagai orang tua adalah memberikan pemahaman terhadap anak. Pemahaman yang baik yang diberikan kepada anak akan berdampak saat ia besar. Jika sejak kecil anak sudah dibiasakan untuk beribadah, walaupun awalnya ia hanya meniru orang tuanya tapi dengan pemberian pemahaman yang baik dari orang tua akan menjadikan anak paham akan pentingnya beribadah.

Ajak Anak Pergi Jalan-jalan

Mengajak anak pergi jalan-jalan ke tempat-tempat yang memiliki nilai edukasi seperti kebun binatang, museum, pantai, pasar, dan tempat-tempat lain akan merang-sang anak untuk mengeluarkan rasa ketertarikannya. Biasanya anak akan menanyakan segala hal yang dilihatnya, dan tugas Anda sebagai orang tua adalah menjelaskan dengan cara yang tepat dan mudah dipahami anak tentang apa yang ditanyakannya. Anda juga harus aktif menyampaikan informasi akan hal-hal lain yang Anda jumpai di tempat tersebut. Ketahuilah bahwa anak usia 3 tahun adalah usia efektif untuk mendapatkan pengajaran dan pendidikan dari setiap pengalaman yang dialaminya yang akan ia kenang sampai de-wasa.

Demikian beberapa tips dan informasi tentang cara mendidik anak usia 3 tahun. Pastinya informasi ini hanya sebagian saja, masih banyak tips dan cara yang lain. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda menambah pengetahuan dari sumber lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *