4 CARA MELATIH BAYI BELAJAR TENGKURAP

Posted on

Bunda saat ini sedang mencoba cara melatih bayi belajar tengkurap? Setiap anak tentu saja mempunyai waktu berbeda untuk dapat menguasai sebuah keterampilan tertentu, karena memang perkembangan setiap bayi juga berbeda, demikian juga dengan kemampuan tengkurap.

Banyak dianatara para bayi sudah mulai bisa berguling dan juga tengkurap pada saat usia 4 bulan, namun ada juga yang belum bisa melakukan hal tersebut. Tunggulah dulu beberapa saat lagi Bun. Namun jika Anda merasa khawatir dengan tahap perkembangan si buah hati, tidak ada salahnya bagi Anda untuk segara berkonsultasi dengan dokter anak.

Keterampilan untuk tengkurap ini memang merupakan tahap yang sangat penting bagi bayi. Sebab hal ini merupakan dasar dalam perkembangan berbagai keterampilan yang penting lain nantinya, misalnya seperti keterampilan untuk duduk, keterampilan merangkak, keterampilan berdiri dan tahap keterampilan berjalan. Nah, supaya ‘tummy time’ si kecil terasa menyenangkan, cobalah Bunda lakukan 4 cara melatih bayi belajar tengkurap ini.

4 cara melatih bayi belajar tengkurap
Image: www.covd.org
  1. Biarkan si kecil tengkurap di bagian dada Anda & ajaklah ia bercanda.
  2. Setelah mengganti popoknya, biarkan dia tengkurap dulu selama beberapa menit saja sambil Anda ajak dia mengobrol.
  3. Berikanlah sebuah mainan yang dapat berbunyi untuk dapat ia raih. Geserlah mainan tersebut ke arah samping agar ia bisa mengikutinya dan juga memiringkan tubuhnya sehingga berguling & akhirnya bisa tengkurap. Berikanlah mainan tersebut setelah ia tengkurap. Ia dapat asyik bermain dengan tanpa menyadari posisinya. Baca juga: 5 Permainan Bayi Untuk Usia 3-6 Bulan.
  4. Usahakan setidaknya buah hati Anda tengkurap kurang lebih sekitar 30 menit dalam seharinya. Tidak perlu sekaligus selama itu dalam sekali tengkurap. Anda bisa membaginya jadi beberapa kali dalam rentang waktu yang cukup singkat. Dan perlu Anda ingat jangan pernah memaksa bayi tengkurap pada saat rewel atau sedang tak enak badan. Baca juga: Amati 30 Tahap Perkembangan Bayi Anda Dari Bulan Ke Bulan.

Nah, silahkan coba 4 cara melatih bayi belajar tengkurap tersebut dengan lembut, sabar dan penuh kasih sayang ya Bun. Jangan dipaksakan jika ia belum bisa malakukannya, karena pada beberapa bayi memang ada yang sedikit terlambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *